Yuk hijrah jadi lebih baik dari sekarang | UNY COMMUNITY
Sunday , 18 November 2018
Home / Uncategorized / Yuk hijrah jadi lebih baik dari sekarang

Yuk hijrah jadi lebih baik dari sekarang

Hijrah berarti pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain guna mencari keselamatan diri dan mempertahankan aqidah. Nah, ada 3 step dalam berhijrah nih:

10174904_570940296341314_5288986280768487401_n

1. Hijrah Pemikiran
Hijrah ini modal utama. Dalam ilmu komunikasi kita harus memiliki pengetahuan dan informasi dari berbagai sumber, agar dapat melancarkan tujuan komunikasi yang sudah dirancang diawal. Yang harus digaris bawahi, tidak semua sumber harus disimpan dalam memori otak kita. Kita harus memfilter berbagai informasi yang bermanfaat agar kelak hidup kita selalu Allah berkahi. Perbanyak baca-baca buku yang dapat meningkatkan kualitas intelektual, emosional dan spiritual kita ke arah yang lebih baik lagi. Nah, kalau dulu kita males banget baca-baca buku mulai deh sedikit-dikit menjadikan itu habbit baru. Well, Jika dalam pikiran kita mampu membangkitkan energi positif, mudah dalam memecahkan masalah, tidak sulit mengerjakan tugas kampus lagi kaya dulu berarti kita juga sudah termasuk hijrah pemikiran lho.

Baca Juga  Jadwal Kereta Solo Jogja

2. Hijrah Perkataan
Step kedua ini tentu ada korelasinya sama yang pertama. Seseorang yang memiliki pemikiran yang hebat, tentu harus mampu berbicara baik dan tidak menyakiti orang lain. Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu Majah ‘berkatalah yang baik atau diamlah’. Tapi bukan berarti kita lebih memilih diam daripada harus berbicara salah. Kita ini sudah Allah anugerahi berbagai macam kemamampuan, keahlian dan keunikan agar terus digali dan dicari selama nyawa belum dicabut malaikat Izrail. Jadi tidak ada lagi alasan untuk takut menyiarkan hal-hal baik, tidak lagi malas untuk berdiskusi tentang ilmu-ilmu pengetahuan. Ayo! Allah mengajak kita terus bergerak setiap harinya, setiap hari yang penuh dengan cinta-Nya dan terus bergerak menuju ke hadapan-Nya karena sungguh setiap harinya umur kita terus bekurang. Jangan lagi pura-pura menutup mata tentang kematian yang sebenarnya terus mengintai kemanapun kita pergi.

Baca Juga  IKHLAS ITU

3. Hijrah Perbuatan
Kita sebagai manusia yang dibekali akal untuk berpikir dan hati untuk merasa tak pernah terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Dua komponen tersebut sangat berperan penting dalam menentukan perbuatan baik atau buruk yang akan direalisasikan. Untuk itu, dalam hal ini kita jangan hanya pandai berbicara tanpa membuktikannya dengan perbuatan. Sungguh setiap perkataan kita akan dipertanggungjawabkan dan Allah akan memvalidasi setiap ucapan yang terlontar. Dengan apa? Dengan memberikan ujian contoh kecilnya.

Bagi teman-teman yang dulunya enggan untuk melangkahkan kaki ke majelis ilmu, yuk niatkan dari sekarang untuk mendatangi tempat-tempat tersebut. Tidak hanya di kampus loh ya.. Pergi ketempat kursus, bergabung dengan komunitas yang bermanfaat, shalat 5 waktu di masjid dan masih banyak tempat yang lainnya yang bernilai ibadah dan berkah. Karena, di tempat tersebut sungguh ribuan malaikat turun dari langit dan ikut mendoakan doa-doa yang kita azzamkan. Mudah bukan?

Baca Juga  Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia

sumber : dakwatuna.com

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

SOCIOPHORIA #3

✨Dengan bahagia, Hima Pendidikan Sosiologi mempersembahkan✨ 🎷 SOCIOPHORIA #3 🎷 Dengan mengusung tema Story in …