Mahasiswa BangetPojok #UNYu

10 Jajanan Yang Wajib Ada Saat Danusan!

Halo sobat UNYu! Kali ini kita mau bahas tentang salah satu kegiatan memorable selama kuliah, yakni kepanitiaan dan danusan. Kepanitiaan merupakan sekelompok orang yang ditunjuk, dipilih, maupun sukarela untuk mengurus sebuah acara atau kegiatan. Pada sebuah kepanitiaan terdiri atas beberapa sie, tentunya ada pengurus inti, sie acara, sie humas, sie keamanan, sie dokumentasi dan dekorasi, sie dana usaha, dan sesuai dengan kebutuhan acara atau kegiatan lainnya. Seluruh sie memiliki peran masing-masing dalam menyelenggarakan sebuah acara atau kegiatan, akan tetapi lain lagi dengan sie dana usaha atau lebih akrab disingkat danus. Sie yang satu ini merupakan bahan bakar dalam sebuah kepanitiaan. Tugasnya? Nyari cuan untuk kegiatan.

Fyi, nggak semua acara atau kegiatan mahasiswa itu didanai oleh kampus. Guna menyokong perihal dana untuk acara atau kegiatan, eksistensi sie danus ini harus dipertahankan. Kegiatannya sie danus ngapain? Ya, danusan. Danusan adalah salah satu kegiatan wajib bagi sie dana usaha dalam sebuah kepanitiaan. Danusan ngapain aja? Cari sponsor, buka paid promote, jualan merchandise, dan jualan jajan. Yup, yang terakhir nih wajib, bakal aneh banget danusan nggak jualan jajan hehehe. Nah, sekarang kita bakal sebutin nih jajanan apa aja yang wajib hadir dan dibeli saat danusan. Kali aja bisa jadi referensi tambahan buat danusan jajan besok-besok hehehe…

  1. Risol Mayo

Berdasarkan riset nih, ciaaa riset ala-ala. Menurut Nona, mahasiswi KP 2018, risol mayo adalah The Lord of Danus. Sejalan dengan itu, Yoga, teman si Nona, mengatakan bahwa risol mayo nomor satu dan cukup trending di seluruh Indonesia. Jangan bilang ada yang belum tahu risol mayo itu seperti apa -_- Risol mayo terdiri dari kulit risol yang diisi dengan telur, smoked beef, selada keriting, dan mayones, kemudian dibalur dengan tepung panir, lalu dogoreng. Isian risol mayo macam-macam sih, tergantung harga. Biasanya ditambahkan saos atau cabe biar ada pedas-pedasnya.

  1. Tahu Bakso

Jajan yang satu ini salah satu yang harus ada gitu pas danusan, kalo nggak ada pasti ditanyain. Tahu bakso nih 2 in 1 yang rasanya naknan, makan 2 biji aja kenyang. Makanan khas Ungaran ini terdiri dari tahu goreng diisi dengan adonan bakso, lalu dikukus. Ada yang digoreng lagi, ada yang digoreng lagi pakai telur, ada yang dibiarkan polosan begitu saja. Cabe rawit hijau adalah bestie si tahu bakso ini.

  1. Donat
Baca Juga  Mengenal Prodi Program Profesi Insinyur FT UNY

Donat udah nggak asing lah ya, jajanan bulat dan manis ini ada dimana-mana dan beragam pula macamnya. Mulai yang tengahnya berlubang atau bulat berisi selai, sampai yang dibaluri cokelat atau gula putih. Donat nggak ada matinya sih kalo buat danusan. Satu biji aja cukup buat ganjal perut mahasiswa yang belum sarapan tapi udah dikejar kelas pagi.

  1. Pisang Cokelat

Nah yang satu ini nih, kadang ada kadang nggak ada. Kalo ada suka cepet banget habisnya. Pisang cokelat atau akrab disapa piscok ini padahal cuma pisang dikasih cairan cokelat (bisa cokelat leleh atau susu kental manis rasa cokelat) terus dibungkus pakai kulit yang mirip kulit lumpia atau pangsit gitu. Tapi rasanya itu lho bisa klop, enak, dan kalau makan satu tuh kurang. Apalagi kalau piscoknya kurus kering kerontang, piscok gendut aja minimal dua, apalagi piscok kurus kayaknya harus lima.

  1. Bakpao

Bakpao danusan tuh tipe-tipe bakpao tradisional yang nggak macem-macem isiannya. Kalo nggak isi cokelat ya isi kacang manis gitu. Nah yang paling nyenengin dari bakpao danusan tuh warnanya hijau atau ungu. Biasanya sih kalo nggak dari pewarna makanan, ya asli dari daun pandan atau ubi ungu. Tekstur bakpaonya juga jangan disamakan dengan bakpao keliling juga. Agak beda sih, bakpao danusan nggak seempuk dan selembut bakpaonya penjual keliling.

  1. Flying Snack

Kenapa disebutnya flying snack? Karena snack kiloan di Jogja disebutnya snack terbang. Ada yang tau kenapa jajan ringan kiloan itu disebut snack terbang? Apa karena sangat ringan atau gimana, dm unycommunity ya! Jadi jajan ringan kiloan ini biasanya dibeli berapa kilo gitu, lalu dibungkusin sendiri, dan dijual kembali dengan harga mahasiswa. Jajannya berbagai macam, mulai dari jenis kerupuk, keripik, makaroni, biskuit, rasa pedas, rasa asin, rasa manis, berbagai macam deh pokoknya. Cocok banget buat nugas sambil ngemil flying snack danusan ini.

  1. Gorengan
Baca Juga  Setelah Menjadi Mahasiswa Baru Masih Bingung Apa Yang Harus Dilakukan? Simak Tips Jitu Ini!

Kalo yang satu ini kadang ada, kadang nggak ada, kadang juga kayak takut nyaingin kantin. Kalo ada pun macemnya nggak banyak sih, paling tahu isi, bakwan, mendoan, atau lumpia. Ya tipikal gorengan pada umumnya juga sih.

  1. Kue Tradisional

Senasib dengan gorengan, kue tradisional juga kadang ada, kadang nggak ada, kadang juga kayak takut nyaingin kantin. Biasanya yang dijual buat danusan tuh kue tradisional yang nggak bakal basi seharian, kayak onde-onde,

  1. Beragam Nasi

Biasanya sih kalo danusan nasi nih titipan gitu, entah ibu atau kakaknya siapa gitu nitip, nanti yang menjual bisa ambil untung dikit-dikit. Nasinya kadang dibungkus atau diplastik mika, jenisnya juga macam-macam. Ada nasi goreng, nasi kuning, nasi rames, atau nasi kucing. Biasanya sih kalau jual nasi gini ada partner setianya nasi-nasi danusan, tidak lain yakni sate-satean sebagai lauk. Ada sate usus, sate kerang, sate ati ampela, atau sate kulit. Penyelamat banget sih danusan kalo ada nasi gini, misal ya kuliah di lantai paling atas pun kalo ada yang danusan gini, gak akan kelaparan deh.

  1. Es Teh & Es Jeruk

Nah, danusan kalo udah mengeluarkan es teh dan es jeruk, biasanya lagi ada event outdoor di sekitar kampus nih. Entah lagi ada wisuda, konser, atau sunmor (halo mahasiswa Jogja, apakah tidak rindu sunmor?) Untungnya lumayan juga lho jual es teh dan es jeruk gini, tapi ya capeknya itu lumayan juga hehehe. Sangat membantu banget sih, apalagi pas panas-panasnya, mau ke minimarket buat nyari minum juga rada ribet kan ya? Danusan es teh dan es jeruk menyelamatkanmu dari dehidrasi!

Itulah 10 jajanan wajib buat danusan mahasiswa. Gimana? Ngiler? Lagi kuliah daring gini apakah tidak rindu jajanan penyelamat perutmu itu? Semoga segera kuliah tatap muka lagi ya, biar sie danus bisa menambah pundi-pundi cuan kepanitiaan ataupun organisasi hehehe…

Related Articles

Back to top button
Close
X