Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Kupas Tuntas Perbedaan Jurusan dengan Prodi

Apa itu Jurusan?

Apa itu Prodi?

Apa bedanya?

Kali ini kita akan mengupas tuntas tentang jurusan dan prodi. Banyak yang belum bisa membedakan dua hal ini. Kita bahas satu-satu yuk!

Pertama, ada Jurusan yang menurut KBBI merupakan bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi. Nah sebuah universitas biasanya terdapat beberapa fakultas. Fakultas ini ibaratkan rumah bagi beberapa jurusan, contohnya di Fakultas Ilmu Matematika dan IPA UNY yang didalamnya terdapat jurusan-jurusan dengan rumpun ilmu Matematika dan IPA. Misalkan seperti Jurusan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Kimia, dan Jurusan Pendidikan IPA.

Baca Juga  Kamu Alumni UNY? Kini Legalisir Ijazah Bisa Online Lho, Begini Caranya

Selanjutnya ada Prodi yang merupakan singkatan dari program studi. Menurut KBBI prodi merupakan unit pelaksana yang menyelenggarakan dan mengelola pendidikan akademik, vokasi, atau profesi dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu. Nah prodi ini merupakan satuan unit di bawah jurusan untuk mengembangkan sebuah bidang studi, sebagai contoh Jurusan Pendidikan Matematika di UNY memiliki tiga prodi yakni, prodi Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika. Semuanya berkaitan dengan Matematika, perbedaannya prodi Pendidikan Matematika ada mata kuliah kependidikan untuk menunjang lulusannya sebagai tenaga pendidik, sedangkan prodi Matematika tidak ada mata kuliah kependidikan, biasanya disebut Matematika murni. Nah untuk Statistika sendiri tentu mempelajari Statistika sebagai cabang ilmu dalam Matematika.

Baca Juga  3 Tipe Mahasiswa “Boros”

Di beberapa kampus biasanya dalam satu jurusan memiliki beberapa prodi, namun ada juga yang dalam satu jurusan hanya terdapat satu prodi. Contohnya Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan di UNY, memiliki satu prodi yakni Kebijakan Pendidikan. Biasanya nama jurusan dan prodi itu sama atau masih berhubungan. Dapat kita simpulkan bahwa jurusan dengan prodi merupakan dua hal yang berbeda, tapi saling terkoneksi. Jadi, prodi tidak bisa berdiri tanpa jurusan, pun begitu dengan jurusan tidak bisa berdiri tanpa adanya prodi didalamnya.

Gimana? Sampai sini udah ada gambaran buat membedakan jurusan dengan prodi?

Related Articles

Back to top button
Close
X