UNY Wisuda 1.905 Lulusan, 919 Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / UNY Wisuda 1.905 Lulusan, 919 Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude

UNY Wisuda 1.905 Lulusan, 919 Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude

Bulan Agustus menjadi bulan yang sakral bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang telah menyelesaikan studinya dan berhak untuk mengikuti wisuda. Penyelenggaran wisuda tepat pada 26 Agustus 2016 bertempat di GOR UNY. Seiring prestasi mahasiswa, dengan ucap syukur UNY juga telah meraih prestasi yang membanggakan. Berdasarkan pengumuman Menteri Ristek Dikti tanggal 17 Agustus 2017, dengan kriteria SDM, Kelembangaan, Penelitian dan Publikasi, dan Kegiatan Kemahasiswaan, UNY dinyatakan sebagai Perguruan Tinggi Cluster 1 (Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia bersama 14 Perguruan Tinggi Besar Indonesia). UNY menduduki peringkat ke 10 diantara 3.342 PT yang masuk pemeringkatan pada tahun 2017.

yutobe : UNY Official

Disampaikan oleh rektor pada saat sambutan pelaksanaan wisuda mengenai pentingnya sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Dalam era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) diingatkan kembali tentang persaingan tenaga kerja pada tingkat nasional, regional, dan internasional. Selain itu juga diingatkan mengenai keadaan pada abad ke-21 ini yang ditandai dengan terjadinya banyak perubahan di dunia yang saling berkaitan, yakni globalisasi dan perkembangan sains serta teknologi. Dalam hal paradigma ekonomi pun mengalami perubahan karena di era milenial baru ini penciptaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, sains, dan teknologi secara kreatif serta inovatif akan menjadi dasar terbentuknya suatu paradigma ekonomi baru yang disebut dengan KNOWLEDGE BASED ECONOMY. Karena itu semua pihak harus melakukan kontribusi nyata pada peningkatan produktivitas dan daya saing bangsa di masyarakat internasional, yang pada dasarnya refleksi dari upaya mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju, sejahtera, dan berdaya saing.

Baca Juga  Lilis Arilia Diajeng DIY 2016

Pada wisuda periode ini telah diwisuda sebanyak 1.905 mahasiswa dengan rincian sebagai berikut: 22 orang program Doktor (S3), 216 orang program Magister Pendidikan (S2), 1.412 orang S1 dan 255 orang program Diploma. Sebaran para wisudawan/wisudawati pada periode ini adapalah: PPs sebanyak 238 orang, FIP sebanyak 313 orang, FBS sebanyak 252 orang, FMIPA sebanyak 239 orang, FIS sebanyak 138 orang, FT sebanyak 338 orang, FIK sebanyak 123 orang, dan FE sebanyak 264 orang.

yutobe : UNY Official

Sungguh menakjubkan, dalam wisuda ini wisudawan yang meraih predikat Cumlaude sebanyak 919 orang, yakni mencapai 48,24% wisudawan. Wisudawan peraih Indeks Predikat Kumulatif tertinggi adalah: (1) Dr. Sadiman dengan IPK 3,98 Program Studi Ilmu Pendidikan S3, (2) Wiwit Pungki Ningrum, M.Pd dengan IPK 3,98 Pendidikan Kimia S2, (3) Fita Rahmawati, S.Pd dengan IPK 3,91 Pendidikan Biologi S1, (4) Sri Rahayuningsih, A.Md. Akt dengan IPK 3.85 Akutansi D3.

Baca Juga  Robot UNY Juarai KRI 2017

Sedangkan Lulusan Tercepat adalah (1) Dr. Herwin, IPK 3.81, Program Stud Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S3, 2 tahun 11 bulan, (2) Nur Khoiriyah, M.Pd IPK 3.84 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S2, (3) Desiani Pratiwi S.Pd, IPK 3,63 PGSD S1 3 tahun 11 bulan, dan (4) Dewi Rukmanasari A.Md. AKt, IPK 3,78 Program Studi Akutansi D3 selama 2 tahun 9 bulan.

Predikat Lulusan Termuda diraih oleh (1) Dr. Herwin IPK 3,81 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S3, usia 28 tahun 4 bulan, (2) Nur Lutfi Rizqa Herianingtyas, M.Pd IPK 3,91 Program Studi Pendidikan Dasar S2 usia 23 tahun 4 bulan, (3) Linda Ekawati S.Pd IPK 3,54 Pendidikan Luar BIasa S1 usia 20 tahun 10 bulan, dan (4) Jonny Hartend, A.Md.T, Teknik Boga D3, usia 20 tahun 1 bulan.

Baca Juga  WELTRON ; Wayang Elektronik Ciptaan Mahasiswa UNY

Dalam wisuda kali ini Rektor UNY berharap agar para wisudawan untuk terus belajar tidak henti setelah menyelesaikan pendidikan di Kampus UNY. Milikilah jiwa yang professional dan berkarakter, sehingga para wisudawan mampu berkontribusi untuk kepentingan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Selamat dan sukses! Teruslah berjuang dan tetaplah menjadi insan taqwa, mandiri, cendekia! Congratulation!

About Diah Ayu KW

Mahasiswa tingkat empat jurusan Manajemen Pendidikan yang mencoba peruntungan menjadi seorang penulis.

Check Also

Setelah Menjadi Mahasiswa Baru Masih Bingung Apa Yang Harus Dilakukan? Simak Tips Jitu Ini!

Setelah menempuh jenjang SMA tentu banyak dari para alumnus tersebut yang sekarang menyandang gelar sebagai …