Pojok #UNYuUNY Banget

Kulik Organisasi Mahasiswa di Pascasarjana UNY

Tahukah Sobat UNYu, di tingkat pendidikan pascasarjana masih ada banyak organisasi mahasiswa yang bisa diikuti oleh mahasiswa S-2 dan S-3, lho. Apalagi di UNY, ada banyak organisasi yang bisa memberikan peluang untuk cari pengalaman di luar bangku kuliah.

Dokumentasi PKKMB Pascasarjana UNY 2022

Kalau di tingkat pendidikan S-1, kita mengenal Badan Eksekutif Mahasiswa. Di pascasarjana UNY juga ada organisasi serupa juga. Selain itu, ada pula UKM yang mewadahi mahasiswa agama Islam, Kristen, Katholik, Budha, dan Hindu. Inilah organisasi-organisasi yang ada di pascasarjana UNY. Simak sampai akhir, ya!

1. Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral (KMMD) UNY

Organisasi pertama yaitu KMMD UNY. Jika S-1 dulu ada istilah BEM, di pascasarjana mengenal adanya Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral. Program kerja dan kegiatannya mirip dengan BEM, seperti mengadakan audiensi, PKKMB, kelas penelitian, upgrading, gathering, desa binaan, dsb. KMMD UNY juga punya beberapa bidang, seperti Pengabdian Masyarakat, Pendidikan dan Pelatihan, Kerohanian, Kewirausahaan, Humas, dan Penelitian Pengembangan. KMMD UNY ini setingkat dengan BEM universitas. Jika dilihat dari susunannya, KMMD UNY merupakan induk dari semua ormawa yang ada di pascasarjana UNY. Biar lebih kenal, kalian bisa kepoin Instagram-nya di @kmmduny

2. KMP Pascasarjana

Organisasi kedua yaitu KMP Pascasarjana. Organisasi ini mirip dengan KMMD UNY. Bedanya, KMP berisikan mahasiswa-mahasiswa dari program studi di bawah naungan Fakultas Pascasarjana. Program kerja yang diadakan KMP di antaranya PKKMB khusus Fakultas Pascasarjana, Visiting Professor, Workshop Protefl, Workshop Bibliometrik, Konsolidasi organisasi, dan lainnya. KMP ini juga memiliki bidang-bidang yang mirip dengan KMMD. Ingin tahu lebih lanjut tentang KMP Pascasarjana, silakan cek Instagram @kmp.uny.

3. KMM/KMMD Fakultas

Organisasi selanjutnya yaitu KMM/KMMD Fakultas. Ini seperti BEM yang ada di tingkat fakultas. Di pascasarjana UNY, ada beberapa fakultas yang memiliki KMM/KMMD. Di antaranya yaitu KMM FBS (Fakultas Bahasa dan Seni), KMMD FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), KMM FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan), dan KMM FIK (Fakultas Ilmu Keolahragaan). KMMD Fakultas juga memiliki beberapa bidang dan program kerja yang hampir sama dengan KMMD dan KMP UNY. Sobat UNYu bisa cek Instagram-nya @kmmfbs_uny, @kmmdfipuny, @kmmd_fmipauny.

4. HIMMPAS

Jika di S-1 kita mengenal organisasi kerohanian, di pascasarjana ini juga juga menyediakan wadah untuk mahasiswa yang ingin masuk organisasi kerohanian. HIMMPAS adalah singkatan dari Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana. Organisasi ini punya beberapa bidang, seperti Akademi Profesi, Kewirausahaan, Kerohanian, dan PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia). HIMMPAS memiliki kegiatan-kegiatan seperti kelas penelitian, webinar terkait akademi profesi, bakti sosial Idul Adha, kajian kemuslimahan, dsb. Uniknya, pada beberapa program kerja, HIMMPAS menjalin kolaborasi dengan berbagai organisasi lain, salah satunya dengan KMMD. Untuk lebih dekat, silakan kepoin Instagram @himmpas.uny.

Baca Juga  Kampus Mengajar: Sarana Mengabdi Untuk Negeri, Menebus 12 SKS, dan Dapat Uang Saku

5. PERMATA

Organisasi selanjutnya yaitu PERMATA, singkatan dari Persekutuan Mahasiswa Kristen Protestan. Untuk Sobat UNYu yang beragama Kristen Protestan bisa menambah persaudaraannya dengan ikutan organisasi ini. Beberapa contoh program kerjanya yaitu kegiatan Ibadah Perayaan Paskah dan Bimbingan Belajar. Serunya, saat berkegiatan Bimbingan Belajar, para anggota PERMATA menjadi volunteer untuk mengajari anak-anak. Pada tahun 2022, kegiatan Bimbingan Belajar menyasar anak-anak di daerah Sagan, Caturtunggal. Dari kegiatan tersebut, para mahasiswa PERMATA dapat berbagi kebaikan melalui ilmu yang ditularkan ke anak-anak. PERMATA juga memiliki badan pengurus harian. Untuk lebih lengkapnya, Sobat UNYu bisa kepoin Instagram @permata_uny.

6. KMK

Jika Sobat UNYu beragama Katolik, kalian wajib ikut KMK, yang merupakan singkatan dari Keluarga Mahasiswa Katolik. Untuk perayaan paskah, KMK juga memiliki program kerja untuk merayakannya dengan kolaborasi bersama PERMATA. Selain itu, para mahasiswa KMK juga sering mengadakan ibadah bersama yang diadakan secara offline. Organisasi KMK juga memiliki badan pengurus harian. Untuk lebih akrab, Sobat UNYu bisa kepoin Instagram @kmk_unypascasarjana.

Baca Juga  Dear Jobseeker, Wajib cek hal berikut sebelum tanda tangan kontrak dan Menyesal

7. KMHD

Organisasi pascasarjana yang terakhir yaitu KMHD (Komunitas Mahasiswa Hindu Dharma). Organisasi ini mewadahi mahasiswa pascasarjana yang beragama Hindu Buddha. Selain memiliki badan kepengurusan, KMHD juga memiliki kegiatan yang dapat mempererat persaudaraan bagi mahasiswa Hindu Buddha, seperti misalnya Shanti Ratri dan Sesya Sewaka Dharma. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menjalin persaudaraan kepada mahasiswa baru pascasarjana. Selain itu, ada juga kegiatan Dharma Santi (silaturahmi) yang diadakan dengan mengundang narasumber inspiratif. Lalu, ada juga kegiatan lomba desain ogoh-ogoh ksatria yang diadakan sebagai ajang menyalurkan ide-ide kreatif anak muda di bidang desain. Agar kenal lebih dekat, Sobat UNYu bisa kunjungi Instagram @kmhd.uny.

Nah, itu dia tujuh organisasi mahasiswa yang ada di Pascasarjana UNY. Meski semua organisasi di atas memiliki program kerja masing-masing, tetap ada ajang silaturahim dan kolaborasi agar antarormawa bisa saling mengenal. Contohnya, program kerja PKKMB. Pada PKKMB 2022 kemarin, KMMD UNY sebagai induk organisasi pascasarjana mengajak kolaborasi UKM HIMMPAS, KMK, PERMATA, dan KMHD untuk ikut serta. Lalu, pada kegiatan Idul Qurban 2022, KMMD UNY juga menyatukan semua KMM/KMMD Fakultas dan HIMMPAS untuk menyukseskan agenda Semangat Qurban. Dari ajang kolaborasi tersebut, terciptalah silaturahmi yang erat di antara semua mahasiswa ormawa. Tak lupa, forum komunikasi antarormawa seluruh pascasarjana juga menjadi ajang diskusi bersama untuk saling tukar pikiran dan mempererat persaudaraan. Jadi, bagi Sobat UNYu yang akan lanjut S-2/S-3 atau masih mahasiswa baru, jangan lupa ikut organisasi di pascasarjana, ya!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X