Pojok #UNYuTips

Ikut Organisasi di Kampus, Seberapa Penting Sih ?

Organisasi adalah tempat sekelompok orang untuk bekerja sama secara rasional dan sistematis, terkendali dan terarah untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menggunakan sumber daya yang ada. Pada umumnya organisasi menggunakan sumber daya tertentu untuk mencapai tujuan, seperti: Uang, mesin, metode, lingkungan, sumber daya manusia dan sumber daya lainnya yang dilakukan secara sistematis, rasional dan terkendali.

foto : tabloidmitra.com

Ada banyak sekali jenis organisasi di dunia ini. Tak terkecuali organisasi yang ada dalam lingkup universitas. Ketika mahasiswa baru memasuki universitas, pasti dilema akibat tersuguhkan begitu beragam jenis organisasi yang ada. Mulai dari organisasi keagamaan, olahraga, public speaking, kesenian, himpunan mahasiswa dan masih banyak sekali jenis organisasi. Lalu, pertanyaannya, mengikuti organisasi saat di kampus kira-kira apa ya manfaatnya? Simak manfaatnya dibawah ini!

  1. Menambah Relasi

            Tugas utama ketika kita menjadi seorang mahasiswa pasti belajar. Tapi, dengan semakin banyak relasi yang kita punya, tentu akan berpengaruh besar terhadap kehidupan kita nantinya. Kamu bisa menambah banyak relasi selama berkuliah salah satunya dengan mengikuti organisasi. Dengan relasi yang banyak tentu akan mempermudah jalan saat mencari pekerjaan nanti. Perusahaan bisa terpukau dengan CV yang kita buat selama kuliah. Kesempatan kerja juga lebih luas karena kita banyak dikenal orang.

  1. Melatih Leadership

            Ketika kita mengikuti sebuah organisasi, kemampuan kepemimpinan pasti akan terlatih. Mau tidak mau, kita pasti akan diberikan suatu amanah atu jobdesk yang akhirnya menuntut kita untuk bisa memimpin dan mempunyai tanggung jawab.

  1. Meningkatkan Wawasan
Baca Juga  Yuk Bernostalgia tentang Jogja dengan 6 Lagu Ini

            Ada banyak hal-hal yang akan kita dapat selama mengikuti organisasi yang bahkan ilmu baru itu tidak bisa kita dapatkan selama di bangku perkuliahan. Bagaimana memahami orang lain, bagaimana harus memutuskan sesuatu, dan masih banyak lainnya.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

            Organisasi adalah tempat yang sangat cocok untuk melatih seseorang untuk berani berbicara didepan umum dan kemampuan dalam berkomunikasi. Karena dalam berorganisasi kita akan bertemu dengan banyak orang dan tentunya akan banyak berkomunikasi. Dalam organisasi pula kita harus bisa menyampaikan aspirasi ataupun pendapat.

  1. Belajar Disiplin

            Tak jarang, dalam suatu organisasi memberlakukan denda bagi anggotanya yang telat berkumpul atau telat hadir dalam suatu acara atau rapat. Nah dengan diberlakukannya sistem seperti ini, kita akan dilatih untuk lebih disiplin waktu dan bertanggung jawab dengan waktu.

  1. Membentuk Karakteristik
Baca Juga  5 Tantangan Mahasiswa Dalam Menulis Skripsi

            Secara tidak langsung seseorang yang aktif dalam organisasi punya karakter yang lebih percaya diri, disiplin, bertanggung jawab, ramah dan dapat berkomunikasi dengan baik.

  1. Latihan Menuju Dunia Kerja

            Inilah salah satu hal terpenting dan manfaat yang penting dari kita mengikuti organisasi di kampus. Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa organisasi menjadikan anggotanya displin, tanggung jawab dan berani bersosialisasi. Sehingga hal ini dapat berguna untuk melatih diri agar mampu bekerja dengan baik saat kita sudah saatnya masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Suatu organisasi membiasakan anggotanya memiliki jobdesk dengan berjuta tantangan, sehingga mereka akan terbiasa saat mulai memasuki dunia kerja yang melelahkan serta menekan kesehatan mental.

  1. Mewarnai CV

            Pengalaman Berorganisasi menjadi modal yang bagus saat melamar kerja nanti. Pengalaman organisasi yang kita ikuti secara tidak langsung akan mengisi CV kita dan membuatnya lebih menarik.Perusahaan akan mencari kandidat-kandidat terbaik untuk mengisi posisi karyawan. CV pelamar sebagai rujukannya. CV yang bagus bisa dibuat karena aktif mengikuti organisasi. Semakin banyak pengalaman kita, semakin banyak tulisan yang akan kita cantumkan dan semakin baguslah kredibilitas diri kita

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
X