Kabar Kampus

Kampus UNY Akan Segera Memilih Rektor Baru

Masa jabatan Rektor UNY periode 2013-2017 akan segera berakhir, untuk itu UNY akan segera memilih rektor baru untuk masa jabatan 2017-2021. Proses pemilihan rektor berlangsung mulai dari tanggal 26 September. Pada tanggal 19 Desember 2016 diharapkan Panitia Pemilihan sudah bisa mengumumkan rektor terpilih.

rektor-uny

Ketua Senat UNY, Prof Dr Zamzani MPd mengatakan, pengangkatan Rektor UNY harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Statuta Universitas Negeri Yogyakarta dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua/Direktur pada Perguruan Tinggi Negeri.

”Ada beberapa tahap dalam proses pemilihan mulai dari penjaringan, penyerahan data diri, penyaringan bakal calon, penyampaian hasil penyaringan, penyampaian program kerja dan pemilihan,” ungkap Zamzani.

Persyaratan Ketua Panitia Pemilihan Calon Rektor UNY, Dr Muh Farozin MPd menjelaskan panitia telah menyusun  rencana kerja dan jadwal-jadwal penting dari proses pemilihan rektor. Persyaratan yang harus dipenuhi supaya seseorang bisa diangkat menjadi rektor, PNS yang memiliki pengalaman jabatan sebagaidosen dengan jenjang
akademik paling rendah Lektor Kepala.

Lalu, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berusia paling tinggi 60 tahun pada saat berakhirnya masa jabatan rektor yang sedang menjabat, memiliki pengalaman manajerial. Persyaratan lainnya, paling rendah sebagai ketua jurusan/ketua program studi/kepala pusat atau  sebutan lain paling singkat dua tahun di perguruan tinggi atau paling rendah sebagai pejabat eselon II a di lingkungan instansi pemerintah.

Baca Juga  APIK ; Terobosan Baru Alat Proteksi Kebakaran

Bersedia dicalonkan menjadi rektor UNY yang dinyatakan secara tertulis, sehat  jasmani dan rohani yang dinyatakan secara tertulis oleh dokter pemerintah yang berwenang, setiap unsur  penilaian prestasi kerja pegawai paling rendah bernilai baik dalam dua tahun terakhir, tidak sedang menjalani  tugas belajar atau izin belajar lebih dari enam bulan dalam rangka studi lanjut yang meninggalkan tugas tri dharma perguruan tinggi yang dinyatakan secara tertulis.

“Yang juga penting yakni tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, tidak  pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan perbuatan yang diancam pidana paling rendah pidana kurungan, berpendidikan doktor (S3) dan tidak pernah  melakukan plagiat sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan,” papar Farozin.

Baca Juga  Mesin Pelayu Vanili Otomatis Hasil Rancangan Mahasiswa UNY-UPN YK-STTN BATAN

sumber : suaramerdeka.com

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X