Mahasiswa BangetPojok #UNYu

5 Hal Yang Harus Mahasiswa Baru Lakukan!

Kamu saat ini adalah mahasiswa baru? Atau akan menjadi seorang mahasiswa baru? Selamat ya! sebentar lagi kamu akan memasuki dunia baru yang tentunya akan berbeda dengan dunia yang selama ini kamu jalani. Kamu akan dituntut untuk lebih open minded dan lebih dewasa dari sebelumnya. Namun, tak perlu risau karena semua itu akan berjalan dengan sendirinya saat kamu memasuki masa itu.

Menjadi seorang mahasiswa adalah idaman banyak orang. Masih banyak anak-anak di Indonesia ini yang bahkan tidak bisa merasakan nikmatnya dunia sekolah apalagi sampai menikmati bangku perkuliahan. So, kalian harus sangat bersyukur ya! tidak semua orang bisa menjadi apa yang kalian rasakan saat ini.

Memasuki suasana baru menjadi seorang mahasiswa di bangku perkuliahan tentu akan menghadirkan atmosfer yang berbeda. Adaptasi adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh kamu, mahasiswa baru! Lalu, kir-kira adaptasi apa saja ya yang cocok dan harus dilakukan oleh para mahasiswa baru? Simak tips berikut ini!

  1. Cari Relasi Sebanyak Mungkin

Menjadi orang baru di lingkungan baru pasti akan banyak bertemu orang orang baru. Meskipun kamu disini adalah orang yang introvert, berusahalah untuk keluar dari zona nyaman kamu. Mulailah pembicaraan dengan orang lain. Sapalah dia dan tanyakan siapa namanya. Pada masa-masa awal ini, semua orang kemungkinan besar akan merespon sapaan kamu dengan baik karena memang dalam masa yang sama-sama baru. Carilah kenalan sebanyak-banyaknya.

  1. Jangan Mager, Ikutlah Organisasi
Baca Juga  Daya Tampung dan Peminat SBMPTN Universitas Negeri Yogyakarta 2019

Menjadi seorang mahasiswa tapi enggan berorganisasi? Rugi besar. Menjadi mahasiswa yang aktif organisasi bukan berarti menjadikan kamu akan fokus saja dengan organisasi dan tidak memperdulikan perkuliahan kamu. Kamu harus tetap memprioritaskan kuliah kamu karena memang tujua  awal dan tujuan utama kamu berada di perkuliahan adalah untuk menyelesaikan studi yang telah kamu pilih dan kamu perjuangkan sebelumnya. Namun, dengan adanya organisasi, skill baru dan pengetahuan akan kamu dapatkan dan pengetahuan dalam organisasi ini tidak bisa kamu dapatkan dalam bangku perkuliahan. Berani berbicara, mengeluarkan pendapat, bertanggung jawab, itu semua akan terasah jika kamu bisa menjadi bagian dari organisasi. Banyak sekali jenis organisasi yang ada di kampus, semua tergantung minat dan selera kamu saja. Selain itu, dengan mengikuti organisasi, relasi kamu secara tidak langsung akan meluas. Kamu akan banyak mengenal orang. Inilah yang menjadi salah satu hal penting yang harus kamu lalui, banyak mengenal orang!

  1. Jalin Hubungan yang Baik Dengan Senior

 Mencari tahu lebih dalam tentang senior senior di kampus akan banyak memberi keuntungan bagi kamu. Semakin banyak senior yang kamu kenal, maka akan semakin banyak informasi yang kamu dapatkan. Apa maksudnya? Kamu bisa nih bertanya-tanya kepada senior tentang suatu mata kuliah, tips perkuliahan, dll. Semakin banyak pula kamu mengenal senior, kamu akan selangkah lebih maju daripada teman teman kamu lho! Jadi jangan malu untuk berkenalan dan saling menyapa ya! Namun, jangan lupa tetap gunakan sopan santun yang baik ya.

  1. Bersikap dan Berperilakulah yang Baik
Baca Juga  Rangkaian Agenda Dies Natalis ke 55 UNY

Murah senyum, ramah terhadap orang lain, menghargai orang lain adalah kiat-kiat kamu bisa disukai banyak orang. Teman, senior bahkan dosen akan senang jika kamu terus mempraktikkan hal demikian. Tak perlu malu, jika apa yang kamu lakukan itu baik, untuk apa malu?

  1. Serius Dalam Belajar

Jangan mentang-mentang kamu masih semester awal, kamu bisa seenaknya dan berleha-leha dalam perkuliahan. Jangan terlena dengan hal-hal menyenangkan yang ada. Kamu harus tetap fokus belajar dan berkuliah. Justru jadikan semester-semester awal ini menjadi masa untuk bisa meraih IP yang tinggi, bahkan kalau bisa 4.00 sempurna! Sebab, semakin banyaknya semester yang kamu jalani kedepan, tentu mata kuliah yang diajarkan pasti akan semakin sulit. Disemester awal lah kalian bisa menggunakan siasat untuk memaksimalkannya. Rajinlah belajar, responlah dosen dengan baik ketika perkuliahan berlangsung. Dan beranilah berbicara! Dosen akan mengingat kamu jika kamu bisa menjadi mahasiswa yang rajin dan aktif. Ketika dosen sudah senang dan ingat dengan kamu, maka bukan tidak mungkin akan berpengaruh dengan baiknya nilaimu di mata kuliah tersebut.

 Itulah beberapa hal yang jangan sampai kamu tinggalkan ketika menyandang sebagai seorang mahasiswa baru! Selamat datang di dunia yang penuh perjuangan! Semangat belajar dan berproses!

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X