Tips untuk Mahasiswa UNY yang Suka Jejepangan | UNY COMMUNITY
Sunday , 21 October 2018
Home / Pojok #UNYu / Tips untuk Mahasiswa UNY yang Suka Jejepangan

Tips untuk Mahasiswa UNY yang Suka Jejepangan

Ohayou gozaimasu minna-san! Konnichiwa minna-san! Konbanwa minna-san! Yap, kali ini saya hadir dengan tema jejepangan. Entah sejak kapan demam jejepangan hadir di Indonesia, mungkin berbarengan dengan demam drama korea juga hmm entahlah. Tapi kini demam jejepangan kian menjamur saja. Banyak event jejepangan, lalu restoran Jepang juga semakin banyak ditemui. Namun kali ini saya akan membahas seputar mahasiswa dan jejepangan, terutama untuk kalian mahasiswa UNY yang suka jejapangan. Cus, cekidot!

1. Berpenampilan ala jepang di kampus.

Buat kalian yang suka jejepangan, kalian bisa lho pakai kostum ala jepang di kampus. Bukan cosplay lho. Ya mungkin semacam pakai jas, atau jaket yang seperti di anime gitu, nanti lama-lama akan dilirik orang lain yang suka jejepangan juga. Terus nambah deh teman kampus kalian yang jejepangan hehe. Hal ini juga pernah saya alami. Saya kan pakai jaket Hinata yang Shippuden, tiba-tiba ada yang ngajak kenalan saya di kampus. Walaupun sebenarnya sekarang saya sudah lupa dia siapa wkwkw. Ini tips yang bisa diaplikasikan. Coba ya!

Baca Juga  5 Kebutuhan Ekonomi yang Menghantui Kehidupan Mahasiswa

2. Hiasi tasmu dengan pernak-pernik jejepangan.

Pernak-pernik jejepangan banyak kan? Salah satunya gantungan kunci. Kalian juga bisa menghiasi tas kalian dengan segerombol gantungan kunci jejepangan. Kan banyak tuh sekarang dijual aneka macam gantungan kunci jejepangan, apalagi yang temanya anime. Ini juga pernah saya alami. Tas saya kan ada gantungan kunci Hatsune Miku dan K-On. Pernah juga saya dipanggil “Eh mbak-mbak yang tasnya Hatsune Miku”. Habis itu dia tanya-tanya saya seputar jejepangan. Dan sekali lagi, saya lupa dia siapa wkwkw. Pokoknya, tips yang kedua ini juga bisa dicontoh lho!

3. Sebagian besar yang suka jejepangan juga pengen kuliah jurusan sastra Jepang.

Mungkin ini hanya mewakili teman-teman yang awalnya pengen jurusan sastra Jepang, tapi sekarang terdampar di UNY dengan jurusan yang melenceng sekali. Nah hal ini juga saya alami. Dulu saya pengen banget masuk sastra Jepang dengan alasan yang simple, “ya karena saya suka jejepangan, udah gitu aja”. Dan akhirnya saya terdampar di UNY juga. Tapi tenang gaes, UNY punya solusinya kok. Dan ini bekerja sama dengan UKM Bahasa Asing SAFEL UNY. Nah jadi tiap pergantian semester, UKM Bahasa Asing SAFEL UNY mengadakan Pelatihan Bahasa (Pelba). Bahasa yang ditawarkan ada bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan bahasa Perancis. Nah untuk kalian yang suka jejepangan, bisa lho gabung ke pelatihan bahasa ini, karena ya ada bahasa Jepang. Nah bahasa Jepang pun dibagi dua di pelatihan bahasa ini, ada yang basic dan intermediate. Terus sensei (gurunya) juga asik kok. Saya juga pernah ikut pelatuhan bahasa ini. Asli, bisa buat nambah teman jejepangan lho. Dan bisa akrab dekat sensei (gurunya). Jadi, coba aja!

Baca Juga  Be Amazing With Sastra Inggris UNY

4. Gabung komunitas.

Ini adalah poin penting buat kalian mahasiswa UNY yang suka jejepangan. Iya, gabung komunitas. Eits, jangan salah. Walau di UNY nggak ada jurusan sastra Jepang, tapi UNY punya komunitas jejepangan lho. Rinjin-Bu, nama komunitas jejepangan di UNY. Biar gampang, cari di facebook aja, ada grupnya kok, namanya Rinjin-bu, Komunitas Budaya Jepang Modern UNY. Masih nggak percaya UNY punya komunitas Jepang? Nih lihat J ada logo UNY kok.

fb rinjin-bu

Nah buat kalian yang ingin gabung, baca poin nomor 9 kakak. Inih

syarat Rinjin-Bu

Dan ini adalah divisi utama pada Rinjin-Bu, kenalan yuk

divisi Rinjin-Bu

Lalu ini ada beberapa foto syerrru dari Rinjin-Bu

Rinjin-Bu

Rinjin-Bu UNY

Gimana gimana? Udah terbayang kan keseruan ikut grup Rinjin-Bu. Kegiatan dari Rinjin-Bu juga asik-asik lho. Dari kumpul rapat di Food Court sampai datang ke event jejepangan bareng-bareng, dan cosplay bareng-bareng. Seru kan! Dan akhirnya saya nggak sanggup berkata-kata lagi. Pokoknya gabung di grup itu syeruu! Jangan lupa gabung ya! ^^

Baca Juga  Karakter Mahasiswi UNY Berdasarkan Fakultasnya

Yap sekian celotehan dari saya. Syeruuu banget kan bahas seputar jejepangan? Cus, bisa dipraktekan lho tips dari saya. Semoga bermanfaat. Arigato minna-san. Jaa mata!

Pengen Komunitas mu di bahas di UNY COMMUNITY, kirim Segera artikelmu ke redaksi@unycommunity.com

 

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Alasan Unik Mengapa Kuliah di UNY ?

Masa-masa lulus SMA atau SMK itu memang paling menyenangkan. Karena kita berhasil melewati jenjang pendidikan …