Artikel

8 Cara Penggunaan Kamera Pengintai agar Bisa Berfungsi dengan Baik

Saat ini angka kriminalitas semakin tinggi, sehingga kita diharapkan untuk selalu waspada dimanapun dan kapanpun. Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini yang didorong oleh kebutuhan masyarakat, muncullah kamera canggih yang dapat digunakan untuk mengintai. Kamera intai dapat dimanfaatkan untuk mencegah tindak kriminal, merekam peristiwa tak terduga, dan mengawasi.

foto : pexels.com

Kamera pengintai atau sering disebut CCTV sudah digunakan di tempat-tempat strategis, rumah-rumah, kantor, dan perusahaan. Banyaknya kebutuhan akan kamera ini menyebabkan semakin berkembangnya inovasi yang dilakukan untuk menyempurnakan kamera ini. Apa manfaat kamera intai dan bagaimana cara menggunakannya agar berfungsi dengan optimal? Simaklah ulasan berikut ini.

Cara Menggunakan Kamera Pengintai Agar Berfungsi Baik

Berikut ini beberapa cara menggunakan kamera pengintai yang baik:

  1. Menentukan titik pemasangan yang tepat

Penentuan lokasi pemasangan yang tepat perlu dipertimbangkan dengan cermat karena titik lokasi akan menentukan jumlah kamera yang dibutuhkan. Selain itu, lokasi pemasangan kamera yang tepat akan mengoptimalkan penggunaan kamera intai dengan baik dan efisien.

Jadi ada baiknya dalam menggunakan kamera intai tentukan lokasi yang baik dan strategis namun tidak mudah terlihat.

  1. Kebersihan kamera intai

Salah satu hal yang harus diperhatikan juga setelah memasang kamera intai adalah kebersihan kamera. Kamera di luar maupun di dalam ruangan perlu dibersihkan secara berkala. Hal ini untuk menjaga kejernihan dan keakuratan kamera agar objek dapat dibedakan dengan baik.

Kebersihan kamera juga akan berdampak pada kejernihan video. Kamera yang tidak dibersihkan secara berkala akan menyebabkan debu dan jamur menumpuk, sehingga kualitas video yang direkam menjadi buram.

  1. Pengaturan rekaman yang tepat

Anda juga harus melakukan pengaturan kamera intai sesuai dengan prosedur. Pengaturan yang tepat ini akan meminimalisir kesalahan yang terjadi. Anda sebaiknya mengatur masa simpan, kualitas rekaman, hasil rekaman, dan fitur-fitur lainnya dengan optimal, sehingga hasil rekaman yang dihasilkan lebih baik.

  1. Mengenal komponen kamera intai dengan baik

Pengenalan komponen kamera intai dibutuhkan untuk mengoperasikan kamera intai dengan baik. Anda perlu mengetahui komponen kamera intai seperti koneksi atau kabel apakah sudah terhubung dengan benar atau tidak. Peletakan kamera intai pada sudut yang baik juga dibutuhkan agar daerah yang ingin diawasi benar-benar terekam.

Baca Juga  Try Out Online Gratis, Bantu Persiapan Ujian Nasional Anak Tersayang

Selain itu, sudut penyangga juga harus diperhatikan. Pastikan penyangga kamera terpasang dengan kuat dan tepat agar kamera tidak jatuh atau rusak saat ada sentuhan atau getaran.

  1. Melakukan pencadangan rekaman

Biasanya rekaman yang dihasilkan oleh kamera pengintai cukup banyak, sehingga di banyak kondisi ruang simpan kamera penuh. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mencadangkan hasil rekaman. Biasanya di kantor atau di tempat-tempat sibuk, akan ada penghapusan secara berkala dalam jangka waktu tertentu yang tergantung dari kebijakan masing-masing pengguna.

Ada baiknya jika rekaman tidak dirasa penting lebih baik dihapus, sehingga rekaman penting tidak tertimbun oleh rekaman lainnya. Anda bisa melakukan pemindahan rekaman dalam jangka waktu satu minggu atau satu bulan sekali.

  1. Pertimbangkan keakuratan kamera intai

Dalam penggunaan kamera intai, keakuratan kamera juga perlu dipertimbangkan. Keakuratan kamera intai bervariasi tergantung jenis kamera. Namun pengaturan dasar yang diperlukan pada semua kamera intai adalah kestabilan kamera, penyimpanan hasil rekaman, dan lampu indikator yang berfungsi dengan baik dan tepat.

Pengaturan keakuratan kamera intai yang tepat akan memberikan hasil rekaman yang baik. Jadi jangan lupakan pengaturan keakuratan kamera intai agar video lebih optimal dan rekaman tersimpan dengan aman.

  1. Kualitas gambar

Kualitas gambar pada kamera intai tergantung dari jenis kamera intai. Saat ini kualitas gambar dari kamera intai sudah sangat beragam. Kualitas gambar ini dipengaruhi salah satunya oleh resolusi kamera.

Adapun resolusi kamera intai saat ini berkisar mulai dari resolusi 2 Megapiksel hingga 8 Megapiksel untuk resolusi tinggi.

  1. Perawatan berkala

Agar kamera intai tetap dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, maka diperlukan juga perawatan berkala untuk kamera ini. Perawatan berkala akan menjaga perangkat di dalam kamera intai tetap dalam kondisi yang optimal. Daripada menggonta-ganti kamera intai akibat adanya kerusakan, lebih baik untuk melakukan perawatan secara berkala untuk meminimalisir kerusakan.

  1. Terlindung dari hujan dan panas matahari langsung
Baca Juga  Jadwal Rekrutmen, Seleksi Dan Penempatan Program SM-3T Tingkat Nasional Tahun 2016

Seperti kebanyakan elektronik lainnya, untuk perangkat kamera intai sebaiknya tidak terkena matahari langsung dan terhindar dari air. Dalam memasang kamera intai, kondisi ini perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap keselamatan Anda dan ketahanan kamera intai.

Panas langsung akan menyebabkan beberapa perangkat bermasalah. Selain itu, air juga mudah menyebabkan listrik dan kerusakan perangkat. Jadi jika memasang kamera intai baik indoor maupun outdoor perhatikan agar kamera intai terlindung dari air dan panas matahari langsung.

 Keunggulan Kamera Pengintai AcuSense dari Hikvision

foto : pexels.com

Salah satu kamera pengintai terbaik adalah Hikvision AcuSense. Kamera pengintai ini memiliki kemampuan teknologi Al sehingga keamanan semakin meningkat. Berikut ini beberapa keunggulan menggunakan kamera pengintai dari Hikvision:

  1. Alarm yang Akurat

Keakuratan dari kamera ini yaitu adanya deteksi ancaman penyusup berupa alarm yang tersambung juga ke handphone. Dimana deteksi yang terbaca berasal dari manusia dan kendaraan yang bergerak.

  1. Peringatan Visual dan Auditori

Peringatan ini berasal dari respon yang suara dua arah yang bisa mencegah terjadi sesuatu langsung di tempat. Selain itu kamera pengintai terbaik ini juga mudah dioperasikan, dan lebih efisien.

  1. Pencarian Target dengan Video

Penggunaan kamera ini cukup efisien dalam pencarian video. Sehingga dapat menemukan target dengan cepat berdasarkan pada jenis objek yang dicari. Jadi tunggu apalagi? Segera dapatkan produk AcuSense dari Hikvision untuk keamanan dan kenyamanan Anda.

Demikian ulasan mengenai cara penggunaan kamera intai yang baik. Kamera pengintai ada beragam jenis dan variasi yang dapat Anda pilih sesuai preferensi Anda. Adanya kamera pengintai tidak hanya untuk meminimalisir kriminalitas, namun untuk mengurangi beban kerja jika yang Anda awasi terlalu banyak.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X