Pojok #UNYuUNY Banget

Info Penting! Jadwal Minggu Tenang, UAS, Bayar UKT, & Isi KRS

Halo, Sobat UNYu!

Jelang akhir tahun, mahasiswa UNYu biasanya akan merayakan tahun baru dengan sesuatu yang beda, yaitu belajar untuk UAS dan tugas-tugas akhir mata kuliah. Nah, di akhir tahun 2022 ini, siapa yang belum tahu jadwal minggu tenang, pelaksanaan UAS, masa untuk bayar Uang Kuliah Tunggal, dan masa untuk mengisi KRS? Bagi kalian yang belum tahu, simak artikel ini sampai akhir, ya! Informasi ini dikutip dari kalender pendidikan kampus kita tercinta.

Jadwal Minggu Tenang

Menurut kalender pendidikan, minggu tenang jatuh pada tanggal 19—23 Desember 2022. Jadi, pada tanggal tersebut, kalian dapat memanfaatkannya untuk persiapan UAS, mulai dari mengumpulkan materi-materi yang mungkin sempat tercecer atau menyelesaikan tugas-tugas dosen yang belum kalian tuntaskan. Jangan lupa juga, tetap jaga kesehatan karena sebentar lagi kalian akan bertemu dengan UAS.

Jadwal Ujian Akhir Semester

Selanjutnya, pada 26 Desember 2022—6 Januari 2023, sobat UNYu akan menghadapi masa UAS. Biasanya, beberapa dosen akan menghendaki ujian dengan sistem mahasiswa hadir ke kelas dan mengerjakan soal-soal uraian/praktik. Namun, ada juga beberapa dosen yang memberikan beberapa soal yang bisa dikerjakan di rumah/kos (sistem take home lalu dikumpulkan sesuai deadline yang ditentukan dosen). Jadi, pastikan kalian bertanya ke dosen mengenai sistem UAS-nya, ya. Sekadar tips, sobat UNYu juga bisa survei ke kakak tingkat mengenai tipe dosen yang menyelenggarakan UAS. Dengan begitu, mungkin kalian bisa dapatkan gambaran/model pertanyaan yang sering muncul pada UAS.

Baca Juga  MABA : Mahasiswa Baru Atau Mahasiswa Bangkotan?

Kemudian, jika kalian pada akhirnya mendapatkan tugas pengganti UAS yang bisa dikerjakan di rumah/kos, kalian wajib mengerjakan tepat waktu. Jangan pernah sepelekan deadline jika kalian tak ingin dosen mengurangi nilai UAS kalian.

Jadwal Pembayaran Uang Kuliah Tunggal dan Registrasi Mahasiswa Lama

Untuk Sobat UNYu yang berstatus mahasiswa lama (bukan mahasiswa baru), jadwal pembayaran UKT dan registrasi yaitu 9-20 Januari 2023. Jika kalian lupa bagaimana metode pembayaran UKT, kalian bisa baca artikel berikut Beberapa Metode Bayar UKT UNY.

Tentu kalian ingat, setelah membayar UKT, kalian akan dapat pin KRS. Nah, pin tersebut yang akan digunakan untuk registrasi di laman registrasi.uny.ac.id. Silakan lengkapi informasinya agar kalian bisa lanjut untuk pengisian KRS.

Jadwal Pembayaran Biaya Pendidikan dan Registrasi Mahasiswa Baru S-2 & S-3 (Intake Genap)

Nah, kalau ini berlaku untuk mahasiswa baru S-2 dan S-3 (Intake Genap). Menurut kalender pendidikan, jadwal pembayaran biaya pendidikan dan registrasi yaitu 16—27 Januari 2023. Untuk lebih lengkapnya, kalian wajib pantau juga informasi yang ada di laman pengumuman kelulusan kalian saat resmi dinyatakan sebagai mahasiswa baru UNY.

Baca Juga  Hanya Mahasiswa yang Belum Lulus Tes TOEFL yang Merasakan Hal Ini

Jadwal Pengisian KRS

Terakhir, yaitu jadwal pengisian KRS. Proses pengisian KRS dapat dilakukan mulai 13—25 Januari 2023. Pada masa ini, kalian dapat memilih mata kuliah yang akan diambil pada semester depan. Biasanya, jurusan juga menyediakan panduan kurikulum yang berisi paketan mata kuliah yang dapat diambil di tiap semester. Pastikan kalian mengisinya dengan teliti.

Jika proses pengisian KRS telah selesai, kalian bisa meminta persetujuan pada dosen pembimbing akademik. Kadang, ada dosen pembimbing yang menghendaki mahasiswanya menemui Beliau untuk meminta tanda tangan offline. Ada juga dosen pembimbing yang tidak menghendaki hal tsb dan nantinya di laman siakad akan otomatis berstatus “telah disetujui oleh dosen PA”. Cukup kalian komunikasikan saja dengan dosen PA masing-masing mengenai sistem mana yang biasanya Beliau kehendaki.

Itulah beberapa jadwal penting yang perlu Sobat UNYu ketahui. Selamat menyambut tahun baru. Jangan lupa persiapkan UAS sebaik mungkin. Niatkan UAS sebagai masa untuk menguji kemampuan selama satu semester ini. Ambil langkah jujur dan lakukan dengan semangat terbaik. Perkuat juga dengan doa agar Tuhan memberikan hasil maksimal.

Semangat, Sobat UNYu!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X