Artikel

Tips Merawat Roller Bearing Agar Tetap Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Tips merawat roller bearing – roller bearing adalah jenis bearing yang banyak digunakan. Biasanya jenis ini digunakan untuk mesin yang menyinggung putaran. Roller bearing difungsikan untuk menjaga putaran tetap stabil. Lebih dari itu, part ini juga berguna  untuk menjaga produk agar tidak mengalami gesekan saat proses putaran dilakukan.

Roller bearing sendiri punya beberapa kekurangan yang harus diperhatikan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, kekurangan itu bisa dicegah dengan melakukan perawatan.

Kami telah menemukan beberapa metode perawatan yang bisa dipilih. Perawatan ini bisa Anda gunakan untuk menjaga roller bearing tetap bekerja sebagaimana mestinya. Di samping itu, perawatan ini juga memastikan Anda tidak melakukan penggantian roller bearing terlalu sering.

Ya, bearing yang sudah rusak memang harus diganti, tidak bisa di-service. Roller bearing sendiri bukan produk langka.

Anda bisa mendapatkan produk ini banyak toko spare part. Harganya bervariasi. Kualitasnya juga bervariasi. Pun dengan merknya. Anda bisa memilih roller bearing sesuai kebutuhan dan keadaan budget. Tapi jika Anda ingin roller bearing berkualitas dengan harga bersaing, Anda bisa cek di Logam Makmur.

Kembali pada tips merawat roller bearing. Tips ini bisa dilakukan untuk mencegah roller bearing dari kerusakan yang berbahaya.

Baca Juga  Pengalaman Belanja Online di Blanja.com

Ya, seperti yang Anda tahu, kerusakan dapat menimbulkan masalah yang serius. Oleh karenanya, sebelum terjadi kerusakan, alangkah baiknya Anda melakukan perawatan dengan tata cara sebagaimana berikut.

LUMASI BEARING DENGAN PELUMAS KHUSUS  – TIPS MERAWAT ROLLER BEARING

Ada pelumas yang digunakan untuk menjaga bearing tetap pada fungsinya. Pelumas itu bisa Anda dapatkan di toko spare part. Tapi jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa meminta montir untuk membantu Anda mengolesi pelumas pada bearing.

Pengolesan pelumas memungkinkan bearing Anda tetap terjaga dan sesuai dengan fungsinya. Ini juga menjauhkan bearing Anda dari kerusakan.

Dan seperti yang sudah disampaikan di atas, bearing yang rusak tidak akan bisa diperbaiki. Hanya bisa diganti. Walau harga roller bearing murah, tetap saja, penggantian yang terlalu sering akan berakibat pada kerugian materil.

HINDARKAN BEARING DARI AIR DAN DEBU – TIPS MERAWAT ROLLER BEARING

Selain harus sering dilumasi, roller bearig juga harus dijauhkan dari air dan debu. Keduanya akan berdampak buruk pada bearing. Sederhananya, keduanya akan membuat bearing berkarat atau debu akan menumpuk pada celah roller dan membuatnya kehilangan fungsi.

Baca Juga  Hindari Penyakit Retina Mata yang Bisa Memicu Kebutaan

Ini jelas berbahaya. Walau tidak menimbulkan kerusakan berarti, tetap saja, kondisi ini akan membuat fungsi roller bearing berkurang.

Oleh karenanya, untuk menghindari hal demikian, sudah sewajarnya bila Anda menghindarkan bearing dari air dan debu. Ini akan membuat kondisi dan fungsi bearing tetap terjaga sepenuhnya.

PERHATIKAN PROSEDUR PEMASANGAN BEARING – TIPS MERAWAT ROLLER BEARING

Anda tentu mengandalkan montir untuk memasang bearing. Tapi Anda juga harus memperhatikan mereka agar prosedur pemasangan berjalan dengan baik. Setidaknya, pastikan kalau bearing terpasang dengan sempurna dan tidak menimbulkan cacat.

Bearing yang cacat tidak akan bisa digunakan kembali. Dengan kata lain, Anda harus merokoh kocek untuk membeli bearing baru. Ini jelas kerugian. Karenanya, Anda harus memperhatikan prosedur pemasangan bearing agar Anda tidak rugi karena harus membeli produk baru.

Itulah beberapa tips merawat roller bearing. Tips ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan bearing dengan performa terbaik. Tips ini membantu Anda menjaga kualitas dan fungsi dari bearing itu sendiri.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X