PMB UNYPojok #UNYu

Jalur Seleksi Mandiri UNY 2020 Yang Masih Dibuka Pendaftarannya

Mendapatkan PTN impian merupakan sebuah kebanggaan, untuk diri kita sendiri maupun bagi orang tua. Namun, bagaimana dengan kalian yang masih belum berhasil di kedua jalur masuk SNMPTN mauppun SBMPTN? Tidak usah panik, masih ada kesempatan bagi kalian para pejuang PTN. Universitas Negeri Yogyakarta memiliki beberapa jalur masuk Seleksi Mandiri (SM) yang masih dibuka saat ini. Apa saja? Yuk simak di bawah ini:

1. SM Prestasi Olahraga Unggul S1

Sesuai dengan namanya, Seleksi Mandiri ini dikhususkan untuk calon mahasiswa yang ingin mengambil program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 20 Juli 2020 sampai dengan 19 Agustus 2020 secara online di http://pmb.uny.ac.id. Kemudian membayar uang pendaftaran Rp 350.000,00 yang dibayarkan melalui Bank Mandiri. Setelah itu, pendaftar harus mengunggah Hasil Tes Kesehatan dan Piagam Prestasi. Mengikuti Ujian Tulis (CBT) dan Uji Kecabangan Olahraga pada 24 Agustus 2020. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Agustus 2020.

Biaya pendidikan mahasiswa S1 yang diterima melalui jalur SM Prestasi Olahraga Unggul dikenakan biaya pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan besaran minimal UKT 3 dan Uang Panggal Pengembangan Akademik (UPPA). Besaran UKT dan UPPA dapat dilihat di http://pmb.uny.ac.id

2. SM Skor UTBK SBMPTN

Seleksi Mandiri Skor UTBK SBMPTN adalah seleksi mandiri yang menggunakan skor hasil UTBK SBMPTN 2020 sebagai acuan yang digunakan. Sehingga calon mahasiswa tidak perlu melakukan tes lagi.

Baca Juga  5 Kegiatan Antimainstream Untuk Isi Liburanmu

Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2018, 2019, atau 2020 yang telah mengikuti UTBK SBMPTN Tahun 2020. Peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus memilih prodi seni/olahraga yang sama saat mendaftar UTBK SBMPTN. Peserta hanya dapat memilih maksimum 2 (dua) program studi S1. Biaya pendaftaran sebesar RP 200.000,00 yang dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN. Info lebih lanjut dapat dilihat di http://pmb.uny.ac.id

Pendaftaran SM Skor UTBK SBMPTN dibuka mulai tanggal 21 Juli 202 sampai dengan 26 Agustus 2020. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Agustus 2020 melalui http://pmb.uny.ac.id

3. SM CBT Domisili S1

Seleksi Mandiri ini merupakan tes penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan sesuai dengan domisili peserta dan diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Tes seleksi penerimaan dilakukan secara daring. Peserta seleksi dibatasi sejumlah 500 orang dari masing-masing kelompok ujian ( Saintek dan Soshum) dan akan ditutup setelah kuota terpenuhi.

Jadwal pendaftaran mulai tanggal 10 Juli 2020 sampai 23 Agustus 2020. Tes dibagi menjadi 3 hari yaitu tanggal 24,25, dan 26 Agustus 2020.

Kemudian pengumuman akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2020. Prosedur pendaftaran:
a. Calon peserta mengambil kode pendaftaran melalui laman http://pmb.uny.ac.id
b. Calon peserta melakukan pembayaran
c. Calon peserta login untuk mengisi formulir hingga cetak kartu peserta
d. Calon peserta mengunduh dan memasang program/aplikasi tes
Untuk panduan teknis pelaksanaan tes dapat diunduh di http://pmb.uny.ac.id

Baca Juga  Contoh Soal Seleksi Mandiri UNY

4. SM CBT Kampus D4
Tes penerimaan ini hanya diperuntukkan program studi D4 saja. Adapun program studi D4 terdapat di dua kampus Uny, yaitu UNY Kampus Wates dan UNY Kampus Gunungkidul.

Alur pendaftaran SM CBT Kampus D4:
a. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK?Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020
b. Memilih maksimal 2 (dua) prodi D4 untuk kelompok SAINTEK atau SOSHUM
c. Biaya pendaftaran dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BTN, atau Bank BNI
d. Prosedur pendaftaran dan pembayar lebih jelas dapat diakses melalui http://pmb.uny.ac.id
e. Mengikuti Computer Based Test (CBT) sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih SAINTEK atau SOSHUM (materi: TPA, Bhs. Inggris, Bhs. Indonesia, IPA atau IPS)
f. CBT dilaksanakan setiap hari Sabtu sesuai dengan jadwal
g. Peserta dapat mendaftar dan mengikuti tes lebih dari satu kali selama kuota prodi yang dipilih belum terpenuhi.

Pendaftaran : 8 Agustus-22 Agustus 2020
Tes : 25 Agustus 2020
Pengumuman : 27 Agustus 2020

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X