Pojok #UNYu

Intip Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Semarang Versi Kemdikbud

Kota Semarang merupakan kota metropolitan terbesar ke lima di Indonesia yang sekaligus sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Kota ini menjadi salah satu destinasi wisata baik untuk wisata alam seperti pantai dan goa, wisata sejarah seperti masjid agung, maupun wisata kuliner yang terkenal dengan lumpia dan ikan bandengnya.

Tidak hanya itu, Kota Semarang juga menjadi tujuan pendidikan untuk banyak mahasiswa di Jawa Tengah karena di sini dapat ditemukan berbagai perguruan tinggi mulai dari perguruan tinggi negeri seperti Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, dan yang lainnya sampai dengan perguruan tinggi swasta seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

Bagi sebagian orang perguruan tinggi swasta biasanya menjadi alternatif pilihan kedua apabila belum bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Namun tidak sepenuhnya seperti itu. Di bawah ini merupakan perguruan tinggi swasta terbaik versi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun 2020.

  1. Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) memiliki dua kampus. Kampus utama terletak di Jl. Imam Bonjol 2017, Semarang dan kampus cabangnya berada di Jl. Nakula 5-11, Semarang. UDINUS merupakan kampus swasta yang didirikan oleh Yayasan Dian Nuswantoro yang berfokus pada beberapa ilmu tertentu seperti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Bahasa Asing, dan Sekolah Tinggi Kesehatan dengan tujuan untuk meningkatkn efisiensi kinerja kelembagaan untuk kemajuan pendidikan. Terdapat enam fakultas dan pascasarjana yang menawarkan berbagai bidang studi.2.

  • Fakultas Ilmu Komputer. Terdapat empat program studi di dalamnya, seperti: S1-Informatika, S1-Sistem Informasi, S1-Desain Komunikasi Visual, S1- Ilmu Komunikasi, S1-Perfilman dan Televisi, S1-Animasi, Diploma Teknologi Informasi, dan Diploma Jurnalisme Siaran.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Memiliki dua fokus studi, yaitu: S1-Manajemen dan S1-Akuntansi.
  • Fakultas Ilmu Budaya. Menawarkan S1-Bahasa Inggris, S1-Bahasa Jepang, dan Manajemen Hotel.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan. Memiliki program studi S1-Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1-Ilmu Kesehatan Lingkungan, dan Diploma Rekam Medis.
  • Fakultas Teknik. Dengan program studi S1-Teknik Elektro, S1-Teknik Industri, dan S1-Teknik Biomedis.
  • . Selain itu juga terdapat Fakultas Pascasarjana dengan Magister Manajemen dan Magister Teknik Informatika.
Baca Juga  Dear Maba : Ingin PKKMB mu Lancar ‘Djaya ‘? Ikuti Tips Berikut Ini

Universitas Dian Nuswantoro terakreditasi A dengan peringkat 104 di kluster 3 menurut klasterisasi Kemdikbud tahun 2020. Info lebih lanjut: dinus.ac.id

2. Universitas Islam Sultan Agung

Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) adalah World Class Islamic University sekaligus oerguruan tinggi Islam swasta yang sudan mengantongi akreditasi A dari BAN-PT dan ASIC United Kingdom yang didirikan pada 20 Mei 1962 di Kota Semarang, Jawa Tengah. Nama “Sultan Agung” diambil dari nama pahlawan nasional yaitu Sultan Agung atau Adi Prabu Hanyokrokusumo yang merupakan sultan ketiga di Kesultanan Mataram. Universitas ini memiliki prestasi yang gemilang diantaranya menjadi finalis Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional tiga tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2007-2009, mejadi Juara 2 Debat Bahasa Inggris Nasional tahun 2008, menjadi delegasi Indonesia pada Debat Bahasa Inggris di Korea, Singapura, dan Irlandia tahun 2008 pada MTQ Internasional di Moskow, Rusia tahun 2010.

Word Class Islamic University ini memiliki beragam program studi yang ditawarkan, seperti:

  • Fakultas Kedokteran: dengan program studi S1-Pendidikan Dokter, S1-Farmasi, S1-Kebidanan, Diploma Kebidanan, Profesi Apoteker dan Profesi Bidan.
  • Fakultas Kedokteran Gigi: S1-Pendidikan Dokter Gigi dan Profesi Dokter Gigi.
  • Fakultas Ilmu Keperawatan: S1-Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners serta Diploma Ilmu Keperawatan.
  • Fakultas Psikologi: S1-Psikologi.
  • Fakultas Teknik: S1-Teknik Sipil dan S1-Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota.
  • Fakultas Teknologi Industri: S1-Teknik Informatika, S1-Teknik Industri, dan S1-Teknik Elektro.
  • Fakultas Hukum: S1-Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi: S1-Manajemen, S1-Akuntansi, dan Diploma Akuntansi.
  • Fakultas Agama Islam: S1-Pendidikan Agama Islam, S1-Hukun Islam, dan S1-Sejarah dan Kebudayaan Islam
  • Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi: S1-Sastra Inggris, S1-Pendidikan Bahasa Inggris, dan S1-Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1-Pendidikan Matematika, dan S1-PGSD.
  • Pascasarjana: Magister: Ilmu Hukum, Kenotariatan, Manajemen, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Pendidikan Agama Islam, Biomedik. Doktoral: Ilmu Hukum, Teknik Sipil, Manajemen.

Peringkat 113 di kluster 3 pada klasterisasi Kemdikbud tahun 2020. Informasi lebih lanjut: unissula.ac.id

3. Universitas Muhammadiyah Semarang

Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dikenal dengan slogannya a university for the excellence beralamat di J;. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang, Jawa Tengah. Perguruan tinggi swasta ini dulunya merupakan Perguruan Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Semarang yang didirikan pada tahun 1982 yang terdiri dari tiga akademi yaitu: Akademi Keperawatan, Akademi Gizi dan Akademi Analis Kesehatan. Dipimpin oleh Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd. UNIMUS menawarkan berbagai pilihan program studi untuk mahasiswanya.

  • Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan: S1-Keperawatan, S1-Teknologi Pangan, S1-Ilmu Gizi, DIV-Analis Kesehatan, Diploma Keperawatan, Diploma Gizi, Diploma Analis Kesehatan, Diploma Kebidanan, Profesi Ners, S2-Ilmu Laboratorium Klinis, dan S2-Keperawatan.
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Kedokteran: S1-Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter.
  • Fakultas Bahasa dan Budaya Asing: S1-Sastra Inggris dan S1-Pendidikan Bahasa Inggris
  • Fakultas Teknik: S1-Teknik Mesin, S1-Teknik Elektro, dan S1-Teknik Informatika.
  • Fakultas Ekonomi: S1-Manajemen dan S1-Akuntansi
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: S1-Statistika, S1-Pendidikan Matematika, dan S1- Pendidikan Kimia
  • Fakultas Kedokteran Gigi: S1-Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi
Baca Juga  JOGJA: Kota dengan Aneka Ragam Keramah-Tamahannya

Berdasarkan klasterisasi Kemdikbud tahun 2020 Universitas Muhammadiyah Semarang berada di ranking 150 dan masuk pada kluster 4. Informasi lebih lanjut: unimus.ac.id

4. Universitas Semarang

Selanjutnya masih di Semarang pastinya yaitu Universitas Semarang. Universitas ini dikenal juga sebagai USM beda dengan Universitas Negeri Semarang ya atau UNNES. Kampus USM berawal dari Politeknik Semarang pada tahun 1987 yang kemudian berubah nama menjadi Universitas Semarang yang dikelola oleh Yayasan Alumni Universitas Diponegoro. Perkuliahan di USM sangat menarik karena 30% materi kuliah disajikan menggunakan pengantar bahasa Inggris.

Adapun program studi yang ada di USM antara lain:

  • Fakultas Ekonomi: S1-Perbankan, S1-Akuntansi, S1-Bisnis, S1-Ilmu Ekonomi, dan S1-Manajemen.
  • Fakultas Hukum: S1-Perpajakan, S1-Ilmu Hukum, dan S1-Ilmu Politik.
  • Fakultas Psikologi: S1-Psikologi, dan S1-Kesehatan Masyarakat.
  • Fakultas Teknik: S1-Perencanaan Wilayah dan Kota, S1-Ilmu Teknik, S1-Tenik Elektro, S1-Teknik Industri, S1-Teknik Pertambangan, dan S1-Konstruksi.
  • Fakultas Tenologi Pertanian: S1-Teknik Pertanian, S1- Agroteknologi, S1-Ilmu dan Teknologi Pangan, S1-Agribisnis, S1- Ilmu Tanah, dan S1-Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
    Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi: S1-Teknik Informatika, S1-Ilmu Komunikasi, S1-Ilmu Komputer, dan S1-Sistem Informasi.
  • Pascasarjana: Magister Psikologi, Manajemen, dan Hukum.

Akreditasi B. Menduduki peringkat 177 dan masuk kluster 4 menurut klasterisasi Kemdikbud tahun 2020. Informasi lebih lanjut: usm.ac.id

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X