Yuk Intip, Gimana Sih Jurusan Biologi di UNY? | UNY COMMUNITY
Home / intip Jurusan / Yuk Intip, Gimana Sih Jurusan Biologi di UNY?

Yuk Intip, Gimana Sih Jurusan Biologi di UNY?

Dalam hidup manusia tentunya tidak bisa jauh dengan alam dan lingkungan sekitar karena manusia merupakan makhluk hidup, sama seperti makhluk hidup lainnya yang selalu bergantung dengan alam. Makhluk hidup memenuhi kebutuhannya tidak lain dengan kekayaan yang dihasilkan oleh alam: makan,minum dan lain-lain. Selain manusia makhluk hidup lainnya juga berpengaruh antara satu dengan yang lain seperti tumbuhan dan hewan. Hal ini dipelajari pada Ilmu Biologi. Biologi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti ilmu tentang keadaan dan sifat makhluk hidup (manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan).

pic : instagram.com/emarosyida/

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jurusan Biologi UNY lho, bagi kamu calon mahasiswa baru yuk simak fakta-faktanya!

1.Terdapat dua program studi mengenai Ilmu Biologi

Di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta terdapat Jurusan Pendidikan Biologi, jurusan ini terdiri dari dua program studi yakni Program Studi Pendidikan Biologi dan Program Studi Biologi.

Baca Juga  Hai  Camaba UNY: Ini Loh 4 Jalur SM UNY Yang Bisa Kamu Ikuti!

2. Kedua program studi sudah terakreditasi A

Program Studi Pendidikan Biologi dan Program Studi Biologi UNY ini telah terakreditasi A. Sesuai data pdpt.uny.ac.id/dtakreditasi pada website tersebut dapat diketahui secara valid akreditasi semua prodi di UNY secara lengkap meliputi penyelenggaraan akreditasi, nomor sertifikat akreditasi, tanggal akreditasi, dan tanggal kadaluwarsa akreditasi.

3. Daya Tampung Prodi Pendidikan Biologi dan Biologi murni

Menurut data resmi Penerimaan Mahasiswa Baru UNY di pmb.uny.ac.id daya tampung terbaru yakni tahun 2018 prodi Pendidikan Biologi sebanyak 65 orang dengan rincian SNMPTN 23 orang, SBMPTN 23 orang dan SM(Seleksi Mandiri) 19 orang. Sedangkan Prodi Biologi sebanyak 120 orang dengan rincian SNMPTN 42 orang, SBMPTN 42 orang dan SM 36 orang.

4. Perbedaan Pendidikan Biologi dan Biologi murni

Prodi Pendidikan Biologi utamanya ditujukan untuk menjadi guru atau pengajar biologi sedangkan Prodi Biologi nantinya bisa menjadi pakar Biologi baik ilmu biologi maupun biologi terapan, serta pada riset, pengembangan dll. Gelarnya pun juga berbeda, untuk Pendidikan Biologi memperoleh gelar S.Pd (Sarjana Pendidikan) sedangkan Prodi Biologi memperoleh gerar S.Si (Sarjana sains). Untuk pembelajaran kuliahnya Pendidikan Biologi mempelajari biologi dasar dan umum serta terdapat mata kuliah yang berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan Prodi Biologi mempelajari biologi secara lebih dalam dan luas.

Baca Juga  5 macam penyakit mahasiswa

5. Fasilitas yang mumpuni

Jangan khawatir ya karena fasilitas untuk pembelajaran dan praktik di UNY tidak kalah lengkap dan bagus kok dari universitas lain jadi kalian bisa belajar dan praktik dengan nyaman.

6. Kuliahnya gimana sih? Suka dukanya?

Setiap prodi yang diambil pasti ada suka dukanya, lalu apa sih suka duka kuliah Biologi? Menurut survei kecil-kecilan, kuliah di Biologi kamu bisa lebih menghargai alam beserta makhluknya. Bisa tahu nama-nama juga nama latin makhluk hidup, pola hidup makhluk hidup sampai organ tubuhnya dan masih banyak lagi. Yang paling seru pas praktik dan melihat benda-benda yang mikroskopis jadi hanya bisa dilihat melalui mikroskop wah pengalaman yang luar biasa. Saat praktik baik di dalam maupun luar ruangan memperoleh pengalaman baru dan dekat dengan alam, bisa sekalian refreshing.

Baca Juga  Perilaku Mahasiswa yang Sulit Untuk Dimaafkan

Berbicara tentang duka, duka anak Biologi adalah menulis laporan praktikum karena setiap pekerjaan harus dipertanggungjawabkan jadi setelah praktikum selalu ada laporannya dan biasanya disuruh menulis pakai pulpen alias tulis tangan. Laprak atau laporan praktikum adalah hal biasa bagi anak FMIPA dan laprak tidak selamanya menjadi duka kok kalau mengerjakannya dengan ikhlas toh kita jadi semakin tambah pengetahuan.

Semoga beberapa fakta di atas bisa membantumu untuk mengenal jurusan Biologi di UNY ya dan yang masih bingung semoga lebih tercerahkan dengan adanya artikel ini. Tetap semangat! Terus berjuang dan berdoa karena Tuhan tahu apa yang lebih kau butuhkan.

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

5 Hal Tentang Pendidikan Seni Musik UNY yang Harus Kamu Ketahui

Seni tidak dapat dipisahkan dari manusia, jika seseorang telah akrab dengan seni maka naluri seni …