MahasiswaMahasiswa BangetPojok #UNYu

Berikut Kebiasaan yang Bisa Bikin Rugi, Mahasiswa Harus Tahu!

Menjalani kehidupan serta rutinitas sebagai seorang mahasiswa bukanlah hal yang mudah. Berbagai tuntutan dan kewajiban yang bahkan sebelumnya mungkin tidak pernah dirasakan, namun ketika menyandang gelar menjadi mahasiswa maka banyak sekali hal-hal baru yang wajib para mahasiswa lakukan. Dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban tersebut, pasti akan banyak sekali rintangan dan hambatan yang akan mahasiswa hadapi. Ada yang mampu menyerapnya secara bijak atau bahkan ada yang belum cukup mampu memilahnya, sehingga sisi-sisi negatif terkadang bisa menimpa seorang mahasiswa.

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membuat rugi mahasiswa :

  1. Pertemanan yang Tidak Baik

            Penjaringan relasi dan pembangunan jatidiri, dua hal yang hampir 100% tidak akan terlewati ketika kita menjadi seorang mahasiswa. Di bangku kuliah ini, seorang mahasiswa akan berlomba untuk mencari relasi sebanyak-banyaknya, mengikuti berbagai organisasi atau komunitas adalah jalan ninja untuk mendapatkan hal ini. Namun, menjadi seorang mahasiswa juga perlu untuk mawas diri. Jenis manusia akan banyak sekali kita temui ketika duduk di bangku perkuliahan. Kita harus pandai memilah mana yang berefek negatif atau berefek positif dalam kehidupan kita. Jangan mudah terbawa arus pertemanan yang kurang baik. tidak sedikit pula, karena salah bergaul banyak mahasiswa yang pada akhirnya berbelok ke arah yang negatif dan mereka lupa akan tujuan utamanya berkuliah.

  1. Suka Titip Absen
Baca Juga  Be Amazing With Sastra Inggris UNY

            Ketika seorang mahasiswa sudah membiasakan diri untuk titip absen sana sini, sudah malas berangkat kuliah, inilah tanda awal boomerang besar akan terjadi. Mungkin terlihat sepele karena dirasa ‘hanya’ titip absen, tidak berpengaruh besar. Kata siapa? Dengan kita membiasakan hal yang katanya sepele ini, justru ini mengindikasikan bahwa kita sudah salah jalan. Hal sepenting masuk kuliah saja sudah terabaikan, lalu tujuan kita berkuliah untuk apa? Bukanlah masuk kelas dan memperhatikan kegiatan perkuliahan adalah tujuan utama kita sebagai mahasiswa? Oleh sebab itu, sebisa mungkin kita harus bisa menghindari hal ini. Kita bisa izin untuk tidak masuk kuliah jika berkendala seperti sedang sakit atau mengikuti kegiatan diluar yang tentunya masih berhubungan dengan kegiatan akademik atau non akademik lainnya.

  1. Suka Menunda Mengerjakan Tugas

            Menunda-nunda mengerjakan tugas juga merupakan satu kebiasaan yang sering mahasiswa lakukan, bahkan tak jarang pula banyak mahasiswa yang suka menunda tugas meskipun sebenarnya memiliki banyak waktu luang. Rehat memang perlu, membuat lahir dan batin kita beristirahat memang harus, tapi mengabaikan kewajiban adalah suatu kebijakan yang kurang tepat. Segera kerjakan apa yang menjadi kewajiban dan setelahnya tinggal beristirahat lebih damai adalah pilihan bijak!

  1. Hobi Begadang
Baca Juga  Dilan, Suami Bijak: Pilih Istri Jurusan Administrasi Negara!

            Tidak begadang, tidak mahasiswa. Sepertinya kalimat tersebut pas disematkan dalam diri mahasiswa. Sebagian mahasiswa pasti akan mengalami fase begadang ini dalam kehidupannya. Namun, begadang akan menjadi kebiasaan yang kurang baik jika kita begadang tanpa alasan yang pasti. Seperti hanya untuk bermain handphone atau nongkrong dengan teman-teman. Semua harus memiliki porsi yang seimbang. Membiasakan hal-hal yang kurang baik perlu kita hindari.

  1. Belajar SKS Menjelang Ujian

            Belajar dengan sistem kebut semalam sering sekali mahasiswa lakukan. Padahal, sistem belajar seperti ini pasti kurang efektif. Semua akan terkesan tergesa-gesa dan hasilnya tidak akan optimal. Cobalah untuk mengubah sistem belajar dengan mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Membuka kembali materi belajar hari itu ketika dirumah adalah pilihan yang tepat agar ilmu yang disampikan tidak hilang begitu saja dan kita akan lebih siap ketika ujian datang.

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
X