TIM Robot UNY Dominasi KRI 2015 Reg III | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / TIM Robot UNY Kembali Dominasi Kontes Robot Indonesia 2015 Regional III

TIM Robot UNY Kembali Dominasi Kontes Robot Indonesia 2015 Regional III

Tim Robot UNY kembali mendominasi perolehan juara pada event bergengsi tahunan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (DIKTI) yakni Kontes Robot Indonesia 2015 Regional 3 DIY-Jateng yang diselenggarakan pada tanggal 14—16 Mei 2015 di Gelora Universitas Semarang (USM).

Dalam event yang diikuti 61 tim dari 21 universitas ini, UNY melalui UKM Rekayasa Teknologi mengirimkan 5 tim untuk 5 divisi lomba yakni divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) beroda, Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) berkaki , dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

Tim robot uny 2015

Anggota tim berjumlah 37 orang dengan dosen pembimbing Herlambang Sigit Pramono, M.Cs, Sigit Yatmono, M.T, dan Ilmawan Mustaqim, M.T.

Baca Juga  Garuda UNY Berhasil Pertahankan Gelar “Best Of The Best Hybrid Car”

Dari kelima tim yang dikirimkan, UNY meraih 5 kejuaraan, yakni juara I divisi KRAI dengan robot Maestro-Evo, juara I divisi KRSI dengan robot Rosmary yang menampilkan tari bambangan cakil versi Jogja, juara I dan juara algoritma terbaik KRPAI Beroda dengan robot Mobo-Evo, serta juara harapan KRSBI dengan robot Al-Aadiyaat.

Tantangan yang harus dihadapi tim pada saat perlombaan adalah suhu di lokasi lomba yang tinggi. Hal tersebut menyebabkan komponen robot terutama servo mudah panas dan mengharuskan tim untuk melakukan kalibrasi ulang agar robot dapat berlaga dengan baik. “suhu lingkungan menjadi tantangan utama bagi kami. Suhu lingkungan yang panas sangat berpengaruh pada robot, terutama pada komponen penyusun robotnya. Selain suhu, hal yang menjadi tantangan tersendiri adalah susahnya komunikasi antar tim pada saat bertanding karena sponsor yang sangat riuh.” Ujar Arief, ketua tim robot kala diwawancarai.

Baca Juga  9 Mahasiswa Berprestasi dari UNY Belajar di Filipina

Dengan diraihnya juara ini, UNY berhasil lolos untuk bertanding di kontes robot nasional yang akan diadakan pada tanggal 11—14 Juni 2015 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. “Kami mohon doa dan dukungannya semoga dalam perlombaan di UMY besok, kami dapat meraih juara,” ujar Arief.

Arif berharap semoga kedepan UNY dapat lebih berjaya di Kontes Robot Indonesia karena kemampuan UNY tidak kalah dengan tim robot universitas lain, terlebih jika diimbangi dengan penelitian dan pengembangan yang lebih lanjut lagi, terlebih dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi melalui banyak sumber.

sumber : uny.ac.id

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

6 Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa Djogja

Banyak mahasiswa yang datang dari luar Kota Yogyakarta, untuk kuliah karena salah satu alasannya biaya …