Pojok #UNYuUNY Banget

Tes ProTEFL UNY: Pengertian, Manfaat, Syarat, dan Tips Mengerjakan!

Hallo sobat #UNYu apakah kalian tahu tentang tes TOEFL? Mayoritas pelajar atau mahasiswa pasti tahu tentang tes TOEL tersebut, pada intinya tes ini merupakan tes dalam mengukur pemahaman dalam Bahasa Inggris, akan tetapi di UNY ada juga lho tes Bahasa Inggris yang biasa disebut dengan tes ProTEFL. Kira-kira sama atau beda ya dengan kemampuan tes Bahasa Inggris lainnya? Nah, untuk lebih jelasnya lagi kita simak penjelasan berikut ini.

ProTEFL atau (Proficiency Test of English as a Foreign Language) merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang sebanding degan paper-based TOEFL. Tes ini mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang meliputi keterampilan mendengarkan (Listening Skill), tata bahasa (Grammar) dan membaca (Reading Skill). Tes ini juga menggunakan standar penilaian dan kualifikasi yang setara dengan TOEFL. ProTEFL juga sudah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu tes yang sah. Tes ini dikembangkan oleh Pusat Pelatihan Bahasa (P2B) UNY Yogyakarta, akan tetapi tes ProTEFL ini berbayar dan tidak ada sertifikat cetaknya, sehingga hasil kelulusan dan nilainya bisa dilihat melalui laman Siakad.

Baca Juga  3 Hal Sederhana yang Membuat Liburan Semestermu Jadi Nggak Tenang

Manfaat dari adanya tes ProTEFL ini untuk mendapatkan skor kelulusan dengan nilai minimal 425 untuk program studi non-Bahasa Inggris S1-D4 dan minimal 500 untuk program studi Bahasa Inggris baik kependidikan atau non kependidikan S1-D4. Di UNY untuk syarat lulus kuliah juga harus lulus ProTEFL. Manfaat lainnya juga berguna untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris mengenai keterampilan mendengarkan, tata bahasa, dan membaca seseorang.

Adapun syarat-syarat dalam mendaftar ProTEFL ini berupa:

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa, dosen, atau tenaga kependidikan UNY
  2. Melihat jadwal (mencari informasi di website resmi https://ulb.uny.ac.id/)
  3. Melengkapi form data diri
  4. Melanjutkan pembayaran
  5. Mengikuti ujian jika sudah memiliki jadwal

Dalam mengikuti tes ProTEFL sebaiknya kita harus menyiapkan dari jauh-jauh hari, hal ini berguna untuk kesiapan kita dalam mengerjakan soal dengan baik dan benar. Pahami terlebih dahulu contoh soal-soal yang ada di internet, semakin kita banyak mencoba mengerjakan contoh soal-soal pasti akan terbiasa dan banyak memahami kata-kata asing. Untuk mendapatkan soal-soal yang akurat bisa mencari di internet atau minta sanak saudara yang pernah mengikuti tes ini. Dari soal-soal yang ada kita pahami terlebih dahulu jumlah soal dan waktunya, untuk ProTEFL terdapat beberapa macam soal dengan tingkatan berbeda yaitu keterampilan mendengarkan (Listening Skill) dengan jumlah 50 soal, pada keterampilan tata bahasa (Grammar) terdapat 40 soal, dan keterampilan membaca (Reading Skill) ada 50 soal, seluruh soal ini berbentuk pilihan ganda. Dengan demikian kita harus menyusun waktu secara efektif untuk menyelesaikan semua soal dengan waktu yang singkat.

Silvia Adisty

Mahasiswi PLS UNY 2020

Related Articles

Back to top button
X