Yuk Belajar Broadcasting dan "Express Your Mind" Bersama Magenta Radio | UNY COMMUNITY
Thursday , 18 October 2018
Home / Pojok #UNYu / Yuk Belajar Broadcasting dan “Express Your Mind” Bersama Magenta Radio

Yuk Belajar Broadcasting dan “Express Your Mind” Bersama Magenta Radio

Kemampuan broadcasting tentunya perlu diasah agar public speaking dan pengetahuan tentang dunia broadcasting semakin mumpuni. Untuk mengasah ataupun belajar mengenai broadcasting terutama di bidang siaran radio, di Universitas Negeri Yogyakarta terdapat UKM yang bergerak di bidang broadcasting nih. UKM Magenta yang terkenal dengan slogannya yakni “Express Your Mind” bisa menjadi pilihanmu untuk berproses lho.

pic : instagram.com/shalzarfh/

Magenta merupakan salah satu UKM di Universitas Negeri Yogyakarta bergerak dalam dunia broadcast. Magenta berdiri pada tanggal 21 Juli 2002 dengan frekuensi 93,2 FM pada saat itu, sekarang berfrekuensi 107.9 FM. Sebagai sebuah stasiun radio komunitas di kampus Universitas Negeri Yogyakarta dan dikelola oleh mahasiswa, Magenta Radio menyajikan konten infomasi, hiburan, dan musik yang ditujukan untuk pendengar muda. Magenta telah melahirkan para penyiar-penyiar radio dan pembawa acara yang andal berbekal ilmu yang  didapat di Magenta. Sekre UKM Magenta Radio di Gedung Student Center Lt 3 Sayap Barat, Universitas Negeri Yogyakarta, Karangmalang, Sleman, DIY.

Baca Juga  Hanya Mahasiswa Penyiar Radio yang Merasakan Hal Ini
pic : instagram.com/jogjapainting/

Pendaftaran anggota baru di Magenta diadakan pada semester genap, yang bisa ikut mendaftar adalah mereka yang semester 2 dan semester 4. Ada tes tulis dan wawancara yang harus diikuti untuk bergabung di Magenta. Setelah dinyatakan lolos, anggota baru Magenta atau yang biasa dikenal dengan Calon Magenta Crews (CMC) harus menjalani training selama dua bulan. Jangan khawatir untuk mahasiswa yang belum mengetahui dunia kepenyiaran sama sekali, karena akan diajarkan dari nol saat training. Setelah rangkaian training selesai CMC akan mulai siar. Berawal dari menjadi produser terlebih dahulu, baru akan menjadi penyiar. Jadwal siaran biasanya akan disesuaikan dengan jadwal perkuliahan mahasiswa sehingga tidak mengganggu pembelajaran. Jadwal siaran Magenta biasanya setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Baca Juga  Untuk Mahasiswa Baru, Mengapa Ikut UKM Itu Perlu?

Jangan lupa untuk terus ikutin update dari Magenta ya bisa follow Instagramnya di @magenta.radio, twitter @magentaradio , line di @lho8793t, dan webnya di magentaradio.uny.ac.id, kamu juga bisa ikutin siaran Magenta dengan streaming di magentaradio.uny.ac.id/streaming/ . Semoga bermanfaat!

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

Hadiah Wisuda Anti Mainstream dengan Harga Terjangkau

Saat wisuda merupakan momen yang berkesan karena seseorang telah berhasil menyelesaikan studinya. Perjuangan menempuh kuliah …