Kabar Kampus

UNY borong piala Festival Paduan Suara Dunia di Hong Kong

Kelompok Paduan Suara Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memborong piala Festival Paduan Suara Remaja dan Anak-Anak se-Dunia (WYCCF) yang berlangsung di Hong Kong, pada 13-18 Juli 2019.

Pada babak bergengsi yang diikuti para juara masing-masing kategori, PSM UNY berhasil menjadi juara Grand Prix Winner Choir of the World 7th WYCFF, setelah mengungguli dua tim paduan suara dari Rusia dan China.

PSM UNY yang membawakan lagu berjudul Atsalums dari Latvia sukses memukau para juri dan penonton yang memadati Tsuen Wan Town Hall, Hong Kong, pada Rabu (17/7) waktu setempat.

Sebelum babak puncak, PSM UNY telah meraih empat piala, masing-masing dari kategori Paduan Suara Remaja Campuran, Folklore, Musical Connection Audience, dan Outstanding Conductor.

Baca Juga  Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Januari 2016

Mahasiswa pascasarjana UNY sekaligus pelatih PSM UNY Lukas GA Rakasiwi mendapat gelar konduktor terbaik pada ajang tersebut.

Kontingen UNY menuju Hong Kong beranggotakan 39 penyanyi, seorang konduktor, dan enam orang dosen, serta staf pendamping.

Dengan mengenakan kostum khas Nusa Tenggara, PSM UNY berkompetisi dengan tim paduan suara dari berbagai negara, seperti Filipina, Amerika Serikat, dan Kanada.

Sebelumnya, tim tersebut sempat mengalami kesulitan berlatih karena ruang hotel tempat mereka menginap selama di Hong Kong sangat terbatas. Konsulat Jenderal RI di Hong Kong lantas menyediakan tempat berlatih kepada mereka agar bisa melakukan mempersiapkan secara maksimal.

“Kami sangat berterima kasih kepada KJRI Hong Kong atas dukungannya yang telah memberikan bantuan tempat latihan,” kata dosen pembina UNY Pujiwiyana MPd.

Baca Juga  Mahasiswi UNY Harumkan Indonesia Di ASEAN University Games

Pelaksana Konsul Jenderal RI di Hong Kong Mandala S Purba turut bangga atas prestasi para mahasiswa UNY tersebut.

“Kami berharap pencapaian ini dapat memotivasi mereka agar terus prestasi pada masa-masa mendatang,” ujarnya kepada Antara di Beijing, Kamis.

PSM UNY telah mempersiapkan diri secara intensif selama enam bulan sebelum berlaga di Hong Kong. Selain lagu asing asal Latvia, PSM UNY turut membawakan lagu berjudul Benggong dari Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya, PSM UNY juga pernah meraih gelar juara dalam kompetisi paduan suara internasional di Bali dan Thailand pada 2017 dan 2018.

sumber : https://www.antaranews.com/berita/963616/uny-borong-piala-festival-paduan-suara-dunia-di-hong-kong

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X