intip JurusanPojok #UNYu

Yuk Kenali Lebih Dekat Tentang Program Studi PG PAUD UNY

Tidak terasa seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan segera dimulai. Tidak terkecuali UNY sebagai salah satu PTN di Yogyakarta yang menyediakan 3 jalur tes yang terdiri dari SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Di UNY yang memiliki tujuh fakultas terdiri atas Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ekonomi (FE), dan Fakultas Teknik.

Sebagai salah satu Universitas di Yogyakarta UNY merupakan kampus yang memiliki animo pendaftar yang banyak. Tentunya dari ketujuh fakultas memiliki jurusan yang bagus dan terkadang membuat calon mahasiswa baru atau lebih sering didengar dengan sebutan Maba menjadi bingung. Apalagi memilih jurusan yang akan ditempuh bukan merupakan hal yang main-main saja, sehingga Maba perlu untuk mempertimbangkannya dalam memilih keputusan.

pic : instagram.com/pgpaudauny2014/

Salah satu jurusan yang dapat dijadikan pilihan dan memiliki prospek kerja yang bagus adalah jurusan Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD yang berada di Fakultas Ilmu Pendidikan. Bukan Isapan jempol belaka, bahwa di jurusan ini telah memperoleh akreditasi A. Daripada bingung, yuk kenali lebih dekat tentang Prodi PG PAUD

  1. Arti Pendidikan Anak Usia Dini

Seperti dari namanya bahwa PAUD adalah pendidikan yang diberikan pada anak yang berada di usia dini atau usia 0-6 Tahun. Secara lebih lanjut telah di jelaskan pada Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 14 Ayat 1 bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang diberikan sejak anak lahir sampai dengan usia enam tahun. Pada rentang tersebut tentunya para mahasiswa jurusan PG PAUD ini diajarkan bagaimana mendidik anak dan menstimulasi tumbuh kembang anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

  1. Mempelajari Banyak Hal
pic : instagram.com/pgpaud_uny/

Pasti sudah lekat terdengar di masyarakat bahwa kuliah di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hanya mempelajari tentang bernyanyi dan berteput. Eitss.. jangan salah, bahwa stigma tersebut dapat dipatahkan dengan adanya fakta bahwa di Prodi PG PAUD kamu akan mempelajari banyak hal. Tidak hanya sebatas kemampuan bernyanyi dan bertepuk saja. Akan tetapi yang dipelajari di PG PAUD adalah bagaimana mendidik dan menstimulasi perkembangan anak. Tidak hanya itu saja bahkan di jurusan PG PAUD juga mempelajari tentang psikologi anak, gizi untuk anak, permainan tradisional, pendidikan dalam keluarga, mempelajari seni untuk anak. Bahkan mahasiswa PG PAUD diajari untuk dapat memiliki kemampuan yang multitalenta untuk dapat mengajar secara baik. Selain kegiatan perkuliahan juga terdapat kegiatan workshop untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam belajar di PG PAUD.

  1. Memperoleh Akreditasi A

Faktanya PG PAUD UNY adalah prodi yang sudah memperoleh Akreditasi A. Hal ini menunjukkan bahwa prodi ini telah mencapai perolehan yang bagus. Terutama PG PAUD UNY adalah satu-satunya prodi PG PAUD yang mendapatkan akreditasi PG PAUD. Hal ini dikarenakan perolehannya yang sudah banyak dan dapat diacungi jempol.

  1. Fasilitas PG PAUD UNY

Fasilitas prodi PG PAUD juga semakin bertambah. Terutama pada tahun 2018 telah berdiri gedung Laboraterium Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar yang terletak di Fakultas Ilmu Pendidikan Karangmalang Yogyakarta. Laboraterium ini terdapat berbagai Alat Permainan Edukatif (APE). Adanya laboraterium PG PAUD ini tentunya diharapkan mampu membawa angin segar untuk mahasiswanya belajar secara aktif.

  1. Mitra PG PAUD UNY yang Banyak
pic : instagram.com/unyofficial/

Sebagai salah satu jurusan yang bagus di PG PAUD UNY telah menjalin mitra kerja yang banyak dengan PAUD/TK yang berada di Yogyakarta. Seperti halnya pada tahun 2018 PG PAUD UNY dipercayai untuk menjalin kerjasama dengan 10 TK di kelurahan Caturtunggal untuk melatih menari yang kemudian di pentaskan di Balai Desa Caturtunggal. Selain itu, mitra kerja PG PAUD UNY juga seperti sekolah untuk Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Bentuk kerjasama lain adalah PG PAUD UNY adalah adanya wayang bocah yang terdiri dari anak-anak yang memainkannya

  1. Prospek Kerja PG PAUD

Prospek kerja dari Prodi PG PAUD dikatakan juga bagus. Tidak hanya dapat bekerja sebagai guru, tetapi juga dapat menjadi konsultan PAUD. Terlebih lagi sekarang ini terdiri dari banyak lembaga PAUD yang di buka mulai dari baby day care, kelompok bermain, dan Taman Kanak-Kanak yang dibuka sehingga prospek kerja dari Prodi ini bagus.

Baca Juga  7 Tren Sepanjang Tahun 2015

Itulah beberapa penjelasan untuk mengenal lebih dekat tentang PG PAUD

Zidni Khasanah

Mahasiswi Prodi PG PAUD yang kebetulan suka jadi teman main anak kecil dan penyuka dunia kepenulisan. 😄 | Blog: http://zidni24.blogspot.com

Related Articles

Back to top button
Close
X