Kabar KampusPrestasi

Usung Komik Aksimasa, UNY Raih Juara III Ajang Karya Tulis Ilmiah Nasional

Mengangkat Komik Akuntansi Masuk Desa (AKSIMASA) bagi optimalisasi penerapan standar akuntansi dana desa membawa dua mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta  (FE UNY), mahasiswa Program Studi Akuntansi S1 2014, Tegar Galang Anantha dan mahasiswa Program Studi Akuntansi S1 2013, Safira Alma Choirunisa menjadi Juara 3 dalam Accounting Writing Competition (AWC) dalam rangkaian 9thHasanuddin Accounting Days  (Hadays) di Universitas Hassanudin Makassar (11-15/2). Tahun ini 9th Hadays mengangkat tema `Penataan Dana Desa Menuju Transparansi dan Akuntabilitas dari Alokasi yang Adil dan Merata`, membawa kedua mahasiswa FE UNY untuk menuliskan gagasannya mengenai pentingnya sebuah standar bagi pelaporan dana desa dan upaya optimalisasinya melalui komik AKSIMASA di mana aparat desa akan lebih mudah mempelajari dan menerapkan standar akuntansi dana desa.

Baca Juga  516 Mahasiswa UNY Ikuti KKN Mandiri

Komik Akuntansi Masuk Desa

Setelah tahapan seleksi paper, diambil sepuluh besar finalis dan diundang ke Universitas Hassanudin untuk melakukan presentasi karya di hadapan kelima dewan juri. Adapun beberapa kampus yang masuk sebagai finalis yaitu Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Internasional Batam, Universitas Sebelas Maret, Politeknik Negeri Samarinda, dan yang lainnya.

Selain mengikuti tahap presentasi, para finalis juga mengikuti seminar nasional dan field trip di Kabupaten Bantaeng. “Yang menarik dalam acara ini adalah secara teori telah dibahas mengenai dana desa dalam presentasi paper dan seminar nasional, secara praktek dilakukan pada saat field trip dengan mengunjungi Desa Rappoa di Kabupaten Bantaeng,” ungkap Tegar.

Acara ditutup dengan jamuan makan malam dari pemerintah Kabupaten Bantaeng sambil menikmati keindahan Pantai Seruni. Dalam acara tersebut diumukan pula pemenang AWC 9th Hadays. Mahasiswa UNY berhasil meraih juara ketiga, juara pertama diraih oleh Universitas Katholik Widya Mandala, dan juara kedua diraih oleh Universitas Brawijaya.

Baca Juga  Kisah Ettikasari, Mahasiswi Pembuat Batu Bata Peraih Beasiswa Bidikmisi

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X