Karya MahasiswaPrestasi

Tim UNY Juara I Lomba Rancang Kuda-Kuda Nasional VII

Divisi Rancang Bangun, UKM Rekayasa Teknologi (RESTEK) UNY kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dalam event tahunan bergengsi yang diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil (KMTS) UGM: “Lomba Rancang Kuda-Kuda Nasional VII, Civil in Action 4” pada 10–12 Mei 2015. Tim yang beranggotakan tiga orang mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan yakni Mahda Rista Octavia, Muslikhatun Umami, dan Muhammad Silvanter Sangaji serta dosen pembimbing Drs. Darmono, M.T. yang tergabung dalam Tim Wisanggeni II ini berhasil meraih juara I mengalahkan peserta lain yang berasal dari universitas ternama di Indonesia seperti UI, ITS, dan tuan rumah UGM.

UNY juara 1

Ketua Tim Wisanggeni II, Mahda menuturkan bahwa kuda-kuda yang dirancang berbahan dasar kayu meranti putih dan baja strip untuk batang tariknya. Dengan dimensi panjang 100 cm dan tinggi 50 cm, kuda-kuda yang dirancang tim berhasil menahan beban 290 kg dari beban rencana 300 kg. “Alhamdulillah, dengan selisih beban yang tidak terlalu besar tersebut tim kami mendapatkan poin lebih dari tim lain,” ujar Mahda kala diwawancarai tim humas.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Juara LKTI Kemaritiman

Bukan suatu perjuangan yang mudah bagi tim untuk berhasil meraih juara tersebut, dimulai dari proses penyusunan proposal, latihan untuk merakit kuda-kuda yang direncanakan, hingga saat proses lomba di UGM yang semuanya mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. “Semua yang kita lakukan dan korbankan tidak ada yang sia-sia, pasti kita akan mendapatkan yang terbaik,” ujar Mahda.

Sempat ragu dan pesimis di awal karena kebanyakan lawan berasal dari universitas ternama dan merupakan angkatan lama dan berpengalaman tidak menjadi hambatan bagi tim untuk memberikan hasil yang terbaik bagi almamater. Bahkan tim yang boleh dikatakan beranggotakan angkatan paling muda dalam perlombaan ini berhasil meraih posisi dua tercepat dalam proses perakitan kuda-kuda yang dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2015 walaupun tim hanya menggunakan peralatan manual. Setelah selesai dilakukan perakitan, tim mendapatkan nomor urut kedua untuk presentasi mengenai rancangan kuda-kuda yang direncanakan.

Baca Juga  BOTANI ; Batik Modern dalam Tas Unik Karya Mahasiswa UNY

Pada hari berikutnya, Selasa, 12 Mei 2015, merupakan hari yang dinanti-nantikan tim dan peserta lain, yakni pengumuman hasil lomba. “Pada saat pengumuman cukup deg-degan karena juara terinofatif sudah diraih UGM, juara ketiga diraih ITS dan juara kedua diraih UI. Dan alhamdulillah, saat pengumuman juara pertama, nama UNY yang dipanggil,” ujar Mahda dengan bangga.

“Disiplin waktu sangatlah penting, kalau tidak disiplin pasti akan banyak sekali kendala yang akan didapat. Semoga ke depan UNY dapat meraih prestasi lagi di lomba rancang kuda-kuda dan lomba-lomba lain di kancah nasional maupun internasional,” tutur Mahda. “Oh ya, di sini kami juga ingin menunjukkan bahwa wanita juga bisa menjadi yang terbaik dalam lomba yang membutuhkan tenaga dan keterampilan seperti ini,” ujar Mahda mengakhiri wawancara.

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X