Tidak Ingin Dapat Surat Cinta Dari Perpustakaan UNY? Segera Cek Buku Pinjamanmu | UNY COMMUNITY
Thursday , 20 June 2019
Home / Pojok #UNYu / Tidak Ingin Dapat Surat Cinta Dari Perpustakaan UNY? Segera Cek Buku Pinjamanmu

Tidak Ingin Dapat Surat Cinta Dari Perpustakaan UNY? Segera Cek Buku Pinjamanmu

Salah satu fasilitas yang bisa dinikmati oleh mahasiswa UNY adalah layanan perpustakaan. Adanya fasilitas ini tentunya memudahkan mahasiswa untuk mengakses berbagai informasi dari banyak buku yang tersedia. Terlebih lagi ada layanan peminjaman buku yang bisa dinikmati oleh mahasiswa UNY tapi mahasiswa luar dan tentunya dosen. Pelayanan peminjaman buku ini tentunya dibatasi oleh waktu. Akan tetapi, keterlambatan untuk mengembalikan buku sering kali terjadi, dendanya pun bisa membuat uang yang ada di dompet terkuras. Seperti yang masih hangat belakangan ini, yaitu postingan pembayaran denda yang cukup banyak dilansir dari instagram unycommunity. Kolom komentar pun cukup ramai. Ada yang berkomentar denda keterlambatan mengembalikan buku mencapai ratusan ribu, satu juta bahkan lebih.

Belum lagi kalau dapat surat cinta, masih mending sih kalau dapat surat cinta dari doi, tapi kalau dapat surat cinta UPT Perpustakaan UNY berisi tagihan denda, pasti bikin sedih bukan? Hemm daripada auto gadai laptop atau auto miskin, nggak ada salahnya untuk cek jumlah buku yang kamu pinjam. Berikut ini beberapa informasi buat kamu:

A. Ketentuan Peminjaman Buku
Dilansir dari web perpustakaan.uny.ac.id berikut ini adalah ketentuan peminjaman buku:
1. Peminjam tidak boleh diwakilkan dengan menunjukkan KTM atau Kartu Tanda Anggota
2. Dosen selama 60 hari, maksimal 5 eksemplar.
3. Mahasiswa dan karyawan selama 14 hari, maksimal 6 eksemplar.
4. Denda Rp. 500 perbuku tiap hari keterlambatan.
5. Koleksi dapat diperpanjang maksimal 1x massa pinjaman.

Baca Juga  Untuk Mahasiswa Baru, Mengapa Ikut UKM Itu Perlu?

B. Cara untuk Mengecek Aktivitas di Perpustakaan UNY Secara Online

Pic: instagram perpustakaan.uny

Seluruh history aktivitas di perpustakaan di UNY termasuk peminjaman sekarang bisa di cek secara online. Begini caranya
1. Buka link www.library.uny.ac.id/member

pic: doc pribadi

2. Setelah itu akan muncul gambar seperti diatas. Jika kamu mahasiswa luar UNY, masukan ussername dan password anggota perpustakaan yang di dapat. Jika kamu mahasiswa UNY pilih login dengan SSO dengan memasukan email dan password email UNY.

3. Pada menu dashboard terdapat beberapa pilihan. Pilih menu peminjaman buku

pic: doc pribadi

4. Kemudian pilih lokasi perpustakaan seperti gambar diatas. Maka akan muncul history buku yang pernah dipinjam dan status pemimjaman
5. Apabila kamu tidak punya tagihan peminjaman buku maka muncul keterangan telah kembali. Jika masih ada tagihan maka akan ada keterangan belum kembali, begitu juga dengan adanya denda.
6. Jika kamu memiliki tanggungan buku, segera kembalikan buku dengan membawa KTM.
7. Jika terkena denda segera bayar sesuai jumlah. Apabila jumlah dendamu banyak, kamu boleh mengkomunikasikan dan datang langsung ke UPT Perpustakaan.

Baca Juga  Hal romantis yang disukai cowok

C. Perpanjangan Peminjaman Buku

Apabila pada status peminjaman masih ada dan belum jatuh tempo. Kamu  bisa memerpanjangan dengan membawa ktm dan buku ke perpustkaan. Atau sekarang kamu juga bisa memperpanjang masa peminjaman buku secara online. Begini caranya:

Pic: Instagram perpustakaan.uny

1. Buka laman library.uny.ac.id/member

2. Login dengan email SSO

3. Pilih perpanjangan mandiri, lalu klik perpanjangan

Nah begitu caranya untuk mengetahui history peminjaman atau memperpanjang buku. Semisal buku yang kamu pinjam hilang, kamu bisa datang langsung ke UPT Perpustakaan UNY. Selain itu, kalau KTM kamu hilang, kamu bisa mengurusnya terlebih dahulu dengan menyertakan surat kehilangan dari kantor polisi untuk pembuatan KTM yang baru. Selamat mencoba, semoga berhasil yaa..

About Zidni Khasanah

Mahasiswi Prodi PG PAUD yang kebetulan suka jadi teman main anak kecil dan penyuka dunia kepenulisan. 😄 | Blog: http://zidni24.blogspot.com

Check Also

Cerpen ; Hikayat Seorang Guru PAUD

Pagi hari ketika sang surya mulai menganggil tubuh untuk terbangun dari mimpi semalam. Cahaya kuning …

X