Pojok #UNYu

Komplet ; Berikut Catatan dan Gambaran Biaya Kehidupan Kuliah di UNY

Musim-musim penerimaan mahasiswa baru mulai terdengar kembali gemanya di tahun ini. Dengan model seleksi UTBK, SNMPTN hingga seleksi mandiri tersedia banyak di perguruan tinggi negeri atau swasta Indonesia.  Salah satu yang rutin menjadi pilihan banyak lulusan SMA/SMK/sederajat ialah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sudah bukan rahasia umum, karena banyaknya sekolah dan perguruan tinggi di kota ini Yogyakarta kemudian dikenal sebagai kota pelajar. Setiap tahun, berbondong-bondong ribuan calon mahasiswa baru dari segala penjuru wilayah Idnonesia menjejakan kakinya berlomba mencapai kampus idamannya.

Sebagai salah satu favorit kampus incaran, UNY yang merupakan perguruan tinggi negeri terbaik no 2 se Daerah Istimewa Yogyakarta tentunya memiliki persaingan ketat .Selain harus mempersiapkan ujian masuknya, salah satu yang menjadi pertimbangan penting ialah mengenai gambaran kehidupan berkuliah di kampus pilihan. Kampus UNY yang berlokasi di Kabupaten Sleman pastinya akan memiliki perbedaan planning dengan kampus lain di Yogyakarta pada lokasi yang berbeda.

Pada umumnya, kehidupan perkuliahan akan meliputi tiga faktor utama mengenai soal biaya. Yaitu berupa biaya indekost sebagai cakupan tempat tinggal disusul biaya semesteran sebagai pokok utama perkuliahan serta biaya hidup sebagai cakupan biaya makan, perlengkapan kuliah hingga transportasi.

Untuk membantu para calon mahasiswa baru yang ingin melabuhkan pilihannya berkuliah di Yogyakarta utamanya UNY berikut ini penelusuran dan hasil riset kecil kami mengenai contoh planning kuliah selama tiga hingga empat tahun. Selamat Mencatat !

  1. Biaya Hidup ; Makanan Yogya Murah Tapi Kamu Bisa Membuatnya Lebih Murah

Konon, salah satu tagline yang menjadi banyak legenda dari  berkuliah di Yogyakarta  ialah karena makanannya yang terkenal murah-murah. Hal ini memang bisa dibenarkan namun tidak sepenuhnya, mengapa ?

Karena memang tidak semua murah, hal yang perlu digarisbawahi ialah semua wilayah di Yogyakarta memiliki range biaya hidup yang berbeda-beda. Sebut saja makan di angkringan untuk satu nasi kucing dibanderol 1.500 -2.500 rupiah yang biasanya dengan porsi mini paling tidak kita akan membeli 2-3 porsi belum dengan es teh dan gorengannya sehingga paling tidak total 9.500.  Bergerak dari angka 9.500 rupiah misal dikali 3 sudah mencapai angka 28.500 rupiah.  Atau dari  pengalaman yang sempat tinggal jauh dari kampus memiliki range makan 12 -24 ribu untuk dua kali makan. Saat itu, tahun 2017-2018  penulis sempat tinggal di daerah Dipowinatan yang memang jauh dari kampus utama  UNY dan memang bukan daerah komersil untuk anak-anak mahasiswa. Akan berbeda dari teman lain “K” yang sempat tinggal di Karangmalang sebagai salah satu padukuhan favorit mahasiswa UNY. Ia biasanya menghabiskan 10-20 ribu untuk dua kali makan

Itu adalah gambaran kasar, sehingga dari hasil riset kecil ini bisa kita buat semacam kesimpulan yaitu “berhemat” sebagai maksud untuk survive selama perkuliahan. Caranya bisa dengan memasak nasi sendiri atau membawa bekal saat kuliah. kami cukup sering melakukan “penghematan” ini baik ketika tinggal di Dipowinatan hingga saat pindah indekost di daerah Iromejan. Hasilnya, biaya makan tetap jalan tanpa merasa ditekan serta masih ada biaya sisa sekitar 2.500 rupiah perbulan untuk ditabung.

Kesimpulannya, di Yogyakarta apalagi di daerah yang memang menjadi kawasan hunian mahasiswa tentunya ada harga ada rupa. Kamu bisa memilih model makan dari mulai burjo, warung prasmanan hingga model beli sayur  saja nasi tanak sendiri.  Tidak usah khawatir, tetap saja banyak rumah makan dan warung dengan harga bersahabat di kantong mahasiswa mulai dari range 5-10 ribu rupiah jadi  jangan sungkan explore dan memilah-milah mana yang sesuai dengan jatah bulanan kiriman ortu ya.

Baca Juga  Situs Web dan Medsos Info Lowongan Magang

Berikut ini kami tampilkan gambarannya, angka jatah bulanan yang dimaksud disini adalah nominal rata-rata mahasiswa diambil dari sampel angka  Rp.1.500.000  – 3.500.000

Angka Jatah Bulanan Biaya Makan Total Dalam 1 Bulan
Rp.2.500.000 8.000 x 3 kali = 24.000 24.000 x 30= 720.000 ribu rupiah
  1. Biaya Hidup ; Meliputi Biaya Indekost Hingga Biaya Transportasi, Uang Jajan Hingga  Alat Perkuliahan

Sebagai kebutuhan primer bagian dari pangan dan sandang, rumah tempat tinggal atau indekost bagi para mahasiswa rantau luar wilayah Yogyakarta juga menjadi bahan pertimbangan. Di daerah Yogyakarta sendiri khususnya Kabupaten Sleman dan sekitarnya banyak tersedia ragam model indekost mulai dari kost standar ,kost exclusive lengkap dengan isian hingga kontrakan yang bisa dibayar patungan. Sebagai gambaran ,penulis dulu tinggal di Indekost  berjarak 25 menit menuju kampus pusat dengan biaya sewa 500 ribu perbulan berkategori kamar mandi dalam , satu kamar diisi sendiri ,dan akses 24 jam belum termasuk listrik dan wifi yang harus dibayar perbulan dalam kisaran 40 -50 ribu rupiah. Penulis juga sempat tinggal di kontrakan dengan sistem patungan di daerah Pelemkecut (10 menit ke UNY pusat) dengan harga 12 juta untuk satu tahun dan dibagi pada 3 penghuni dalam satu rumah dengan kategori 3 kamar , akses 24 jam , no wifi , namun sudah termasuk uang listrik.  Akan berbeda dengan teman penulis  “AN” dan “WR” yang tinggal di kost exclusive daerah Pogung dengan kategori wifi, full ac, akses 24 jam  dengan biaya mencapai 3 -4 juta rupiah perbulan. Teman penulis yang lain ”KN” tinggal di Indekost di daerah Seturan dengan biaya sewa 500 ribu rupiah perbulan dengan kategori 24 jam, wifi, kamar mandi dalam. Ada juga adik tingkat penulis “DK” yang tinggal dikawasan Samirono dengan indekost mencapai angka 6 juta satu tahun dalam kategori akses bebas, no wifi, kamar mandi luar. Sehingga, dalam pembahasan ini kamu bisa mengkategorikan dirimu sendiri dari cerita diatas kost apa yang ingin kamu pilih modelnya. Semua indekost di Jogja memiliki harga, kategori dan peraturan yang berbeda. Bahkan tak jarang dengan ukuran kamar  berbeda harga yang kamu peroleh dari satu tempat dengan tempat lainnya juga  berbeda. Sebelum memilih indekost ,selain faktor kenyamanan jangan lupa faktor keamanannya ya.

Berikut ini penulis tampilkan gambarannya, angka harga yang dimaksud disini adalah nominal harga indekost dengan kategori standar diambil dari sampel range pembayaran per bulan.

Harga Kost Standar Biaya Per bulan Total Dalam setahun
Rp.350.000-500.000 350.000 ribu rupiah x 12

500.000 ribu rupiah x 12

Rp.4.200.000

Rp.6.000.000

Selain biaya indekost, ada juga biaya transportasi ,uang jajan hingga uang perkakas kuliah. Secara umum untuk biaya transportasi, kota Yogyakarta memiliki empat pusat utama pintu keluar-masuk wilayahnya yaitu pada Stasiun Besar Yogyakarta (Stasiun Tugu), Stasiun Lempuyangan dan Bandara Yogyakarta International Airport  di Kulonprogo serta Terminal Giwangan. Berikut gambaran biaya transportasi keluar masuk Yogyakarta ditinjau dari moda transportasi massal.

Stasiun Tugu dan Lempuyangan Range Harga Keterangan
Kereta Arah Jawa Barat Rp. 150.000 -250.000 Kereta Jarak Jauh
Kereta Arah Jawa Tengah Rp. 80.000-100.000 Kereta Jarak Jauh- Sedang-
Kereta Arah Jawa Timur Rp. 150.000- 250.000 Kereta Jarak Jauh
Bandara YIA Rp. 1.500.000  3.000.000 + biaya menuju pusat kota berkisar Rp.100.000 -250.000 Maskapai Standar  seperti Lion Air , Batik Air , Wings Air
Terminal Giwangan Rp 35.000 -150.000 Tempat Muara segala arah keluar masuk via darat

Biaya Transportasi di Jogja juga bisa ditinjau dari moda transportasi public, transportasi berbasis online bahkan hingga penyewaan kendaraan bermotor bagi kamu yang ingin memiliki kendaraan untuk berkuliah atau berpergian. Berikut ini gambarannya :

Transjoga Gojek Sewa Motor
Rp. 3500 dibayar sekali jalan hingga tujuan terakhirmu Rp. 12.000 -16.000  ke pusat-pusat keramaian , Gramedia , perpusda , stasiun atau tempat lain tentunya semua tergantung jarak tempuh Rp . 15.000-20.000 per satu minggu tinggal dikali berapa lama waktu sewa

Fotokopi atau sekadar nongkrong sambal melepas penat di Jogja juga banyak tersedia pilihannya, tergantung tempat dimana kamu menghabiskan waktu. Sebut saja Legend Coffe Kotabaru yang sering menjadi pilihan banyak orang untuk nongkrong hingga Kebondalem yang menawarkan pemandangan Tugu Jogja secara manis dari atapnya.

Berikut gambaran biaya fotokopi hingga uang jajan dihitung dari sampel untuk biaya fotokopi sebulan dan uang jajan  perminggu

Uang Fotokopi atau keperluan kuliah lain Uang Jajan/Uang Nongkrong 1 kali seminggu untuk melepas penat
Rp. 5.000 x 30 hari =150.000 Rp 100.000 x 4 minggu = 400.000
  1. Biaya Kuliah UNY ; Berdasarkan Uang Kuliah Tunggal Hingga Sesuai Jalur Masuk

The most and only, duit kuliah adalah duit utama yang harus dipikirkan saat mendaftar kuliah terutama di UNY. Hal ini perlu menjadi catatan penting karena setiap tahun bisa saja berganti kebijakan. Sebagai contoh saat penulis masuk UNY tahun 2017 melalui jalur seleksi mandiri berbasis nilai SBMPTN penulis langsung mendapatkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) kategori IV dengan nominal sebanyak Rp 3.145.000 tanpa harus membayar uang tambahan atau biasa disebut uang pangkal. Namun ,setelah tahun berganti UNY terus melakukan perbaikan kebijakan yang salah satunya mengupdate mengenai peraturan uang pangkal. Namun ,kali ini penulis hanya akan memberikan gambaran mengenai biaya uang kuliah tunggal sebagai uang kuliah utama yang WAJIB dibayar setiap semesternya ya. Mengenai informasi uang pangkal mari kita bahas lebih dalam lain waktu dan kita nanti apakah akan nada informasi terbaru lagi.

Berikut ini  gambaran UKT Program S1 UNY PMB 2021 ( Simak lebih detail di pmb.uny.ac.id)

UKT I UKT II UKT III UKT IV UKT V UKT VI UKT VII
500.000 1.000.000 2.400.000 3.145.000 3.630.000 4.235.000 4.940.000

Dari catatan diatas , setidak-tidaknya dapat kita muat kesimpulan sebagai berikut

Kisaran Total Biaya Hidup 1 bulan (fotokopi, bensin, uang nongkrong, iuran himpunan, uang transport dan cadangan ) Kisaran Total Biaya Kost Standar 1 bulan Kiasaran Total Biaya Konsumsi 1 bulan (uang makan, gallon air, gas, laundry, sayur, beras, keperluan MCK, pulsa dan kuota) Keterangan
Rp. 550.000

Estimasi per hari Rp.18.000

Rp. 350.000 Rp. 720.000

Estimasi per hari

Rp.24.000

Total Kebutuhan Primer ,Sekunder ,Tersier  Rp.1.620.000 + Uang UKT Dibayar per enam bulan sekali

Semoga hasil riset kecil dan gambaran ini dapat membantu kalian selama berkuliah di Jogja.  Tentu pasti akan ada perbedaan-perbedaan yang terasa ketika kamu mencoba membuat rengrengan sendiri namun setidaknya gambaran diatas  adalah hasil pengalaman yang penulis rasakan dan gali ulang dari testimoni-testimoni  teman angkatan, kerabat hingga adik tingkat .

sebuah  wejangan dari kakak tingkat yang sudah lulus berupa :

 “  jika kamu kuliah di Jogja kamu memiliki dua kesempatan yaitu menjadi orang yang gemi atau mengikuti arus pergaulan hedon ala muda -mudi” .

 Paham maksudnya kan?  Ingatlah sejauh-jauhnya kalian melangkah sampai Jogja adalah untuk ngangsu kawruh ,

selamat merantau !

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
Close
X