Tips Menyelesaikan Tugas Akhir Tepat Waktu | UNY COMMUNITY
Monday , 21 January 2019
Home / Pojok #UNYu / Tips Menyelesaikan Tugas Akhir Tepat Waktu

Tips Menyelesaikan Tugas Akhir Tepat Waktu

Tugas akhir adalah suatu titik perjalanan panjang dalam menjalani kuliah agar mendapatkan gelar kelulusan. Memang proses Tugas Akhir yang begitu ketat dan tidak mudah begitu merepotkan banyak mahasiswa sehingga membuat susah lulus mencapai gelar tersebut untuk wisuda. Mendapatkan kata ACC lebih sulit daripada Iloveyou katanya. Tapi tidak perlu worry dalam mengerjakan nya, asal punya niat dan usaha untuk wisuda pasti akan sampai dalam mengerjakan tugas tersebut.

Simak tips berikut agar tugas akhirmu dapat terselesaikan tepat waktu:

  1. Niat mengerjakan tugas akhir perhari

Jika sudah ada niat, pasti akan sampai pada tujuan akhir yaitu wisuda tepat waktu. Niat terlebih dahulu kemudian lakukan niatmu setiap hari nya. Jika sudah pasti tidak akan berat dalam menjalani sehari-sehari tekanan dari dosen dan teman-temanmu yang sudah terlebih dahulu ACC. Buktikan jika kamu bisa mempunyai niat tekad kuat untuk terus mengerjakan setiap hari tugas akhir. Karna senyum orang tua dirumah adalah semangatmu.

  1. Cari judul dan Tema yang kamu sukai dan yang mudah dipahami

Ingat, mengerjakan Tugas Akhir itu mandiri. Bukan seperti mengerjakan tugas kelompok yang satu tugas dikerjakan banyak orang. Jadi, lebih baik kamu pilih topik yang benar-benar kamu pahami. Sehingga kamu akan lebih mudah dalam mengerjakan nanti. Toh, sesusah apa pun topik Tugas akhir yang kamu kerjakan, pada akhirnya gelarmu tetap saja sarjana muda. Jadi realistis dengan kemampuan diri sendiri ya. Jangan dipersulit sendiri ikuti kemauan dirimu jangan terlalu mendengaarkan orang lain.

  1. Rajin bimbingan ke Dosen

Bimbingan kedosen memang tak semudah dibayangkan kalau dosen nya sudah tidak kita sukai. Tapi ingat tujuanmu apa gaes, lulus tepat waktu. Meskipun mendapat revisi lagi dan lagi, ketika kita rajin bimbingan pasti akan diberi jalan kemudahan. Ketika sudah tidak datang bimbingan sekali maka akan muncul rasa ngga enak atau takut. “Ah, kemaren mau bimbingan tapi ada acara, sekarang mau bimbingan tapi belum ada progress”. Santai saja sob. Ada progress atau tidak, utarakan saja alasannya mengapa itu bisa terjadi. Dari situ kamu pasti akan belajar bertanggung jawab akan sesuatu. Dosen pembimbing akan lebih senang jika anak bimbingannya rajin bimbingan dan memiliki niat dan usaha untuk menyelesaikan tugas akhirnya.

  1. Jangan menunda nunda pengerjaan Tugas Akhir

Jangan lupa untuk selalu selesaikan sesuai rencana dan jadwal. Jika di bulan pertama BAB-1 harus selesai, maka selesaikan jangan sampai ditunda. Usahakan selesai, walau harus begadang, harus bekerja keras dan menunda keperluan-keperluan yang bukan prioritas. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, tentunya TA menjadi prioritas kalian. Maka itu, tunda sebagian aktivitas yang tidak berhubungan dengan TA yang menyita waktu dan energi. Mungkin akan terasa lelah, tapi bukankah buahnya akan membahagiakan? Selesainya bisa tepat waktu. Usahakan jauhkan ponsel kalian yaa dalam proses pengerjaan agar tidak terlalu focus jika ada yang WA. Hehehe

  1. Jika mulai bosan refreshing sejenak atau istirahat

Jika kalian mulai jenuh dan penat sudah di ubun ubun ketika mengerjakan tugas akhir, itu artinya kamu butuh refreshing sejenak. Istirahatlah jika memang dirasa perlu. Ketika kamu mengerjakan tugas akhir tetapi tidak dengan semangat dan niat yang lurus, hasilnya tidak akan maksimal. Refreshing juga bisa dilakukan sesuai dengan aktivitas kesukaanmu. Kamu bisa travelling, kuliner, atau bahkan main game cukup untuk mengembalikan semangatmu yang hilang. Eittss, tapi jangan sampai kebablasan. Terkadang hal ini terjadi diantara kamu yang sedang membaca artikel ini. Keenakan refreshing jadinya malah (sengaja) lupa akan tugas akhir yang masih melambai lambai untuk dikerjakan. Refreshing lah secukupnya, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Baca Juga  Sisi Lain Kampus Keguruan

Jadi tunggu apalagi gaes? Masih takut untuk memulai untuk memberikan yang terbaik untuk orang yang sudah bersusah payah mencari nafkah untukmu? Mencari uang lebih susah dari mengerjakan tugas akhir loh gaes. Ingat itu jangan menunda lagi jika memang tanggal pernikahanmu dan doi sudah direncanakan. Mulai gercep dari sekarang yaa heheh

About Astuti Dwi Wulandari

Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

Panduan Lengkap Lolos SBMPTN 2018

Pejuang SBMPTN 2018 nih mana suaranya? Buat pejuang PTN perlu update info terbaru mengenai Seleksi …

X