Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Teruntuk Kakak Mahasiswa Tingkat Akhir, Semangat Berjuang Meraih Toga Ya

Semoga sehat dan bahagia ya Kak . Tenang Kak, adik tidak akan bertanya tentang skripsi kok Kak, hehe. Adik hanya ingin bertanya bagaimana perasaan kakak saat ini? Semoga kakak selalu bersyukur atas apa-apa yang telah kakak miliki saat ini. Karena kau tahu Kak? Suatu saat kita akan kehilangan apa-apa yang sudah kita miliki saat ini . Ah, adik rasa kakak lebih tahu tentang hal ini. Ohiya Kak, adik hanya ingin menyampaikan sedikit pesan kepada kakak, semoga kakak berkenan.

Selamat ya Kak, sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir. Itu artinya kakak sudah berhasil melewati perjuangan panjang selama ini. Kakak masih ingat ketika kakak pertama kali menginjakkan kaki di kampus? Kakak masih ingat saat kakak dan teman-teman seperjuangan kakak rela antre berpanas-panasan demi mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi favorit? Kakak sekarang sudah berada di ujung perjuangan, itu artinya kakak hebat. Kakak sekarang sudah menjadi sosok panutan untuk adikmu, Kak. Kakak sekarang sudah berhasil melewati hiruk pikuk kampus dengan segala suka dan dukanya. Berbeda dengan adik yang saat ini masih saja belum bisa dewasa. Apa-apa harus diarahin dosen dulu. Apa-apa masih suka nanya sama teman sebangku (eh enggak ding, kan bangkunya sendiri-sendiri ya). Apa-apa masih harus diingetin tentang ini itu.

Selamat ya Kak, sudah berhasil menaklukkan hati dosen. Kakak sudah berhasil ikut organisasi dan kepanitiaan ini itu. Berbeda dengan adik yang masih amatiran ikut organisasi A, B, C, dan seterusnya yang mungkin belum bisa berkontribusi banyak untuk kemaslahatan umat Kak, masih sekadar numpang eksis katanya. Tapi, adik akan tetap belajar kok Kak, adik belajar dari kakak yang sudah berhasil menjadi tangguh. Kakak sudah berhasil memanage uang saku yang diberikan Ayah dan Ibu dengan baik. Kakak sudah berhasil membangun komunikasi yang baik dengan Ibu/Bapak kost dan meyakinkan bahwa uang kost akan segera dibayar hehe. Kakak sudah berhasil menahan keinginan untuk jajan dan nongkrong demi beli buku buat kuliah, bahkan rela cari part-time demi nambah uang saku. Kakak sudah berhasil membentengi diri dari pengaruh lingkungan yang kurang baik. Kakak sudah berhasil menjadi orang yang mandiri. Kakak sudah berhasil menjadi diri kakak sendiri.

Baca Juga  Beruntungnya Kamu Yang Berjodoh Dengan Anak Sastra

Ohiya Kak, tentang pertanyaan-pertanyaan miring yang sempat mampir di telinga kakak, jangan diambil hati kak. Memang orang-orang di luar sana tidak berada dalam kondisi kakak, kalau kata orang berkulit putih dan berhidung mancung, they are not in my shoes, gitu kak, hehe tuh kan masih amatiran bahasa Inggrisnya.. Misalnya, “Ehem, si X sudah jadian sama si Y, kamu masih jomblo aja?”. Atau, “Ehem, tetangga sebelah kemarin habis resepsi, kamu kapan sebar undangannya?”. Atau “Ehem, kemarin si Z temen sekelas kamu waktu SMA udah kerja di perusahaan X, kamu masih jadi pengangguran yang dibayar aja?”

Udah kak, biarin aja. Ketika skripsi kakak masih belum rampung, entah karena dosen, penelitian, referensi dan tetek bengek-nya, adik tahu kok, kakak tidak hanya berpangku tangan. Adik tahu kok, kakak udah kesana kemari mengumpulkan data. Dari pagi hingga pagi lagi, kakak udah mantengin komputer buat mengolah data. Bahkan mungkin kakak sampai lupa makan. Bahkan mungkin kakak sampai lupa tidur. Bahkan mungkin kakak tidur berbantal buku-buku. Adik tahu kok, kakak sering memanjatkan doa di tiap sepertiga malam-Nya. Adik tahu kok, kakak sembahyang dengan khusyu’ tiap minggu di gereja-Nya. Tetap semangat ya Kak, apapun yang terjadi semua ini adalah skenario terbaik dari Sang Sutradara Kehidupan. Tenang Kak, Tuhan tidak pernah tidur Kak. Kakak harus percaya bahwa Tuhan adalah partner kerja terbaik kakak.

Kakak tahu, bukankah keadaan kita sekarang ini adalah jawaban atas doa-doa kita setahun, dua tahun, bahkan bertahun-tahun atau bahkan sedetik yang lalu? Kakak masih ingat dulu ketika kakak pengin banget masuk jurusan X, lalu kakak memohon kepada-Nya ? Kakak rajin belajar, baca buku, ngerjain tugas sama temen-temen kakak. Kakak masih ingat kan? Ohiya mungkin ada satu, dua temen- temen kakak yang daftarnya barengan tapi sudah lulus duluan. Gapapa kak, adik tahu masing-masing punya jalannya sendiri-sendiri. Adik tahu, masih banyak amanah di kampus yang harus kakak selesaikan. Adik tahu, barangkali kakak kembali merasa asing dengan suasana kampus seperti saat pertama kali memasuki dunia kampus. Penuh dengan wajah-wajah baru salah satunya adikmu ini Kak. Maaf Kak jika adik tak bertegur sapa. Bukannya adik segan, tapi adik bingung cara menyapanya bagaimana hehe.

Baca Juga  11 Fakta Tentang Masjid Kampus Al-Mujahidin UNY

Tapi percayalah Kak, bunga pasti ada masa berseminya. Tapi percayalah Kak, musim pasti ada masa bergantinya. Begitupun waktu ada masa bergulirnya .Dan. Setiap skrispi pasti ada skripsweetnya. Mungkin kakak belum bisa lulus tepat waktu, tapi semoga kakak lulus di waktu yang tepat.

Salam hangat dari adik yang hanya bisa memberi secercah semangat untuk kakak lewat doa-doanya.

Adik

 

Retna Ikawati

Pengagum Bau Hujan, Se-Bar Nada-Nada dan Aroma Buku Baru

Related Articles

Back to top button
Close
X