Artikel

Cara Memasang AI Camera di Area Lobi Kantor

Pemasangan camera CCTV di area kantor akan memberi banyak keuntungan. Salah satunya bisa meningkatkan sistem keamanan di lingkungan kantor dan mempermudah kerja petugas keamanan. Tentu dalam hal ini pihak kantor harus memilih perangkat CCTV yang benar-benar berkualitas. 

CCTV dengan kamera berteknologi canggih memiliki begitu banyak keunggulan. Jenis CCTV seperti ini dapat menangkap gambar dengan hasil yang lebih jelas. Sangat cocok untuk dipasang di area kantor, terutama bagian lobi yang dilalui oleh banyak orang. 

Cara Memasang Smart Camera di Lobi Kantor

Tidak cukup hanya memilih produk CCTV yang berkualitas, pihak pengelola kantor harus mengetahui cara pemasangannya dengan benar. Perangkat CCTV memang sudah seharusnya dipasang dengan tepat agar bisa bekerja secara optimal. 

Sebagian besar produk CCTV dengan teknologi canggih sudah memberi kemudahan dalam proses instalasinya. Berikut ini beberapa cara pemasangan Smart CCTV di area lobi kantor yang dapat diterapkan.

  • Tentukan Titik Pemasangan CCTV

Pertama-tama, penting sekali untuk menentukan titik pemasangan CCTV terlebih dahulu. Tentukan lokasi mana saja yang akan dipasangi CCTV. Jika area lobi kantor cukup luas maka harus dilakukan perhitungan dan perencanaan yang matang. 

Tujuan dari pemasangan CCTV ini adalah untuk mengawasi atau merekam semua kejadian yang ada di area tersebut. Jadi pastikan posisi CCTV sudah tepat sehingga bisa menjangkau semua area. Penentuan titik lokasi pemasangan ini juga nantinya akan berpengaruh pada jumlah perangkat yang dibutuhkan. 

Jika sudah menentukan titik mana saja yang akan dipasangi CCTV, maka proses pemasangan bisa dilanjutkan dengan mudah. Jangan membuat jarak CCTV terlalu dekat agar setiap kamera bekerja secara optimal. Selain itu jangan pula membuat jarak terlalu jauh sampai-sampai ada titik buta yang tidak terekam kamera. 

  • Lakukan Pemasangan Perangkat sesuai Petunjuk

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah pasang perangkat sesuai petunjuk. Di zaman sekarang ini produk CCTV didesain dengan teknologi canggih dan memungkinkan penggunanya untuk melakukan instalasi secara mandiri. Jadi petunjuk pemasangannya sudah dituliskan dengan jelas. 

Bacalah dulu petunjuk pemasangan CCTV yang tertera pada kemasan. Baca baik-baik instruksi yang ada di sana dan lakukan pemasangan perangkat sesuai instruksi tersebut. Namun terlebih dahulu pengguna juga perlu mengamati fisik perangkat CCTV untuk memahami dimana letak sekrup sebagai pengait. 

Pastikan setiap perangkat CCTV terpasang dengan kuat di tempat yang semestinya. Jangan melakukan pemasangan secara asal-asalan karena bisa berakibat fatal. Jika tidak dipasang dengan benar, bisa saja perangkat CCTV jatuh dan malah rusak. Jadi pastikan benar-benar terpasang secara kuat. 

  • Lakukan Pengaturan Sesuai Kebutuhan

Baik itu CCTV outdoor maupun indoor, instalasi tidak hanya berkaitan dengan pemasangan perangkat secara fisik. Setelah fisik perangkat CCTV terpasang dengan baik maka langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan. Pengaturan ini penting untuk membantu kinerja CCTV lebih optimal. 

Melalui langkah pengaturan yang tepat, pengguna bisa mendapatkan hasil kerja CCTV sesuai kebutuhan. Pengguna bisa mengatur fitur apa saja yang ingin dipakai dan fitur mana yang kurang dibutuhkan sehingga harus dimatikan. Hal-hal ini perlu dilakukan sebelum CCTV mulai bekerja. 

Saat melakukan pengaturan, pengguna juga harus kembali melihat dan membaca instruksi. Biasanya jenis Smart CCTV memiliki banyak sekali teknologi dan fitur yang disajikan. Jadi penting sekali untuk membaca petunjuk pengaturannya dan memahami fitur-fitur apa yang tersedia. 

  • Atur Konektivitas CCTV

Selanjutnya silahkan atur konektivitas dari perangkat CCTV yang digunakan. Pengaturan konektivitas ini juga tidak kalah penting karena akan mempermudah pemantauan hasil rekaman. Selain itu, konektivitas ini juga akan membantu petugas keamanan di kantor untuk memantau kondisi lobi secara optimal. 

Dalam pengaturan konektivitas ini, pengguna perlu memperhatikan apa saja perangkat yang ingin disambungkan. Dari perangkat itulah nantinya petugas keamanan bisa melihat situasi yang berhasil direkam oleh CCTV. Misalnya saja melalui tablet maupun perangkat smartphone yang bersifat mobile

Di zaman canggih seperti sekarang ini, sangat direkomendasikan untuk memilih perangkat CCTV dengan teknologi canggih yang mudah dikoneksikan. Artinya mudah bagi pengguna untuk melihat hasil rekaman secara real time lewat perangkat mobile yang fleksibel. 

  • Cek Hasil Rekaman 

Jika perangkat CCTV sudah terpasang dan pengaturan juga sudah dilakukan maka hal berikutnya adalah mengecek hasil rekaman. Pengecekan hasil rekaman ini penting untuk dilakukan agar pengguna bisa mengetahui apakah posisi CCTV sudah tepat atau belum. 

Melalui pengecekan hasil rekaman, pengguna bisa tahu apakah setiap CCTV bekerja optimal atau tidak. Jika ada perangkat CCTV yang hasil rekamannya kurang optimal maka bisa segera dilakukan tindakan. Misalnya saja posisi CCTV diganti atau mungkin pengaturannya diubah. 

Saat melakukan pengecekan ini, cobalah untuk memperhatikan beberapa aspek. Misalnya ketajaman hasil gambar dan detail warna yang dihasilkan. Selain itu penting juga untuk melihat seperti apa kualitas zoom dari hasil videonya. Pastikan CCTV berfungsi dengan baik sesuai klaim yang diberikan. 

Pilih CCTV Hikvision AcuSense Berkualitas Terbaik

Tentunya sangat penting bagi pihak kantor untuk memilih produk CCTV terbaik dan berkualitas. Dalam hal ini, produk CCTV Hikvision AcuSense akan menjadi sebuah pilihan yang tepat. Perangkat CCTV ini memiliki teknologi canggih yang akan memberi hasil perekaman terbaik. 

CCTV Hikvision AcuSense mampu memberikan hasil rekaman yang sangat akurat. Perangkat ini mampu merekam secara real time dan punya sistem kategori hasil rekaman yang membuatnya lebih efisien. Selain itu, perangkat CCTV ini juga sangat mudah untuk dipasang sendiri tanpa perlu tenaga teknisi. 

Tunggu apa lagi? Perangkat Smart camera CCTV Hikvision AcuSense ini akan menjadi solusi terbaik bagi sebuah kantor untuk meningkatkan sistem keamanan mereka. Informasi lebih lengkap mengenai produk tersebut bisa diakses di sini

Baca Juga  COMMON CREATIVE CULTURE #2

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X