MahasiswaPojok #UNYuTips

Berikut Deretan Cara Tingkatkan Kualitas Diri Selain Mengikuti Organisasi, Apa Saja?

Mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam kampus maupun di luar kampus merupakan suatu hal yang hampir seluruh mahasiswa lakukan. Menambah relasi, menambah pengalaman serta skill adalah alasan yang melatarbelakanginya. Namun, upaya menambah pengalaman atau kemampuan diri sebenarnya bisa kita dapatkan melalui cara lain, tidak hanya melalui kegiatan organisasi saja.

foto : istockphoto.com

Apa saja caranya? Simak hal-hal berikut !

  1. Mengikuti kegiatan volunteer

            Volunteer atau biasa disebut sebagai sukarelawana adalah kegiatan berbasis sosial yang dilaksanakan oleh sekumpulan orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Sesuai dengan definisinya sendiri, tentunya kegiatan ini dilaksanakan secara surakela dan tidak ada pengharapan imbalan, upah atau gaji di dalamnya. Jadi, dalam kegiatan volunteer ini murni kegiatan sukarela di dalamnya. Meskipun kita tidak mendapatkan fee dalam kegiatan ini, namun manfaat yang akan kita dapat banyak sekali, antara lain yaitu melatih softskill, meningkatkan kepercayaan diri, membangun rasa empati diri dan lebih peduli dengan lingkungan sekitar, menambah personal branding, memperbanyak koneksi, meningkatkan kesehatan mental dan menjadikan kita manusia yang lebih bersyukur.

  1. Mengikuti Workshop

            Workshop atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut lokakarya ini memiliki banyak sekali manfaat untuk siapapun yang ingin mengembangkan diri khususnya dalam pengembangan dunia karir. Manfaat workshop secara lebih luas antara lain yaitu menambah wawasan dan skill, bertemu ahli di bidangnya masing-masing, memperluas networking, mencoba hal-hal baru, menambah wawasan, membuka kesempatan usaha baru, mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat, dan masih banyak lagi.

            Ketika di bangku perkuliahan, kita akan banyak menjumpai berbagai workshop yang diselenggarakan baik oleh pihak intern kampus ataupun dari luar kampus. Kita bisa mengikuti sesuai dengan minat kita. Seperti workshop yang bertema wirausaha, cooking class, beauty class dan masih banyak jenis lainnya.

  1. Belajar Bahasa Asing
Baca Juga  12 Perbedaan Sistem Pendidikan Indonesia & Finlandia

            Pada era yang semakin modern seperti saat ini, communication skill sangat dibutuhkan. Tentunya, komunikasi yang bagus ini harus dibersamai oleh kemampuan bahasa yang baik pula. Untuk mengisi waktu selama menjadi mahasiswa pun, kita bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar bahasa asing sebanyak-banyaknya. Belajar bahasa asing akan menjadi jembatan kita dalam menghadapi tantangan sosial. Manfaat yang akan kita dapatkan ketika belajar bahasa asing adalah antara lain, bisa meningkatkan pertumbuhan otak, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kreatifitas, memperluas relasi, meningkatkan kemampuan intelektual, kemudahan memiliki karir impian, dan masih banyak lagi manfaat lain yang bisa didapatkan ketika kita mempelajari berbagai bahasa asing.

  1. Magang Ketika Libur Kuliah

            Mata kuliah magang atau pkl hampir di semua jurusan akan selalu ada, namun diluar mata kuliah tersebut, sebaiknya kita bisa mengambil atau magang mandiri ketika libur kuliah. Libur semester untuk mahasiswa bukan waktu yang bisa dibilang singkat, bisa berbulan bulan para mahasiswa diberikan waktu untuk libur semester. Pada kesempatan ini, kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik, salah satunya adalah melaksanakan magang. Kita bisa apply magang ke berbagai perusahaan ataupun instansi sesuai dengan apa yang kita mau, tentunya yang liner dengan program studi kita berkuliah agar impelentasi ilmunya bisa maksimal. Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan ketika mengambil magang ini, antara lain yaitu tentunya bisa mempraktikkan apa saja yang telah kita pelajari di bangku perkuliahan, belajar bersosialisasi, belajar mengenal budaya dan lingkungan pekerjaan yang sesungguhnya, upaya untuk upgrade diri, meningkatkan kemampuan dan tentunya kita akan bisa lebioh banyak mendapat gambaran tentang dunia pekerjaan yang sesungguhnya di lapangan seperti apa sehingga ketika waktunya tiba nanti harus memasuki dunia kerja maka kita akan lebih siap.

  1. Bekerja Freelance
Baca Juga  Untukmu Pejuang Skripsi, Berikut Tips Agar Cepat Lulus!

            Disela kehidupan seorang mahasiswa berkuliah, tak jarang banyak yang memutuskan sambil melakukan pekerjaan freelance, di era modern saat ini, dunia sangat banyak sekali menawarkan berbagai pekerjaan. Freelance untuk mahasiswa di era sekarang tidak melulu berkaitan dengan pekerjaan yang mengharuskan kita datang ke kantor setiap harinya, saat ini tawaran freelance yang bisa dikerjakan dimana saja sudah banyak tersedia, contohnya freelance menulis, kita bisa mengerjakannya dimana saja dan kapan saja tentunya sesuai dengan deadline yang sudah disepakati, kita harus pandai pandai dalam mencari dan menciptakan peluang tersebut. Selain tentunya menambah pendapatan, meningkatkan kemampuan kita adalah manfaat besar yang akan kita dapatkan dalam hal ini.

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
X