Kabar Kampus

Tahun Depan, UNY Mulai Bangun Kampus di Gunungkidul

Untuk memfasilitasi warga sekitar, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), pada 2020 akan mulai membangun kampus di Gunungkidul, tepatnya di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa saat ditemui di ruangannya mengungkapkan, setidaknya sudah ada sekitar 4,8 hektar tanah yang disiapkan untuk pembangunan kampus di Gunungkidul, untuk proses pembangunannya sendiri akan mulai dilakukan pada 2020 mendatang.

Sutrisna menjelaskan, untuk pangsa pasar dari kampus yang ada di Gunungkidul ini antara lain dari Gunungkidul itu sendiri, Klaten, Pacitan, Ponorogo dan Wonogiri. “Sekarang tinggal pembagunan, proses penyerahan sudah dilakukan. Sudah Focus Group Discussion (FGD) dengan Dinas dan Pemerintah Daerah,” terangnya.

Mengenai program studi sendiri, saat ini masih dalam studi kelaikan dan masih dalam tahap pertimbangan. Sutrisna menjelaskan, yang pasti nantinya untuk kampus yang ada di Gunungkidul akan difokuskan hanya untuk Vokasi saja.

Baca Juga  Pendopo Tejokusumo, Ikon FBS yang tak Pernah Sepi

Sama halnya dengan kampus yang ada di Kulonprogo, yang juga akan diperuntukkan untuk Vokasi. Sedangkan kampus yang ada di Karangmalang, hanya untuk yang S1, S2 maupun S3.

“Untuk Vokasi mulai 2020 kita pusatkan di Wates dan buka di Gunungkidul. Kita pisahkan dengan yang S1. S1 nanti akan fokus di Karangmalang. Karena memang beda antara Vokasi dan S1, kalau Vokasi lebih mengacu ke pekerjaan, kalau yang S1 lebih ke akademis. Untuk prodi Vokasi yang ada di Gunungkidul masih kita pertimbangkan, yang pasti harus bisa menjawab kebutuhan masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sutrisna berharap, nantinya keberadaan kampus yang akan di bangun di Gunungkidul bisa memenuhi harapan dari masyarakat setempat. “Kami memenuhi usulan Pemda, UNY adalah kampus negeri yang punya kewajiban mengembangkan daerah. Jadi kita berperan menyiapkan tenaga terampil. Kenapa harus Vokasi, karena untuk menyediakan tenaga terampil,” terangnya.

Baca Juga  Penyiram Ladang Sayur Otomatis Anang Prasetyo Raih GS Astra Power Of Innovation Award 2014

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Margana dalam sambutannya beberapa saat lalu menjelaskan, saat ini UNY sudah memiliki 11 program studi Vokasi dan 60 progam studi S1. Menurutnya, untuk prodi yang ada di Gunungkidul, dalam waktu dekat pihaknya akan mulai melakukan pengusulan prodi.

“Untuk Vokasi ada 11 prodi, dominasi Teknik. Di Gunungkidul dibangun pada tahun 2020 mendatang, yang khusus Pendidikan Vokasi. Dalam waktu dekat usulkan program studi,” katanya.

Margana menjelaskan, selain S1 dan Vokasi, sejak 2016-2017 UNY juga sudah mulai menyelenggarakan Pendidikan Profesi. Untuk Pendidikan Profesi sendiri ditempuh dalam jangka waktu 2 semester, dengan jumlah 36-40 SKS.

sumber : https://jogja.tribunnews.com/2019/09/27/tahun-depan-uny-mulai-bangun-kampus-di-gunungkidul

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X