UNY Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Nasional | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / UNY Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Nasional

UNY Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Nasional

Bondan Prakoso bersama Rizal Justian Setiawan, delegasi dari Universitas Negeri Yogyakarta pada Mawapres 2016, berhasil menyandingkan gelar Terbaik II Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional untuk program sarjana dan diploma. Persembahan spesial yang bertepatan dengan momentum perayaan hari kemerdekan Republik Indonesia ini merupakan prestasi dan rekor yang sangat membanggakan bagi keluarga besar Universitas Negeri Yogyakarta.

mapres uny

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional merupakan agenda tahunan dan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi. Tahun ini terpilih 16 finalis program sarjana dan 15 finalis program diploma, yang telah melalui perjalanan panjang, dimulai dari seleksi tingkat jurusan, fakultas, universitas, dan baru dinyatakan lolos sebagai finalis tingkat nasional. Seleksi administrasi berupa berkas nilai IPK dan piagam-piagam prestasi, tes bahasa inggris, tes psikologi, wawancara, serta seleksi karya tulis ilmiah merupakan rangkaian seleksi ketat yang harus dilalui oleh seluruh finalis.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Aransemen Musik dari Gelas Plastik

Bondan Prakoso, mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2012 kelahiran Sleman, 29 Desember 1993 ini merupakan Leader tim Garuda UNY Racing Team yang tentu namanya tidak asing lagi di Fakultas Teknik. Bondan yang pada September 2016 ini akan kembali berkompetisi di Student Formula Japan bersama Garuda UNY memiliki banyak prestasi skala Internasional sebagai modal untuk mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional Program Sarjana. Salah satu prestasi tersebut adalah Juara 1 Endurance Award Hybrid Vehicle pada Kompetisi mobil Formula Student class untuk seri Korea Selatan. Bondan maju dalam pemilihan Mawapres Nasional ini dengan karya tulis ilmiah yang berjudul “Model Penahan Kejut Untuk Meningkatkan Keselamatan Penumpang Mobil dari Kecelakaan”. Demi menggapai prestasi itu, ia bahkan rela menunda kelulusannya sebagai mahasiswa UNY, padahal semua persyaratan kelulusannya sudah siap. “Demi kepentingan bangsa dan negara saya memilih untuk menunda kelulusan saya,” tegasnya.

Baca Juga  Mahsiswa UNY Raih Juara Harapan 1 Dalam Mechamotion 2017

Adapun Rizal justian setiawan, mahasiswa prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik angkatan 2014 kelahiran Tenggarong, 26 Mei 1996 yang baru-baru ini berhasil mendapatkan Gold Medal pada ajang World Invention Innovation Contest(WICC) 2016 di Korea Selatan, maju ke pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional Program Diploma dengan bermodalkan segudang prestasi unggulan tingkat Internasional maupun Nasional, salah satunya adalah Juara 1 pada ajang International Engineering Invention Innovation Exhibition (I-ENVEX) 2016 di Malaysia. Pada seleksi karya tulis ilmiah, Rizal mengangkat judul “EF BOAT (ECO-FRIENDLY BOAT)”. Rizal yang merupakan putra daerah Kalimantan Timur ini bertekad akan terus melanjutkan prestasi di Akademik dan Non-akademik. (Rizal)

sumber : uny.ac.id

Baca Juga  516 Mahasiswa UNY Ikuti KKN Mandiri

About admin

UNY COMMUNITY – Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY – kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

SOUNDSELING Sound of Counseling

HIMA PPB FIP UNY proudly presents SOUNDSELING Sound of Counseling “Romantic Jazz in Harmony” *Special …