MotivasiPojok #UNYu

Universitas Kehidupan Adalah Sebenar-benarnya Universitas

UNIVERSITAS-KEHIDUPAN
pic : mutiarapublic.com

Hai, Akademia. Penting dipahami bahwa universitas tidak serta merta mencetak seseorang menjadi lebih matang dalam beberapa hal. Universitas yang sebenar-benarnya akan didapatkan di luar sana melalui konsep diri yang sesuai dan dinamis. Hal berikut ini akan makin mempertegas bahwa konsep diri yang sesungguhnya tidak akan diajarkan saat mengikuti perkuliahan.

  1. Perkuliahan yang dijalani tak lantas menjadikan seseorang bisa mandiri secara maksimal dalam waktu singkat. Ingatlah, bahwa untuk menjadi pribadi mandiri yang baik, membutuhkan proses.
  2. Trik menjadi konsisten dalam belajar, tidak ada dalam materi kuliah. Kesadaran belajar dan hal positif lain ada pada diri sendiri bukan diukur dari seberapa tinggi seseorang telah menempuh semester tertentu dalam perkuliahan.
  3. Pembelajaran di kelas tidak secara otomatis menempa seseorang menjadi pribadi yang rendah hati. Sejatinya, melalui pengalaman di lapangan dan penempatan diri yang baik akan bisa membentuk pribadi yang rendah hati.
  4. Belum ada materi perkuliahan yang secara gamblang mendidik seseorang untuk peka terhadap sesama. Kepekaan yang mulia diperoleh melalui pengalaman langsung dan interaksi yang baik dengan orang lain.
  5. Di bangku kuliah, tidak akan diajarkan dengan detail cara mengelola keuangan. Melalui pengalaman langsung seseorang akan mampu mengelola keuangan dengan cara masing-masing.
  6. IPK tinggi bukan jaminan menggenggam kesuksesan. Apabila tidak lihai dalam membangun jaringan pertemanan, kecil kemungkinan akan meraih sukses dalam waktu singkat.
  7. Dosen tidak akan mengajarkan tentang cara tertentu saat berkomunikasi agar menarik perhatian orang lain. Pembawaan diri yang proporsional dan berkarakter tertentu sesungguhnya tidak bisa dipaksakan. Ini tentang keunikan masing-masing orang. Mereka mau menerima atau tidak, itu juga tergantung. Yes. Relatif. Tapi, komunikasi yang baik biasanya akan mudah diterima orang.
Baca Juga  5 Hal Tentang SIAKAD UNY

Finally, tetap pada kesimpulan mutlak bahwa universitas yang sebenar-benarnya adalah universitas kehidupan. Aktor utama juga adalah diri sendiri. Predikat cumlaude dalam universitas diukur dari kuantitas IPK. Tapi, bagaimana dengan cumlaude dalam universitas kehidupan? Yes. Itu terletak pada standar masing-masing dari kita dalam memandang kehidupan.

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X