Pojok #UNYuUNY Banget

5 Rekomendasi Tempat Berburu Takjil Gratis di Jogja!

Halo, Sobat UNYu!

Sebelumnya, penulis ingin mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadan. Semoga kita bisa sama-sama melatih lahir dan batin kita agar lebih kuat menahan godaan di bulan yang penuh keberkahan ini.

Sumber: https://pixabay.com/photos/meals-iftar-futoor-dishes-lunch-7122288/

Anyway, mahasiswa yang notabene anak rantau pasti punya hobi baru di Ramadan ini. Yap, berburu takjil gratis. Di mana ada tempat yang menyediakan takjil gratis, di situlah pasti banyak mahasiswa berdatangan.

Eits, jangan salah sangka dulu. Boleh boleh saja lo berburu takjil gratis karena memang di bulan ini pasti banyak orang yang ingin berdonasi dan beramal baik dengan menyalurkan makanan gratis bagi umat muslim yang berpuasa. Dalam sebuah hadis sahih bahkan menyebutkan jika siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. Luar biasa sekali ya balasannya. Namun, akan lebih baik kalau perginya berburu takjil diimbangi dengan semangat untuk salat berjamaah di masjid/musala, menjalin silaturahim dengan orang lain, atau mencari ilmu dengan ikut kajian apabila di tempat tersebut mengadakan sebuah kajian menjelang berbuka. Keren kan kalau kita dapat pahala dobel dobel.

Kira-kira apakah Sobat UNYu sudah tahu referensi tempat di Jogja yang menyediakan takjil gratis? Apa kalian sebenarnya sudah ada yang tahu tetapi hanya satu atau dua tempat saja? Yuk, simak saja artikel ini sampai habis. Ada 5 rekomendasi tempat untuk berburu takjil gratis.

  1. Masjid Mujahidin UNY (IG: @masmujauny)
Baca Juga  Dear Maba, 6 Tips Ini Akan Membuatmu Cepat Beradaptasi Di Kampus┬áBaru!
Sumber: galeri.uny.ac.id

Tempat pertama adalah masjid kampus UNY tercinta, Masjid Mujahidin. Setiap tahun masjid ini selalu menyediakan menu takjil gratis untuk mahasiswa dan kalangan umum. Gimana cara dapatnya? Silakan datang langsung ke Masmuja lantai 1 dan mengikuti kajian jelang berbuka puasa. Jangan lupa mengisi presensi juga ya.

  1. Masjid Kampus UGM (IG: @masjidkampusugm)
Sumber: dejogjaadventure.com

Yap, tempat kedua adalah masjid kampus tetangga, Maskam UGM. Tempat ini juga selalu menyediakan takjil gratis untuk mahasiswa dan kalangan umum. Ada kupon yang disediakan sebagai syarat mengambil takjil. Oiya, karena banyaknya animo yang sering datang ke tempat ini, pastikan kalian jangan datang terlambat. Kupon yang disediakan tentunya terbatas. Oiya, ada hal menarik nih dari Maskam UGM. Di sini kalian juga bisa mengikuti agenda Public Lecture yang diadakan selepas salat tarawih dengan pembicara yang keren-keren. Biasanya ada tokoh pejabat daerah, rector UGM, kepala organisasi, ulama yang dikenal secara nasional, hingga tokoh lainnya yang tak kalah inspiratif.

  1. Masjid Nurul Ashri Deresan (IG: @masjidnurulashri)
Sumber: academicindonesia.com

Selanjutnya ialah Masjid Nurul Ashri yang berlokasi di Deresan (dari FT UNY ke utara sekitar 5 menit). Masjid ini juga tak kalah ramai ketika menjelang berbuka. Ada takjil gratis yang disediakan untuk semua kalangan. Selain itu, ada juga kajian jelang berbuka yang bisa diikuti oleh setiap jamaah. Karena menggunakan sistem kupon dan presensi, jangan lupa untuk datang dengan tertib dan jangan terlalu mepet magrib, ya.

Baca Juga  Public Speaking, Seberapa Penting?

4. Masjid Jogokariyan (IG: @masjidjogokariyan)

Sumber: jurnalislam.com

Semua pasti tak asing dengan nama masjid ini. Yap, masjid ini menyediakan banyak sekali takjil gratis untuk semua kalangan. Semua boleh mengantre asalkan dengan rapi dan tertib. Uniknya, takjil disajikan dengan piring agar mengurangi limbah plastik dan menjalin kerja sama/gotong royong antarmasyarakat yang ada di daerah sana. Ada juga Pasar Ramadan, lo. Jika Sobat UNYu masih lapar/haus, kalian bisa beli jajanan di pasar tersebut.

5. Masjid Pogung Dalangan ( IG: @masjidpogungdalangan)

Tempat berikutnya adalah masjid yang ada di daerah Pogung. Masjid-masjid ini juga sering didatangi oleh banyak mahasiswa rantau yang bertempat tinggal di Pogung dan sekitarnya. Persediaan takjil gratis ini terbuka untuk umum asalkan kalian mengikuti kajian hingga akhir dan mendapatkan kupon.

Itu dia 5 rekomendasi tempat untuk berburu takjil gratis di Jogja. Hampir mayoritas berada tidak jauh dari UNY. Jadi, tunggu apalagi, semangat safari masjid, ya!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X