Pojok #UNYuTips

5 Jurus Antigalau Untuk Pejuang Skripsi sampai Calon Freshgraduate; Patut Dicoba Sebelum Wisuda Tiba !

Musim tahun ajaran baru terus berganti. Sedangkan pada tiap sisi masih banyak yang sedang bekerja keras berpacu dengan jangka waktu studi. Tidak mengherankan jika rasa gelisah sekaligus kebingungan menjadi satu. Ingin segera lulus studi tepat waktu namun juga belum sepenuhnya rela menghapus status mahasiswa. Belum lagi, setelah lulus akan kemana lagi langkah kaki harus berjalan jauh lagi ?

Harap tenang, kali ini tim redaksi  menyajikan tulisan spesial sebagai RUANG KHUSUS untuk para PEJUANG TANGGUH yang sebentar lagi akan lulus !

Berikut ini, ada 5 Jurus Antigalau untuk menyongsong masa –masa sebelum lulus studi, para calon FRESHGRADUATE wajib catat !

  1. Jurus Pertama ; Tata dan Atur Energi

Para pejuang skripsi pasti can relate bagaimana suka-dukanya tugas akhir. Responden yang belum terkumpul, dosbing yang ‘kadang’ hilang, hingga revisi yang tiada akhir. Namun, mau tidak mau dikarenakan tugas akhir merupakan salah satu tugas yang wajib dituntaskan maka tidak ada jalan lain selain dikerjakan serta rajin berkonsultasi dengan dosbing, senior, atau belajar mandiri. Nah, agar tidak kehilangan arah para calon freshgraduate harus mencoba mentata dan mengatur energi agar dapat menuntaskan tugas ini secara tepat, terarah dan maksimal.Berikut ini beberapa tips mentata dan mengatur energi dari tim redaksi :

  1. Kenali tipe belajar
  2. Buatlah to do list kegiatan harian
  3. Buatlah jadwal rutin untuk mereview dan bimbingan dengan dosen
  4. Luangkanlah waktu 1-2 jam sebagai WAKTU BEBAS untuk merecharge energi sehingga dapat mengurangi gejala stress, burnout, hingga
  5. Jurus Kedua ; Kenali dan Bentuk Ekspetasi

Sebagai seorang pejuang skripsi yang sebentar lagi akan lulus, maka setidak-tidaknya akan menyandang dua gelar baru dibelakang namanya. Gelar yang pertama adalah gelar sesuai jurusan studi yang diambil untuk kemudian disusul “embel-embel” sebagai FRESHGRADUATE. Sebelum nantinya menghadapi dan menjalani masa yang juga sama beratnya ini, latih diri sendiri untuk mengenali apa dan bagaimana bentuk ekspetasi serta harapan pada alur kehidupan. Meski, 100 % akan terwujud namun dengan cara melatih mengenali ekspetasi diri sedari dini, harapannya meski diterjang cobaan dan rintangan tidak akan menggoyahkan langkah dan semangat.

Baca Juga  Antara Penerus dan Pembaru

Ingatlah, beberapa anak terlahir beruntung dibesarkan di tengah keluarga yang berkecukupan materi. Kemudian, sebagian lainnya LEBIH BERUNTUNG diberi hati dan tulang yang kuat untuk BERUSAHA SENDIRI.

  1. Jurus Ketiga ; Segera Selesaikan Skripsi

Pernah mendengar pepatah kalau skripsi yang bagus adalah skripsi yang selesai ?

Nah, betul sekali agar semakin dekat dengan momentum wisuda sampai makan malam spesial bareng keluarga sebagai acara syukuran, yuk segera kembali buka draft skripsi kita. Ingatlah bahwa tidak pernah ada waktu terlambat untuk bimbingan, menghubungi responden juga mereview jurnal. Yang ada adalah kita belum mengerjakannya.

Apakah skripsi akan berpengaruh selepas wisuda ?

Jawabannya, adalah 90 % IYA. Karena pada kebanyakan kasus, biasanya para recruiter akan menilai seberapa besar motivasi serta nilai keteladanan kita dari sebuah skripsi. So, bagi para pejuang skripsi dan freshgraduate jangan sampai lengah dengan tidak memaksimalkan tugas akhir ini ya !

  1. Jurus Keempat ; Pelajari Potensi Diri untuk mengisi CV

Setelah rutin menyicil skripsi, belajar mengatur energi ,mengenali jenis ekspetasi versi diri sendiri jurus selanjutnya adalah MEMPELAJARI POTENSI DIRI. Dengan mempelajari potensi diri berarti sama saja dengan kita menyiapkan langkah lebih awal menuju dunia kerja. Ada macam-macam jenis potensi diri, mulai dari hardskill hingga softskills. Dan beruntungnya, dengan semakin majunya perkembangan zaman kita juga makin leluasa belajar banyak hal positif tiap harinya. Berikut ini Ilustrasinya:

—–Sabrina adalah calon lulusan Jurusan Pendidikan Masyarakat- Hardskill : Ilmu Kemasyarakat dan Pelayanan Sosial  –Softskill : Kemampuan Public Speaking – untuk mengisi CV ikut pelatihan serta sertifikasi public speaking di Skill Academy.—–

Baca Juga  Mau Presentasi di Gmeet Masih Bingung?? Ini Dia Cara Mudah Mengunakan Google Meet

—Andri adalah calon lulusan jurusan Informatika –Hardskill : Ilmu Coding –Softskills : Kemampuan analisis yang tajam –untuk mengisi CV ikut magang Data Scientist di Perusahaan Startup JALA—

Dengan belajar mengenali dan memaksimalkan gabungan minat , cita-cita, serta kemauan berbakti kepada almamater serta kemajuan bangsa, kamu sudah 1 LANGKAH LEBIH MAJU !

  1. Terakhir ; Tulis 100 cita-cita setelah lulus dengan doa yang tulus

Sebagai langkah penguat, jangan lupa ibadah . Karena dengan dekat bersama Sang Pencipta, segala kerisauan kita yang beragam wujud akan dibantu perlahan-lahan.

Untuk penyemangat serta langkah ancang-ancang, teman-teman juga dapat menuliskan 10-100 cita-cita atau hal-hal yang ingin dilakukan pasca lulus. Harapannya, tulisan ini nantinya akan menjadi penyemangat untuk berjuang terus ! Semangat ! Ganbattene !

Sebagai kilas balik, berikut ini 10 tips lain yang didedikasikan khusus oleh tim redaksi untuk para pejuang di luar sana !

  1. Terus pelajari kemauan-minat-serta potensi diri
  2. Hubungi kembali teman akrab-teman lama-teman rantau untuk merefresh jaringan relasi sekaligus silahturahmi
  3. Jika berkenan dan bisa membagi waktu- cobalah 1 kegiatan magang sebelum resmi lulus.
  4. Kumpulkan kembali informasi lembaga kerja yang diminati serta relevan dengan program studi
  5. Jika berkenan dan berminat, terus upgrade softskills masa kini seperti fundraising, copywriting, design, videografer, pelayanan sosial hingga data scientist.
  6. Atur dan mulai tabunglah sebagian uang jajan untuk kondisi darurat
  7. Sharing dan mentoring dengan 2-5 senior, bebas baik masa kuliah atau ahli lain yang relevan dengan minat serta kemauan.
  8. Sisipkan waktu family time sesibuk apapun mengerjakan skripsi dan magang atau kegiatan lainnya.
  9. Cobalah buat 1 resume, 1 motibation letter, 1 CV, 1 akun linkedin PERTAMAMU !
  10. Terakhir, kumpulkan –pelajari- dan terus perbanyak portofoliomu !

Selamat mencoba  !

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
X