Artikel

Bikin Bolu Pandan Pakai Kental Manis Yuk!

Beberapa hari terakhir, wilayah Jakarta dan sekitarnya cuacanya emang lagi nggak menentu banget, seringnya sih mendung dan tiba-tiba hujan. Kalau sudah kayak gini, paling enak memang bikin camilan kental manis sambil minum kopi hangat atau teh hangat, iya kan? Hehe.

Kue bolu menjadi salah satu camilan sederhana yang mudah dibuat, serta juga disukai banyak orang. Rasanya pun nikmat serta bertekstur lembut dan halus. Untuk membuat bolu ini cukup mudah dan bahan-bahannya cukup sederhana seperti telur, tepung terigu, mentega, dan lainnya.

Bayangin makan bolu pandan yang baru keluar dari oven sepertinya sih lezat, ya. Rasa gurih yang berasal dari butter bikin badan jadi lebih hangat di tengah cuaca yang nggak menentu ini. Biar rasanya makin creamy lagi, wajib ditambah kental manis. Bukan hanya bikin bolu jadi creamy, Kental Manis juga bisa bikin cita rasa dari semua adonan bolu lebih kuat dan makin nikmat.

Ingin mencicipi bolu pandan yang lezat, dan bertekstur halus ini? Kalau kamu ada waktu, tak ada salahnya untuk membuat sendiri di rumah, lho. Karena cara membuat bolu pandan ini gampang banget. Kamu juga bisa membuat bolu pandan sesuai selera, baik dengan cara dikukus ataupun dipanggang.

Resep Bolu Pandan

Kamu bisa membuat bolu pandan dengan bahan-bahan yang cukup simple, lho. Penasaran? Yuk, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan ikuti step-stepnya berikut ini.

Bahan-bahan

  • 120 gr butter
  • 120 gr tepung biru
  • 150 gr kental manis
  • 40 gr gula kastor
  • 2 butir telur utuh
  • 1 kuning telur
  • 1 sdt pasta pandan
  • ¼ sdt garam

Cara membuat:

  1. Masukkan adonan butter dan gula, kemudian mixer hingga pucat dan mengembang.
  2. Masukkan garam dan pasta pandan, kemudian campurkan kental manis dan tepung. Lalu mixer lagi dengan kecepatan rendah hingga adonan merata.
  3. Masukkan telur satu per satu sambil adonan terus diaduk dengan jeda satu menit. Kemudian aduk adonan hingga merata.
  4. Masukkan adonan ke dalam loyang panjang berukuran 20 x 10 cm yang sudah diberi baking paper atau sudah dilapisi mentega dan terigu.
  5. Panggang dengan teknik au bain-marie, yakni Loyang berisi adonan cake akan diletakkan di dalam loyang yang lebih besar berisi air panas selama 25 menit dengan suhu 180 derajat celcius. Setelah 25 menit, keluarkan air dan lanjut panggang lagi dengan suhu 160 derajat celcius hingga kue matang dan lembut.
  6. Bolu pandan yang creamy siap disantap nih bareng keluarga dan sahabat tercinta.
Baca Juga  3 Cara Cepat Menghilangan Bau Mulut Yang Harus Anda Ketahui

Bagaimana? Gampang banget kan cara buatnya dan pastinya lebih creamy karena ada campuran kental manis di dalam bolu pandannya.

Resep Bolu Pandan Keju

Kalau kamu bosan dengan camilan bolu pandan yang biasa, kamu bisa membuat bolu pandan dengan tambahan topping di atasnya. Salah satu opsi untuk toppingnya adalah bolu pandan keju. Yuk, langsung intip resepnya:

Bahan:

  • 4 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 80 gr butter leleh
  • 100 gr tepung segitiga
  • 20 gr susu bubuk
  • 1 sdm pasta pandan

Topping:

  • buttercream
  • keju parut secukupnya
  • 1 sachet kental manis

Cara membuat:

  1. Mixer telur dan gula hingga kental mengembang.
  2. Turunkan kecepatan mixer, masukkan tepung terigu dan susu bubuk yang sudah diayak. Aduk rata.
  3. Masukkan butter leleh dan pasta pandan, aduk balik dengan spatula hingga rata.
  4. Tuang ke loyang 20×20 yang sudah dioles margarin dan diberi baking paper. Panggang pada suhu 170°C selama 25 menit atau sesuaikan oven masing-masing.
  5. Keluarkan dari loyang, lepas baking papernya lalu biarkan suhu ruang.
  6. Olesi permukaannya dengan buttercream lalu beri topping keju dan kental manis, potong-potong dan sajikan.

Bukan hanya untuk membuat makanan penutup atau camilan, di beberapa region seperti Amerika Latin dan beberapa negara Asia, penggunaan bahan makanan yang satu ini juga digunakan untuk beberapa makanan gurih, lho! Bahkan, menurut Chef Tiarbah, di Indonesia sendiri penggunaan Kental Manis sudah menjadi salah satu bahan yang digunakan di beberapa masakan gurih seperti soto betawi.

Selain itu, kental manis ini bisa memberikan cita rasa untuk masakan, seperti bumbu racikan saat membuat soto betawi. Cukup tambahkan beberapa sendok ke dalam masakanmu sehingga terasa lebih lezat.

Kamu bisa stok kental manis tanpa khawatir lewat dari masa kadaluarsa, karena bahan makanan tersebut punya umur simpan yang cukup lama dan tentunya aman karena sudah dikemas dengan kuat dan tidak mudah rusak.

Baca Juga  Mengapa Anda Harus Mencoba Bisnis Reseller Online Shop?

Kamu nggak perlu pusing juga kalau stok kental manis habis. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di warung-warung terdekatmu dengan harga yang cukup terjangkau. Tersedia juga dalam berbagai kemasan mulai dari pouch hingga sachet. Kamu juga pastinya bisa memilih sesuai kebutuhan dan seleramu dalam menggunakan bahan penambah cita rasa makanan yang satu ini.

Selain Bolu Pandan, Cocok buat Apa Saja Ya?

Selain membuat bolu pandan, kamu bisa juga banget nih bereksperimen membuat beberapa menu makanan nikmat dengan kental manis, karena bahan yang satu ini nggak hanya jadi bahan campuran pada minuman, tapi juga pada makanan, baik pada makanan penutup atau dessert, atau juga camilan. Mau tahu apa saja yang bisa kamu buat dengan bahan makanan yang satu ini? Cek langsung resep singkatnya di bawah ini, ya!

Bisa berkreasi membuat es krim

Selain membuat resep bolu pandan, kamu juga bisa berkreasi menggunakan bahan-bahan dari kental manis seperti membuat es krim selembut sutra dengan modal dua bahan baku aja, yakni kental manis dan whipped cream. Kamu hanya tinggal mengocok whipped cream dengan kental manis hingga lembut dan bekukan campuran ini selama beberapa jam.

Bikin yogurt? bisa!

Kamu bisa membuat makanan yang kaya probiotik lho, contohnya yogurt vietnam. Menurut ahli masak Vietnam, Andrea Nguyen, yoghurt Vietnam bisa dibuat dengan cara yang mudah yakni dengan 4 bahan saja, yakni 400ml susu segar, 250ml kental manis, 50ml kultur aktif yoghurt, dan air mendidih.

Caranya yakni dengan mencampur satu kaleng kental manis dengan satu kaleng air mendidih, kemudian kocok hingga tercampur merata. Tambahkan setengah susu segar lalu kocok lagi sampai merata. Kemudian tambahkan yoghurt dan aduk sampai tidak ada gumpalan yoghurt lagi yang tersisa. Setelah itu campurkan lagi susu segar yang tersisa dan kocok hingga merata, kemudian masukkan adonan ke dalam toples dan tutup rapat. Langkah selanjutnya, diamkan toples yang berisi yoghurt selama 6-8 jam.

Nah, itu dia beberapa resep untuk camilan yang bisa kamu coba di rumah menggunakan kental manis. Jangan lupa selalu sedia kental manis di rumah untuk membuat kreasi makanan lainnya, ya. Selamat mencoba!

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X