Kabar Kampus

UNY membuka Program Studi Program Profesi Insinyur

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuka Program Studi Program Profesi Insinyur (Prodi PS. PPI) Fakultas Teknik pada Selasa (5/12). Dari prodi ini diharapkan bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang diakui oleh Asean Chartered Professional Engineer (ACPE).

Ketua Prodi PS. PPI, Muhammad Ali mengatakan, berdasarkan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014, semua pekerjaan keinsinyuran mesti ditangani oleh insinyur profesional yang diakui oleh ACPE. Untuk mendapatkan pengakuan Persatuan Insinyur Indonesia (PPI), para Sarjana di jurusan Teknik, Pendidikan atau Pendidikan Teknik, Sains, maupun Teknik Terapan yang bekerja di bidang keinsinyuran harus lebih dulu mendapat gelar insinyur.

Para sarjana itu, sambungnya harus menempuh pendidikan di perguruan tinggi melalui Program Profesi Insinyur. “Target yang paling dekat tentu menginsinyurkan para profesional yang bekerja di bidang keteknikan agar mempunyai legalitas dalam bekerja,” katanya, Selasa (5/12).

Baca Juga  Ini Dia Prodi Paling Ketat Persaingannya di SNMPTN 2018 UNY

Dengan begitu, kualitas SDM bangsa ini, menurutnya bisa terus meningkat terutama untuk bersaing menghadapi era globalisasi. PS. PPI yang ada di UNY ini merupakan perguruan tinggi pertama di Yogyakarta. Pihak kampus juga telah menyiapkan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sehingga mampu mempercepat para profesional mempunyai pengalaman kerja bidang keteknikan. Selain itu, UNY juga telah bekerja sama dengan Persatuan Insinyur Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) dan industri terkait tempat praktiknya nanti.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa menambahkan, program ini juga bekerja sama dengan beberapa pengajar di berbagai kampus. Menurutnya, semua juga sudah sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Ciptakan Pereduksi Polutan Ramah Lingkungan

sumber : jawapos.com

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X