Pojok #UNYuTips

Beri Self Reward Agar Tetap Produktif di Masa Pandemi

Halo, Sobat #UNYu!

Gimana kabarnya hari ini?

Masih semangat menjalani hari di masa pandemi ini? Harus selalu semangat dong!

By the way, tahu ngga sih kalian di masa pandemi ini, secara sadar maupun ngga sadar, kita lakuin segala aktivitas sehari-hari kita, mulai dari kerjaan maupun tugas-tugas kuliahan dari rumah saja secara rutin. Kadang karena keadaan kita yang ngerjain semuannya dari rumah saja, pasti bakal bosen banget buat ngelakuin apa-apa/ngelakuin aktivitas sehari-hari kita. Lalu, gimana sih sebenernya cara ngatasin rasa bosan/jenuh dalam diri kita yang bakal ngebuat kita jadi kurang produktif?

Gambar oleh Lukas Bieri dari Pixabay

Sebenarnya, banyak banget cara buat ngilangin kebosenan dalam diri kita itu dan salah satu cara yang bisa kita lakuin adalah dengan memberi diri kita sebuah self reward. Jadi, apa sih sebenarnya pentingnya self reward bagi diri kita itu? Pada hakikatnya, sebuah self reward itu penting banget buat jaga kita tetap produktif. Dengan adanya self reward terhadap diri kita, maka secara otomatis motivasi kerja kita bakal terjaga. Karena dengan adanya self reward (dapat berupa penghargaan/hadiah), maka suasana hati kita menjadi lebih baik sehingga motivasi kita untuk bekerja pada suatu bidang yang kita kerjakan akan bertambah dan akan membuat kita menjadi seorang yang produktif. Selain itu, dengan adanya self reward pada diri kita, maka akan timbul suatu motivasi dalam diri kita untuk melakukan hal/pekerjaan dengan tujuan untuk mendapatkan suatu penghargaan/imbalan bagi diri kita sendiri, sehingga akan ngebuat kita selalu produktif terutama dalam keadaan pandemi saat ini.

Baca Juga  Pendaftaran Asrama Mahasiswa UNY Wates Tahun 2020 sudah dibuka! Ini syarat dan tata caranya

Lalu, apa sebenarnya self reward yang dapat kita berikan pada diri kita sendiri? Pada hakikatnya, terutama di masa pandemi saat ini, sebagai seorang mahasiswa kita dapat memberikan beberapa self reward terhadap diri kita sendiri. Adapun beberapa self reward tersebut dapat berupa beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan setelah menyelesaikan pekerjaan yang berat seperti:

  • Meluangkan waktu selama beberapa saat untuk membaca buku yang menarik setelah menyelesaikan beberapa pekerjaan yang berat.
  • Meluangkan waktu untuk menonton film/drama yang menarik setelah selesai melakukan suatu pekerjaan.
  • Meluangkan waktu setelah menyelesaikan pekerjaan untuk menikmati indahnya alam/kehidupan di alam.
  • Meluangkan waktu untuk mengobrol/bersantai dengan orang terdekat setelah menyelesaikan pekerjaan.
  • Meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang kita sukai sebagai bentuk hadiah dari pekerjaan kita yang telah terselesaikan.

Itulah beberapa contoh self reward untuk menjaga kita tetap produktif, terutama di masa pandemi ini. Akhir kata, perlu Sobat UNYu ingat di masa pandemi ini jangan terlalu memaksakan diri kalian ketika melakukan sebuah pekerjaan Tetap jaga motivasi dan kesehatan serta selalu ingat reward yourself for everything that you do because you deserve it. 

Related Articles

Back to top button
Close
X