Artikel

Kumpulan Informasi Seputar HR dan SDM Tentang Kerja Lembur

Kumpulan informasi seputar HR dan SDM tentunya berkaitan pula dengan perihal lembur. Istilah lembur sendiri sudah pasti tidak asing lagi di telinga masyarakat. Terutama bagi Anda sekalian yang sudah bergelut dengan dunia kerja selama bertahun-tahun dan telah banyak melakukan aktivitas lembur. Istilah lembur sendiri pada dasarnya identik dengan aktivitas bekerja yang lebih dari biasanya. Misalnya pekerjaan dilakukan lebih dari 7 jam dalam sehari. Atau pekerjaan dilakukan lebih dari 40 jam dalam seminggu. Jika seorang pegawai sampai emlakukannya maka bisa dibilang bahwa pegawai ini telah menjalankan aktivitas lembur. Tentunya lembur ini perlu turut menjaid perhitungan bagi perusahaan karena lembur ini merupakan suatu kontribusi SDM yang bisa dibilang baik.

Manfaat Lembur bagi SDM

  1. Menyelesaikan pekerjaan

Berbagai manfaat bisa didapatkan oleh karyawan melalui aktivitas lembur yang dijalankan. salah satunya adalah karaywan bisa menyelesaikan pekerjaannya tentunya secara lebih cepat. Terlebih lagi bila pekerjaan atau tugas sudah overload maka karyawan membutuhkan waktu lembur agar penyelesaiannya bisa dilakukan secraa tepat waktu.

  1. Meningkatkan loyalitas

Lembur juga dapat meningkatkan loyalitas dari para pegawai. Bekerja dengan sistem lembur dapat membuat pegawai merasa telah memberikan kontribusi pada perusahaan. Hal ini pada akhirnya bisa membuat karyawan merasa puas dengan pekerjaannya dan perannya yang dianggap loyalpada perusahaan tempatnya bekerja.

  1. Menambah penghasilan
Baca Juga  Cara Benar Membuat Paspor Di Kantor Imigrasi

Seorang pegawai yang melakukan kerja lembur tentunya akan diketahui oleh pihak perusahaan. Sebab lembur ini akan masuk ke dalam catatan kehadiran pegawai. Maka nantinya HR akan memperhitungkan upah lembur kepada karyawan yang telah melakukannya. Tentu upah lembur ini sangat dinanti oleh para karyawan. Sebab dengan adanya upah lembur maka berarti penghasilannya menjadi bertambah.

  1. Mendapat nilai lebih dari perusahaan

Seorang karyawan yang menjalankan lembur seringkali mendapat nilai lebih dari perusahaan. Kesanggupan seorang karyawan untuk bekerja secara lebih lagi bahkan melebihi jam kerja yang seharusnya cenderung dinilai sebagai suatu bentuk loyalitas kepada perusahaan. Di samping itu karyawan jugaakan dinilai sebagai pekerja keras karena mau menyediakan waktunya untuk bekerja secara lebih dari yang seharusnya.

  1. Mempercepat karier

Dengan banyaknya pertimbangan maka karyawan yang bersedia untuk lembur kapan saja bisa saja cepat neik karier. Karyawan yang bersedia lembur kapan saja umumnya selain loyal dan pekerja keras juga dinilai rajin serta lainnya. Segala penilaianpositif akan diberikan oleh perusahaan pada karyawan tersebut. Bukan tidak mungkin karyawan yang seperti ini akan mendapatkan promosi sehingga cepat naik karier.

  1. Menghabiskan waktu luang
Baca Juga  Investasi Deposito Disini, Pasti Ketagihan

Manfaat lainnya dari aktivitas lembur bagi karyawan adalah untuk menghabiskan wkatu luang. Bisa saja seorang karyawan memiliki wkatu luasn setelah bekerja sehingga digunakannya untuk lembur. Maka nantinya ia akan meningkatkan pengembangan dirinya sehingga menjadi SDM yang lebih berkualitas.

Perhitungan Lembur yang Tepat

Kumpulan informasi seputar HR dan SDM berkaitan dengan lembur mungkin perlu diketahui dan dipahami secara lebih lanjut. Setiap karyawan yang melakukan aktivitas lembur sudah tentu harus mendapatkan upah atas lembur yang telah dijalaninya. Sebab lembur ini berkaitan dengan tindakan bekerja secara lebih dari jam yang seharusnya. Oleh karena itu sebelum gaji dibayarkan maka sudah seharusnya HR melakukan perhitungan lembur secara teliti. Salah satunya melalui pengecekan kehadiran karyawan hingga jam lembur melalui aplikasi Appsensi, sehingga perhitungan lembur lebih akurat dan otomatis.

 

 

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X