Mahasiswa BangetPojok #UNYuTips

Ingin Daftar Beasiswa Luar Negeri? Pahami Istilah-Istilah Berikut!

Bisa berkesempatan berkuliah di luar negeri pasti menjadi kebanggan tersendiri bagi para mahasiswa. Banyak hal-hal yang akan didapatkan ketika bisa berkuliah di luar negeri yang terkadang tidak bisa kita dapatkan ketika berkuliah di dalam negeri. Apa saja? Banyak program studi yang ditawarkan yang terkadang tidak ada di Indonesia, habbit di luar negeri yang berbeda, kultur yang berbeda, dari hal-hal tersebut tentu akan memberikan pengalaman baru bagi pribadi diri untuk bisa beradaptasi dan menambah pengetahuan.

Namun, banyak hal juga yang perlu disiapkan ketika ingin berkuliah di luar negeri. Mulai dari pemilihan kampus, cara mendaftar, proses pendaftaran, tempat tinggal dan tentunya biaya yang harus disiapkan. Melakukan riset terlebih dahulu adalah opsi terbaik ketika kamu ingin berkuliah di luar negeri. Untukmu yang berminat ingin berkuliah di luar negeri, berikut istilah-istilah yang sering ada saat kalian berkuliah di luar negeri :

  1. LoA (Letter of Acceptance)

Letter of Acceptance (LoA) Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi yang menyatakan bahwa Penerima Beasiswa diterima tanpa syarat sebagai mahasiswa yang minimal menyertakan nama lengkap, jenjang studi, dan program studi.

  1. Assosiate Degree

Associate’s degree adalah gelar yang bisa dikatakan setara dengan D3 di Indonesia. Program dengan gelar ini mengajarkan ilmu pengetahuan dan keahlian teknis dasar, serta transferable skills sebelum mahasiswa memasuki dunia kerja, atau meneruskan ke pendidikan ke jenjang berikutnya. Program dengan gelar Associate’s Degree biasanya berdurasi dua sampai tiga tahun. Bagi sebagian mahasiswa, ini adalah program persiapan sebelum melanjutkan ke program gelar Bachelor. Associate’s degree adalah gelar yang sangat umum di Amerika dan Kanada, Hong Kong, Australia dan Belanda. Di Inggris, gelar ini lebih sering dikenal dengan istilah ‘foundation degree’ atau gelar yang didapatkan dari program persiapan kuliah.

  1. Bachelor Degree
Baca Juga  12 Perbedaan Sistem Pendidikan Indonesia & Finlandia

Gelar Bachelor Degree setara dengan S1 di Indonesia. Di luar negeri, gelar ini masuk dalam kategori gelar undergraduate, yaitu gelar pendidikan lanjutan setelah menamatkan SMA. Sama seperti di Indonesia, gelar ini biasanya memiliki masa studi 4 tahun.

  1. Student Visa

Sesuai dengan namanya, student visa adalah visa izin tinggal yang harus dimiliki oleh seseorang saat melakukan studi di luar negeri. Pembuatan visa ini umumnya dilakukan di kedutaan besar negara tujuan.

  1. CoE

CoE adalah singkatan dari Confirmation of Enrollment, yaitu tanda atau bukti bahwa kita telah membayar biaya pendidikan di kampus. CoE ini juga salah satu syarat ketika kita melakukan pengurusan pengajuan visa pelajar.

  1. Pathway Program
Baca Juga  3 Hal Sederhana yang Membuat Liburan Semestermu Jadi Nggak Tenang

Pathway program adalah program yang dibuat untuk mahasiswa internasional demi kelancaran adaptasi di negara tujuan. Nah, jika kamu merasa sulit nantinya beradaptasi dengan negara tujuanmu, kamu bisa mencoba mengikuti Pathway progam ini!

  1. CPT dan OPT

CPT atau Curricular Practical Trainingini merupakan sejenis kerja magang. Program dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk bekerja dan mendapatkan pengalaman dari bidang ilmu yang diterapkan dari pekerjaan itu. Program ini biasanya berlangsung selama sembilan bulan. Bidang pekerjaan yang dipilih tidak harus sesuai dengan jurusan kuliah.

OPT atau Optional Practical Training adalah program yang diberikan pada mahasiswa yang ingin bekerja di bidang yang sesuai dengan keilmuan kuliah mereka. OPT umumnya berlangsung selama 12-17 bulan.

  1. Hall of Residence

Hall of Residenceyang merupakan asrama mahasiswa dengan lokasi yang cukup dekat dengan kampus.

  1. Recomendation Letter

Surat rekomendasi dari orang yang berkompeten seperti dosen atau professor yang wajib disertakan saat melakukan pendaftaran menjadi mahasiswa yang berkuliah di luar negeri.

  1. Motivation Letter

Motivation letter ini merupakan tulisan atau essay  yang berisi motivasi atau hal-hal yang menjadi alasan ketertarikan kita untuk mendapatkan beasiswa kuliah.

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
X