Pojok #UNYuTips

Catat! Berikut Tips Agar Magangmu Sukses!

Magang adalah bagian dari rangkaian proses perkuliahan yang biasanya dilaksanakan oleh SMK tingkat akhir maupun Mahasiswa Tingkat Akhir. Praktik Kerja Lapangan atau Magang atau biasa disebut bahasa kerennya Internship dilaksanakan sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan proses pendidikan. Kegiatan magang akan diikuti oleh mahasiswa sesuai dengan latar belakang studi masing-masing mahasiswa.

Tujuan utama dari diadakannya magang supaya mahasiswa bisa lebih siap terjun di lapangan, bisa mengaplikasikan segala ilmu yang didapat, mendapatkan ilmu pekerjaan di lapangan secara langsung dan yang terpenting adalah mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak bisa mahasiswa dapatkan di bangku perkuliahan.

Namun sejauh ini, magang ada kalanya menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa. Banyak mahasiswa overthinking terhadap apa yang akan mahasiswa hadapi ketika menjalani proses magang di tempat kerja. Padahal tidak semua demikian, justru akan ada banyak hal menyenangkan dan menarik ketika kita bisa menikmati dan menjalani semua proses magang dengan ikhlas dan senang hati tanpa beban.

foto : center.nano.or.id

Berikut ada beberapa tips agar magang kalian bisa sukses :

  1. Kepoin Seluk Beluk Tempat Kamu Magang

Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui lebih dalam lagi tentang perusahaan atau tempat kamu magang. Ketika memilih tempat magang jangan hanya asal pilih atnoa mengenalnya lebih jauh terlebih dahulu. Setiap tempat kerja memiliki budaya nya sendiri-sendiri. Semakin kamubanyak mendapatkan informasi tentang tempat magang itu, semakin banyak bekal dan hal yang harus kamu persiapkan. Ketika semakin banyak hal yang sudahkamu persiapkan, maka kamu akan semakin siap menjalani magang di tempat tersebut.

  1. Disiplin dan Jaga Sopan Santun

 Bukan karena alasan kamu hanya anak magang dan tidak terikat seperti karyawan tetap lain, kamu bisa seenaknya ya! Kamu harus tetap berangkat tepat waktu, berpakaian rapi dan bersih dan tak lupa selalu bersikap ramah dan sopan santun terhadap semua orang yang ada di tempat magang kamu. Semakin kamu memiliki sikap yang baik, tentu orang-orang juga akan respect kepada kalian. Ohya, jangan lupa untuk selalu tersenyum

  1. Bangun Komunikasi yang Baik

Selalu mengajukan diri terlebih dahulu untuk berkenalan dengan orang-orang yang ada di lingkungan tempat magang kamu rasanya bukan hal yang salah! Se-introvert nya kamu, ketika kamu masuk dalam dunia kerja atau dunia magang seperti ini kamu harus mau tidak mau keluar dari zona nyaman kamu. Kamu harus mulai berani memulai pembicaraan dengan orang lain terlebih dahulu. Bahkan, jika situasi dan kondisinya memungkinkan kamu bisa nih meminta kontak orang-orang di tempat kerja kamu agar semakin kenal dan tentunya akan memudahkan pekerjaan kamu jika suatu saat membutuhkan mereka.

  1. Jangan Malu Bertanya

Ketika kamu menjalani pekerjaan yang ditugaskan, dan ternyata kamu membutuhkan arahan dan saran jangan pernah malu untuk bertanya ya. dengan kamu bertanya, bukan berarti menandakan kamu lemah kok, kan sedang berproses jadi kita masih membutuhkan arahan dan saran dari staff disana. Bertanya sejak awal itu lebih baik daripada kamu mengerjakan sesuatu yang tidak dipahami dan akibatnya jadi salah.

  1. Kerjakan Tugas Tepat Waktu

Ketika kamu diberikan tugas, jangan menunda-nunda untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Semakin cepat kamu menyelesaikannya, akan semakin senang staff atau supervisor yang telah memberimu pekerjaan atau tugas. Tapi yang harus kamu ingat, cepat juga harus berarti benar ya.

  1. Keluarkan Semua Kemampuan Kamu

Nah salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan letika menjalani magang adalah maksimalkan segala potensi yang kamu miliki. Inilah saatnya semua ilmu yang kamu dapatkan selama perkuliahan kamu praktikan di dunia kerja. Darisini akan begitu terasa ternyata sejauh mana ilmu yang bisa kamu serap dan kamu praktikan. Ketika banyak hal yang kamu rasa tidak bisa kerjakan di tempat magang, bisa diindikasikan bahwa ketika berkuliah belum banyak ilmu yang kamu serap. So,darisini kamu akan bisa mengevaluasi diri dan melatih diri untuk  bisa menjadi lebih baik lai di kemudian hari. Selain itu, dengan kamu mengeluarkan segala potensi diri kamu disini, jika potensi kamu baik, tempat magang kamu juga akan sangat senang tentunya bisa menerima kamu sebagai mahasiswa magang yang berkualitas baik. bukan tidak mungkin nantinya kamu akan di rekrut menjadi karyawan tetap disana lho. Semangat ya !

  1. Tetap Jaga Komunikasi Meskipun Magang Telah Selesai

Ketika kamu masih saling berkabar dan bertegur sapa meskipun waktu magang telah usai akan menciptakan citra baik dimata mereka. Mereka akan menganggap kamu memang pantas untuk dipertimbangkan. Namun, jangan lupa tetap sopan dalam bertutur kata ya.

Baca Juga  Mahasiswa Cerdas UNY, Pasti Miliki ‘Kartu Sakti’ Ini

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X