Pojok #UNYu

4 Jurusan yang Cocok untuk Anak Bahasa

Menjadi orang yang belajar di bidang bahasa itu sangat menyenangkan. Karena dengan bahasa kita bisa menguasai dunia. Itu adalah slogan yang tepat bagi anak-anak yang bangga dan berbahagia karena belajar di bidang bahasa. Di Indonesia, ada banyak sekali ragam bahasa, tapi bahasa Indonesia yang menjadi bahasa pemersatu.

Nah, tentu ada beberapa sekolah menengah atas yang memiliki jurusan bahasa. Meskipun masih belum banyak, karena rata-rata sekolah menengah atas itu memiliki jurusan IPA dan IPS. Namun, dari beberapa kawan yang mendapati belajar di jurusan bahasa saat sekolah menengah ternyata masih sering kebingungan untuk melanjutkan program ke jenjang perguruan tinggi. Berikut akan saya berikan 4 jurusan yang tepat untuk lulusan bahasa.

#1 Sastra dan Bahasa

Jurusan yang satu ini sudah sangat populer dan kini memiliki peminat yang cukup banyak. Banyak anak-anak dari jurusan bahasa di sekolah menengah atas melanjutkan di program studi tersebut. Adapun pilihan yang bisa dipilih yaitu Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Arab, Sastra Mandarin, dll. Hal itu akan memberikan akses yang sangat baik bagi yang memilih program studi sastra dan bahasa. Tentu suatu pilihan yang berkelanjutan dengan peminatan yang diambil di sekolah menengah atas.

Baca Juga  10 Fakta Tentang Kampus UNY

#2 Ilmu Komunikasi

Salah satu program studi yang satu ini memang banyak sekali peminat dan tentunya untuk mendapatkan kursi lumayan sulit. Namun, bagi anak-anak bahasa jurusan yang satu ini sangat direkomendasikan. Adapun jurusan yang satu ini memiliki prospek ke depan yang sangat baik dan akan selalu berkaitan dengan bahasa.

#3 Sosiologi

Jurusan yang berorientasi kepada sosial atau lebih kepada ke masyarakat. Tentang bagaimana hidup di tengah masyarakat. Tentu dengan bekal bahasa yang ditambah mempelajari ilmu sosiologi ini akan sangat membantu. Misal, seorang yang hidup di lingkungan yang asing dan baru pertama kali, ia tentu akan mempelajari bahasa yang ada di tempat tersebut dan mulai mengenali kehidupan sosial masyarakat tersebut bukan? Nah, maka jurusan yang satu ini juga sangat direkomendasikan.

Baca Juga  Pelatihan Dasar Jurnalistik, Desain, Dan Sosial Media Untuk Kontributor Baru UNY Community

#4 Pariwisata

Jurusan yang agaknya masih sepi peminat, tapi agaknya juga menyenangkan. Mengapa demikian? Tentu saja karena lebih sering untuk lulusan jurusan pariwisata nantinya akan memandu atau menjadi tour guide. Dalam memandu, tentu akan bertemu berbagai orang dengan berbagai bahasa dan kebudayaan. Maka, mengusai bahasa sangat membantu dalam jurusan yang satu ini.

Nah, dari keempat jurusan tersebut adalah yang direkomendasikan bagi anak yang sudah menempuh jurusan bahasa di sekolah menengah pertama. Adapun, teman-teman yang masih bingung bisa mencari tahu lebih jauh lagi mengenai jurusan tersebut. Karena di dalam artikel ini hanya dituliskan garis besar saja mengenai jurusan tersebut. Semoga dapat membantu.

Related Articles

Back to top button
X