Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Galau Menghadapi Semester Baru? Lima Hal ini akan Membuatmu Optimis!

Semester baru telah menghadang didepan mata. Kegiatan perkuliahan dan rentetan tugas yang menantang telah menanti. Liburan memang baru saja usai, namun bukan berarti kita masih bisa berleha-leha. Ada hari-hari perkuliahan yang memang harus diperjuangkan. Pun curahan ilmu dari dosen akan menghilangkan dahagamu akan pengetahuan. Bukankah orang yang beruntung adalah orang yang selalu ingin belajar?

Yuk mumpung ada kesempatan, tak ada salahnya kamu memaksimalkan semester ini! Lima hal ini akan membantumu menghadapi semester baru dengan gemilang!

  1. Jas Merah (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah)

Tidak ada salahnya kamu memulai semester baru dengan merefleksikan apa yang terjadi di semester kemarin. Belajar dari pengalaman akan mebuatmu lebih matang dalam menghadapi hari esok. Kamu bisa menganalisa penyebab kegagalan pada semester sebelumnya, misalnya karena terlalu banyak bolos kuliah, kurang belajar, atau bahkan karena kamu malas mengerjakan tugas. Nah, disemester ini kamu bisa antisapi agar hal itu tak terulang lagi.

  1. Tetapkan target dan juga cara mencapainya!

Yuk tetapkan target yang harus kamu capai! Lakukan itu di awal semester ya, agar kamu mempunyai lebih banyak waktu untuk mencapi targetmu. Tetapkan langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menuju tujuanmu. Jangan cuma ditetapkan ya! Kamu juga harus bekerja keras untuk melakukan langkah-langkah dem meraih targetmu itu!

  1. Jangan memaksakan mengambil beban kuliah terlalu banyak! Kenali kemampuanmu!

Jangan karena diburu oleh keinginan untuk cepat lulus kuliah, kamu mengambil SKS sebanyak mungkin tanpa memperhitungkan kemampuanmu. Bila kamu tidak berusaha keras bisa mengakibatkan menurunnya IPK, bahkan lebih parahnya lagi kamu tidak lulus dan harus mengulang di mata kuliah itu lagi. Tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu akan lebih baik bila kamu mempertimbangkan dengan matang sebelum menentukan jumlah SKS yang akan kamu ambil! Jangan sampai kamu keteteran ditengah jalan ya!

  1. Kenali karakteristik dosen kamu!

Mengenali karakteristik dosen akan membantumu dalam kegiatan perkuliahan. Kamu juga dapat memilih dosen yang sekiranya mebuatmu lebih nyaman mengikuti kegiatan perkuliahan. Hal ini juga akan sangat membantumu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Semangat dan fokus akan mengantarmu mencapai target semester ini!

Pastikan amunisi semangatmu cukup tersedia hingga akhir semester. Tetap fokus untuk mencapai targetmu. Sesekali kamu bisa melakukan hobimu saat rutinitas kuliah membuatmu jenuh. Ini akan membantumu menghilangkan rasa bosan. Kamu pun bisa merasa lebih fresh dan bersemangat.

Baca Juga  7 Tips Sebelum dan Saat Presentasi Kelompok

Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Related Articles

Back to top button
Close
X