Pojok #UNYuUNY Banget

Cari Tahu tentang Mahasiswa Afirmasi dan Beasiswa ADik

Halo, Sobat UNYu!

Apakah kalian tak asing dengan kata “afirmasi”? Kalau di dunia kampus, sering dengar istilah Beasiswa Afirmasi atau mahasiswa afirmasi, kan? Adakah yang sama sekali belum tahu apa yang disebut dengan mahasiswa afirmasi? Jika belum, sobat UNYu wajib simak artikel ini sampai akhir biar tahu tentang mahasiswa afirmasi dan Beasiswa Afirmasi.

Sumber: pixabay.com
1. Mahasiswa afirmasi adalah sebutan untuk mahasiswa yang dapat Beasiswa Afirmasi

Perlu Sobat UNYu tahu, Beasiswa Afirmasi untuk Pendidikan Tinggi (biasa disebut Beasiswa ADik) merupakan salah satu intervensi kebijakan pendidikan yang bersifat afirmasi dalam bentuk Bantuan Pemerintah untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa karena kondisi dan keberadaanya sehingga mengalami kesulitan dan keterjangkauan jenjang akses pendidikan tinggi. Beasiswa ini biasanya ditujukan untuk alumni SMA, SMK, atau sederajat yang akan meneruskan ke jenjang kuliah. Tujuan diadakannya Beasiswa ADik yaitu meningkatkan pemerataan melalui peningkatan perluasan akses dan kesempatan belajar di PT bagi mahasiswa dari Daerah Khusus berdasarkan kondisi geografis dan anak TKI; meningkatkan pemerataan melalui penjaminan keberlangsungan pendidikan mahasiswa penyandang Disabilitas; dan meningkatkan pemerataan melalui penjaminan keberlangsungan studi bagi mahasiswa yang berada pada daerah terdampak keadaan darurat.

Baca Juga  Spot Menarik di UNY bagi Pencinta Foto
2. Calon mahasiswa yang bisa mendaftar Beasiswa Afirmasi Perguruan Tinggi yaitu yang berasal dari daerah 3T, orang asli Papua, atau anak TKI

Untuk memberikan akses merata ke semua kalangan, pemerintah menyasar generasi-generasi muda yang berasal dari daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), orang asli Papua, dan anak dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Selain itu, calon mahasiswa tersebut harus terdaftar pada SIM ADik dengan kelengkapan data: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Dalam proses seleksi, penentuan penerimaan mahasiswa ADik dilakukan oleh pemimpin perguruan tinggi. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang syarat dan ketentuannya, Sobat UNYu bisa membacanya di laman resmi https://adik.kemdikbud.go.id.

3. Penerima Beasiswa ADik akan mendapatkan bantuan pembiayaan pendidikan

Jika Sobat UNYu punya kawan atau kerabat yang memenuhi persyaratan Beasiswa ADik ini, silakan disuruh mendaftar, ya. Banyak manfaat yang akan didapat, seperti bantuan pembiayaan studi, bantuan biaya hidup, serta bantuan biaya transportasi keberangkatan dari bandara/terminal/pelabuhan asal ke perguruan tinggi.

Baca Juga  Keuntungan Menjadi Mahasiswa UNY
4. Ada komunitas mahasiswa afirmasi UNY yang siap mempererat rasa kekeluargaan

Perlu Sobat UNYu tahu, di lingkungan UNY ada komunitas mahasiswa afirmasi khusus UNY. Seru, ya. Ditambah lagi, komunitas ini memiliki struktur kepengurusan juga yang bisa jadi ajang belajar nilai-nilai kepemimpinan. Teman-teman yang tergabung di komunitas ini bisa saling sharing dan saling menyemangati satu sama lain. Jadi, meski berasal dari daerah 3T atau daerah yang akses pendidikannya terbatas, mereka sama-sama punya tekad kuat untuk meraih mimpi. Sobat UNYu yang mau kepoin akun Instagram komunitas ini, bisa langsung kunjungi akun ini @afirmasiuny.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait mahasiswa afirmasi dan Beasiswa Afirmasi (ADik). Kalau Sobat UNYu punya kenalan dari daerah 3T, orang Papua asli, atau anak TKI, jangan sungkan untuk bagikan informasi Beasiswa ADik pada mereka, ya.

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X