Tips 5 Sehat 6 Sempurna Ala Mahasiswa Kost | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Tips 5 Sehat 6 Sempurna Ala Mahasiswa Kost

Tips 5 Sehat 6 Sempurna Ala Mahasiswa Kost

Jika kalian adalah orang-orang yang mengaku sebagai mahasiswa kost yang jauh dari orangtua, dan ingin memiliki kondisi badan yang 4 sehat 5 sempurnya, berikut penulis beberkan rahasia ampuhnya.

1. Kenali badan anda.

Kenali badan anda

Hanya anda sendiri yang paham seberapa kuat daya tahan tubuh anda untuk menahan lapar, kantuk, stress, dan sakit akibat virus. Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan resiko penyakit yang menyerang badan kita. Jangan malas belajar tentang kesehatan badan. Karena dengan begitu, pemahaman kita akan kondisi badan kita menjadi lebih baik. Jika ada sesuatu yang menyerang kesehatan badan, kita dengan mudah mengetahui bagaimana tindakan selanjutnya.

2. Kenali sakit atau penyakit yang sudah atau beresiko menyerang anda.

Kenali sakit atau penyakit

Tak jarang mahasiswa kost terserang sakit maagh, tifus, demam berdarah, depresi, bahkan penyakit kelamin. Jika kalian sering membaca artikel ilmiah tentang penyakit tersebut, maka akan sangat mudah anda menganalisis darimana dan karena apa penyakit itu muncul. Pencegahan lebih baik dari penanganan. Karena, jika sekali kita merasakan jarum infus dan obat-obatan dari Rumah Sakit, maka ada besar kemungkinan bahwa kondisi badan kita menjadi lebih lemah dari sebelumnya.

Baca Juga  Untukmu yang sedang mencari kost baru, Perhatikan Hal ini

3. Kontrol dan perbaiki pola makan anda.

 pola makan

Tak perlu makan makanan yang mahal untuk membuat badan tetap sehat dan perut tidak kosong.

  1. Biasakan makan sayur, dan minum air mineral.
  2. Jika porsi nasi anda banyak, kurangilah! Karena nasi di Indonesia mengandung banyak glukosa yang menyebabkan kita rentan gemuk dan rentan terkena penyakit gula.
  3. Lebih baik banyak sayur daripada banyak nasi.
  4. Kurangi makanan berminyak jika anda adalah orang yang menyukai makanan seperti gorengan dan lainnya yang mengandung banyak minyak.
  5. Sebisa mungkin menghindari makanan instan yang membahayakan tubuh jangka panjang. Seperti mie instan, dan banyak lainnya.
  6. Makan pagi lakukanlah sebelum jam 10, dan makan malam sebelum jam 7 malam. Selain mengurangi resiko penyakit pencernaan, makan sebelum jam 7 malam juga mengurangi resiko perut buncit.
Baca Juga  Ini Alasan Mengapa Sebagian Besar Wanita Terkadang Mencari Momen Untuk Menangis

4. Biasakan bangun pagi dan tidur cukup.

bangun-tidur

Mahasiswa memang tidak bisa lepas dari tidur larut juga begadang di setiap malam hari. Tapi, cobalah memanajemen waktu agar anda memiliki kesempatan untuk tidur minimal 3 jam setiap hari. Bagaimanapun juga tubuh manusia mempunyai keterbatasan da nada saatnya mereka harus istirahat. Itulah alas an mengapa malam diciptakan. Untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari kesibukan duniawi yang dilakukan saat langit terang. Apapun itu, yang namanya penyiksaan dan penganiayaan tidaklah baik. Termasuk pada diri sendiri.

5. Jangan lupa olahraga dan kurangi kopi.

foto-rahasia-agar-anak-suka-olahraga

Olahraga banyak macamnya, tidak hanya lari pagi/sore saja. Walaupun hal tersebut sangatlah bagus untuk kesehatan badan dan jiwa. Bagi anda yang ingin berolahraga tapi tidak ingin lelah atau repot, cobalah untuk melakukan yoga. Bisa juga dengan memanfaatkan buku-buku di kost untuk melatih otot-otot tangan. Bagi yang kost, mengangkat galon berisi air minum juga sangat bermanfaat. Intinya, banyak cara untuk berolahraga.

Baca Juga  Mahasiswa yang Rajin Berkunjung ke Perpustakaan, Pantaskah disebut ‘Culun’?

Selain olahraga, mengurangi konsumsi kopi juga merupakan hal yang disarankan. Karena bagaimanapun juga kopi mengandung kafein yang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi rutin atau berlebihan.

6. Biasakan tersenyum dan perbanyak humor.

tersenyum

Mulailah hari dengan energi positif. Ucapkan selamat pagi untuk diri anda sendiri dengan senyum merekah, tanda semangat hidup masih tinggi. Jangan habiskan hari dengan ketegangan atau keseriusan. Hal tersebut sangat berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Maka dari itu, berinteraksilah dengan teman-teman yang dapat membuat suasana hati anda gembira jika anda tidak bisa melakukan humor untuk diri sendiri.

About Libriana Candra

Mahasiswi Pendidikan Sosiologi |Menulis, Backpacking |amarisdaren.blogspot.com

Check Also

Kampus Bebas Rokok

“Mas, tolong rokoknya dimatikan! Kalau merokok jangan disini!” Begitu tegur salah satu anggota keamanan kampus. …

  • Sufi Indha Akbari

    terima kasih sarannya betul-betul memotivasi agar lebih baik lagi dalam menjaga diri sendiri 🙂