Artikel

Teknologi kartu pintar: Apa yang Mereka Lakukan dan Cara Mereka Bekerja

Kita hidup di dunia yang cerdas di mana tren dan kemajuan teknologi membuat hidup lebih mudah bagi semua orang. Melakukan pembayaran dan belanja online di berbagai platform belum pernah secepat dan seaman ini di abad ke-21. Teknologi ini adalah bahan bakar yang menggerakkan cara mudah ini untuk melakukan pembayaran dan melakukan transaksi online. Kartu pintar sekarang umum di setiap ekonomi di dunia – kartu itu digunakan oleh hampir semua orang yang menerima gaji. Gagasan tentang kartu pintar adalah untuk mengurangi cara kuno di mana orang membawa uang tunai dan merasa tidak aman karena mengorek-ngorek. Banyak kasus perampokan yang terkait dengan memindahkan banyak uang tunai tentang. Pada dasarnya, menyediakan cara yang lebih aman dan aman untuk melakukan transaksi keuangan sambil membuat hidup lebih mudah di dunia yang tidak memiliki uang tunai. Kartu-kartu ini disebut ‘pintar’ karena suatu alasan, dan itulah yang akan kita lihat.

Tentang Teknologinya

Teknologinya melibatkan pembuatan sepotong kartu kecil persegi panjang yang pintar. Kartu-kartu ini cukup kecil untuk muat di dompet atau saku belakang Anda, dan di situlah kenyamanan pertama yang diberikannya terlihat. Berbagai institusi mulai dari bank, perusahaan, perusahaan bisnis, dan banyak institusi lainnya menggunakan kartu tersebut untuk tujuan yang berbeda. Kartu bisa datang dalam berbagai ukuran, tetapi semuanya memiliki satu kesamaan; teknologi yang mendorong mereka. Teknologi pintar ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi spesifik yang unik bagi mereka yang dapat mereka gunakan untuk melakukan pembayaran dan transaksi lainnya tanpa melibatkan uang tunai fisik.

Baca Juga  4 Aplikasi Video Editing Terbaik Untuk Android

Mengapa Mereka Berlabel ‘Kartu pintar‘?

Mereka disebut kartu pintar karena mereka bukan hanya kartu, mereka adalah kartu yang mengandung sejumlah besar informasi pribadi dan data terbatas untuk pengguna tertentu: pemilik kartu. Kartu-kartu ini memiliki chip memori yang tertanam di dalamnya yang merupakan mikroprosesor dengan kapasitas untuk menyimpan banyak informasi tentang penggunanya. Pengguna ini dapat memanfaatkan teknologi untuk melakukan transaksi keuangan online seperti berbelanja tanpa uang tunai, melakukan pembayaran seperti tagihan listrik, dan mentransfer dana ke pihak kedua. Dengan mikroprosesor, kartu sekarang pintar karena mereka mampu menampung informasi dan memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Cara Kerja Kartu Cerdas

Seperti disebutkan sebelumnya, kartu itu seperti kartu biasa yang dapat Anda temukan di sekitar Anda (ukuran yang sama dan terbuat dari bahan plastik yang sama) tetapi mereka memiliki chip memori yang terkandung dalam pad kontak. Panel kontak yang memuat chip memori tertanam adalah dasar untuk transaksi yang dapat dilakukan menggunakan kartu pintar. Setelah papan kontak ini dilepaskan, kartu tidak lagi pintar. Tidak bekerja sendiri, mereka membutuhkan pembaca kartu pintar agar berfungsi. Ketika informasi pribadi tertentu yang relevan telah ditulis ke dalamnya oleh penerbitnya, Anda akan memerlukan pembaca kartu tempat Anda dapat memasukkan kartu, memasukkan kode keamanan pribadi Anda, dan melakukan transaksi apa pun.  Ini kemudian memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran melalui sistem Point of Sale (POS) atau media lain untuk melakukan transaksi. Namun, beberapa kartu pintar tidak memerlukan antarmuka pembaca kartu berfungsi – kartu tanpa kontak semakin populer karena kenyamanannya.

Baca Juga  2 laptop gaming terbaik dengan spesifikasi yang berkualitas

Sekian artikel ini. Eits, sebelum pergi kami sarankan kepada anda untuk mengunjungi ist.co.id. Semoga bermanfaat artikel ini. terima kasih.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X