Untukmu yang Merasa Sakit,  Manfaatkanlah Fasilitas Kampus Berikut | UNY COMMUNITY
Thursday , 25 May 2017
Home / Pojok #UNYu / Untukmu yang Merasa Sakit,  Manfaatkanlah Fasilitas Kampus Berikut

Untukmu yang Merasa Sakit,  Manfaatkanlah Fasilitas Kampus Berikut

Jadi mahasiswa itu ada enak dan tidak enak nya, nah salah satu hal yang bikin tidak enak terutama untuk mahasiswa perantauan adalah saat sakit, sudah tinggal jauh dari orang tua harus berobat sendiri belum lagi biaya untuk berobat yang otomatis mengganggu keuangan bulanan.

Berikut beberapa cara yang dapat kalian lakukan ketika sakit di kota perantauan, dengan memanfaatkan fasilitas dari kampus kita tercinta ataupun pemerintah :

1.Klinik UNY

Klinik uny
pic : ikauny.org

Untuk sakit yang tidak parah misal influenza,batuk dll. Kalian bisa berobat di klinik UNY. klinik ini berada di sebelah timur gedung baru Tapi di klinik ini dokternya tidak selalu stand by, kalian cukup membayar Rp.2000,00 itu sudah termasuk biaya dokter dan obat . Nah selain ke klinik UNY kalian juga bisa berobat ke puskesmas, untuk puskesmas yang berada dekat UNY ada puskesmas Depok 3, dan kalau kalian memiliki kartu BPJS(askes,jamkesmas,jamkesda) kalian bisa memanfaatkannya. Puskesmas ini cukup lengkap dari mulai poli umum, gigi, psikologi, gizi, kandungan, bahkan laboratorium.

2. Klinik Terapi Fisik

Klinik Terapi Fisik UNY
pic : galeri.uny.ac.id

Untuk yang mengalami cidera, keseleo, atau Cuma pegal-pegal dan ingin dipijat kalian bisa datang ke klinik terapi fisik UNY yang berada di sebelah barat GOR UNY, untuk biaya kalian cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 70.000. Disana kalian akan dilayani oleh para terapis profesional. Klinik ini buka dari jam 08.00-15.00.

baca juga : Mengenal Lebih Jauh 4 Kampus UNY

3. Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling

Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling
pic : upt-lbk.uny.ac.id

Selain fasilitas kesehatan fisik,UNY juga memiliki fasilitas untuk kesehatan psikis. Yaitu UPT-LBK UNY (Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling) UNY. Buat kalian para mahasiswa UNY yang sedang galau masalah akademik,pribadi maupun keluarga kalian bisa mencurahkan isi hati kalian kepada para konselor yang ada di UPT-LBK ini, buka setiap hari senin-jumat dari pukul 09.00-13.00. Rahasia terjamin!

4. BPJS

bpjs jogja
pic : detik.com

Jika sakit nya lumayan parah ataupun parah dan kalian ingin memanfaatkan fasilitas dari pemerintah yaitu BPJS,berikut perjalanannya, kenapa perjalanan? Karena prosesnya memang lumayan panjang  :

  1. Datangi kantor BPJS center di Jalan Gedong Kuning no 130 A.Bagi yang sudah memiliki kartu Askes atau lainnya tapi berusia 21 atau lebih sebelumnya kalian bisa meminta surat keterangan masih kuliah dulu di bagian kemahasiswaan fakultas, syarat untuk medapatkan surat keterangan kuliah yaitu 1 lembar fotokopi spp terakhir dan 1 lembar fotokopi SK orang tua. Jangan lupa bawa kartu Askes,jamkesmas,jamkesda atau BPJS nya saat ke BPJS center beserta surat keterangan kuliah ,kalau usia kalian masih dibawah 21 tahun cukup membawa kartu nya saja.
  2. Saat di kantor BPJS kalian akan ditanya “ada yang bisa saya bantu?” kalian cukup jawab mau pindah domisili kartu mas/mba tapi sementara karena kuliah. Nah stelah itu kalian akan ditanya lagi “mau pakai dokter pribadi atau ke puskesmas untuk faskes tingkat 1 nya?” kalau ini pilihan kalian, kalau disekitar kos kalian terdapat praktek dokter umum yang menerima pelayanan BPJS silakan ambil itu,kalau tidak kalian bisa memilih ke puskesmas yang paling dekat kampus yaitu puskesmas Depok 3 atau puskesmas lain yang masih dalam lingkup kabupaten Sleman. Setelah itu kalian akan mendapatkan surat keterangan pindah domisili tersebut yang nantinya dapat kalian gunakan untuk berobat di dokter pribadi atau puskesmas,jangan lupa saat berobat ke puskesmas ataupun dokter pribadi kartunya dibawa!
  3. Jika ternyata kalian membutuhkan pengobatan lanjutan biasanya kalian akan dirujuk ke rumah sakit tipe B,untuk rumah sakit tipe B milik pemerintah ada RSUD Sleman dan RS Hardjolukito (lokasi googling saja ya )
  4. Dan jika ternyata pengobatan kalian membutuhkan pengobatan lanjutan lagi maka pihak rumah sakit tipe B akan merujuk ke rumah sakit tipe A yaitu RS Dr.Sardjito.

Sekian dulu ya, semoga langkah-langkah tadi dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam sehat untuk kita semua !

About Nisrina Iftikhar

Mahasiswi Pendidikan IPA UNY

Check Also

7 Tren Sepanjang Tahun 2015

Hey, enggak kerasa ya ini sudah di penghujung tahun. Yap, 2015 menyimpan begitu banyak cerita,kenangan …