UNY borong juara kontes robot HANDAYANI 2014 | UNY COMMUNITY
Friday , 19 October 2018
Home / Kabar Kampus / UNY borong juara kontes robot HANDAYANI 2014

UNY borong juara kontes robot HANDAYANI 2014

Universitas Negeri Yogyakarta baru-baru ini mengirimkan tiga tim untuk mengikuti kontes robot line follower tingkat nasional di Makassar. Perlombaan diselenggarakan oleh STIMIK Handayani Makassar pada 3–5 Desember 2014. Perlombaan bernama “Kontes Robot Handayani“ ada dalam rangkaian acara Musyawarah Nasional IV APTIKOM 2014 di Makassar. Lomba robot kali ini adalah lomba robot line follower pemadam api, yaitu adu kecepatan dalam berjalan mengikuti garis kemudian memadamkan api yang berada di garis finish.

Tiga tim yang terdiri dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika ini adalah tim Tirek HIMANIKA I (Agus Satrio dan Arif Rianto), TIREK HIMANIKA II (Oby Zamisyak dan Revan Prananda) serta TIREK HIMANIKA III (Agus Priyono dan Imron Ali). Persiapan dilakukan oleh ketiga tim sekitar dua minggu sebelum perlombaan. Persiapan yang matang membuahkan hasil yang membanggakan dari ketiga tim ini. Tim TIREK HIMANIKA II berhasil merebut juara I, tim TIREK HIMANIKA I menjadi juara II dan tim TIREK HIMANIKA III merebut juara Best Strategy.

10418149_870133266352906_4037041355629365729_n (1)

Baca Juga  Promnight Festival PPG SM-3T UNY Angkatan III

“Perlombaan kali menggunakan penyisihan dengan sistem gugur. Robot harus menjadi yang tercepat dan berhasil mematikan api di garis finis agar bisa menang dalam pertandingan,” ungkap Agus Satrio.
“Untuk mematikan api, kami memasangkan kipas di robot kami, dan kipas ini akan menyala setelah robot mendekati api yang sudah disediakan,” ujarnya.

Mengalahkan 27 tim dari beberapa daerah di Indonesia tidak kemudian tim robot UNY berpuas hati. Saat ini mereka terus belajar dan menyiapkan diri untuk mengikuti kompetisi robot di tingkat internasional. (meg)

Sumber : uny.ac.id

 

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

SEMINAR NASIONAL KEPEMUDAAN

BEM FIP UNY 2018 PROUDLY PRESENT: SEMINAR NASIONAL KEPEMUDAAN “Pemuda Prestatif Untuk Merealisasikan Indonesia Emas” …