Pojok #UNYuTips

Dear Fresh Graduate, Catat 5 Modal Ini Untuk Bisa Survive di Tempat Kerja 

Masa-masa setelah lepas dari bangku perkuliahan dan menapaki kehidupan yang sesungguhnya merupakan masa yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Menyandang gelar resmi sebagai alumni sekaligus fresh graduate membuat kita harus dihadapkan pada berbagai macam pilihan kehidupan pasca kuliah. 

Ada yang mungkin mengambi langkah cepat untuk melanjutkan study kembali atau ada juga yang mulai merintis karirnya. Keduanya, adalah pilihan yang sama baiknya.

Memulai merintis karir ketika lulus dari bangku kuliah merupakan suatu perjalanan yang panjang. Para mahasiswa yang baru saja lulus memerlukan modal untuk menjadi tumpuan semangat serta cara untuk bisa survive atau bertahan. Apalagi hal yang dilakukan pertama kali pasti tidak luput dari cobaan dan uji coba.

Didasari oleh keinginan berbagi dan mendukung teman-teman yang baru saja menyelesaikan study, berikut ini tim redaksi buatkan narasi edisi khusus mengenai modal yang bisa digunakan untuk survive di dunia kerja.

  • Modal pertama 3S : Sopan, Supel, Semangat

Pada lapisan dasar, ada modal tata krama yang menjadi landasan utama.Pastinya tidak mau dong,dicap sebagai seseorang yang tidak mengerti adab ? Bahkan, dalam banyak pepatah dituliskan bahwa adab dulu baru ilmu.

Pastikan ketika dirimu bekerja di daerah manapun di Indonesia serta bekerja di bidang apapun,jangan lupakan adab dan tata krama. Pelajaran modal pertama ini juga berkaitan erat dengan bagaimana adab pergaulan kita dengan atasan, rekan kerja juga unsur lain yang ada di tempat kita bernaung mencari nafkah.

Umumnya, orang-orang akan menyukai pribadi yang sopan, supel namun tidak keblabasan juga mereka yang penuh semangat.

  • Modal lapis kedua 3K : Kecepatan, Keterampilan,Kerajinan
Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Mahasiswi UNY bersuara Emas: Ghea Indrawari Indonesian Idol 2018

Lapisan modal kedua berkaitan erat dengan etos kerja dalam keseharian. Umumnya, perusahaan dan tempat kerja membutuhkan seorang pekerja yang terampil , cekatan dan cepat serta rajin. Hal seperti ini tentunya harus kita latih dan kita biasakan. Semoga dengan mengusahakan ini, jalan perjuangan kita dimudahkan ya.

  • Modal ketiga ada STMJ : Sigap, Tepat, Mau belajar, dan Jujur

Susu telur madu jahe sudah biasa , kalau kali ini adalah ‘STMJ’ ala dunia kerja yaitu berupa sigap, tepat ,mau belajar dan jujur. Khusus untuk point terakhir wajib kita junjung tinggi karena itu merupakan salah satu modal sekaligus asas hidup berupa ‘kuntji oetama’ dalam diri manusia. 

Dengan bermodal sigap kita bisa menjadi lebih cepat memahami tradisi dan tugas –tugas pekerjaan yang ada. Didukung dengan sikap berani mencoba dan belajar hal baru akan memudahkan kerja kita semakin tepat guna. Jangan lupa kuncinya ya !

  • Modal lain : Bahasa Inggris, Kreatif, dan Adaptif
Baca Juga  Hanya Mahasiswa yang Belum Lulus Tes TOEFL yang Merasakan Hal Ini

Setelah memiliki modal akhlak yang baik, saatnya menunjang diri dengan pengembangan diri.  Mulai dari bisa Bahasa Inggris basic, cara berpikir kreatif dengan menelurkan ide baru, serta kemampuan adaptasi terhadap lingkungan beserta asas yang dianut tempat kerja.

Intinya, selain sibuk bekerja jangan lupa sisipkan waktu untuk investasi leher ke atas alias investasi ilmu ya !

  • Modal kelima : Jika tidak tahu tak apa bertanya

Dari sekian banyak modal yang kita gali dan upayakan,pastinya akan menghadapi beberapa kebingungan ketika kita coba aplikasikan dalam keseharian.Maka dari itu,jika mengalami kendala dan kesulitan jangan lupa coba bertanya ya.

Panduan dari para senior akan membantumu sekaligus memperkaya khasanah pengetahuan serta keterampilan !

Bekerja merupakan salah satu dari fase perjalanan hidup. Ingatlah, tak akan ada kehidupan yang sempurna. Yang ada adalah pilihan hidup antara hanya menerima atau terus mau mencoba ! 

Semangat ya !

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
X