Pojok #UNYuramadhan

Lebaran Hampir Tiba Nihh!!! Simak Yukk, 3 Ide Masakan Khas Untuk Lebaran

Halo, Sobat #UNYu!!!

Wah… ngga kerasa yaa saat ini kita hampir tiba di penghujung Ramadhan. Setelah menjalankan ibadah puasa selama tiga puluh hari, pada akhirnya sebentar lagi kita akan menyambut hari lebaran. Membahas tentang hari lebaran, penulis ingin tahu nih momen apa sih yang kalian kangenin dari hari lebaran? Momen silaturahmi bersama keluarga kalian, Momen sholat bareng keluarga, Momen makan masakan khas keluarga kalian, atau momen lebaran apa sih yang kalian kangenin. Kalau dari penulis, momen yang paling berkesan dan paling dikangenin di hari lebaran adalah saat makan bareng masakan khas lebaran. Berbicara tentang masakan khas lebaran, tau ngga sih kalian ada beberapa masakan yang dapat diidentikkan dengan lebaran. Penasaran ngga sih apa aja masakan itu.

Daripada penasaran yukk langsung kita simak 3 rekomendasi makanan untuk hari lebaran di bawah ini:

Opor Ayam

Baca Juga  Kulik Organisasi Mahasiswa di Pascasarjana UNY

Masakan pertama yang diidentikkan dengan lebaran adalah opor ayam. Opor ayam merupakan masakan/olahan ayam yang direbus dan diberikan berbagai bumbu serta santan. Opor ayam biasannya memiliki rasa gurih serta memiliki aroma yang khas. Selain hal tersebut, opor ayam biasannya memiliki kuah yang kental serta memiliki tekstur ayam yang empuk. Pada saat lebaran, opor ayam biasannya disajikan dengan ketupat ataupun nasi putih

Sambal Goreng Ati

Masakan kedua yang diidentikkan dengan lebaran adalah sambal goreng ati. Sambal goreng ati merupakan olahan sambal khas Indonesia yang memadukan beberapa bahan seperti cabai dan petai dengan ati sapi. Namun, dalam penyajiannya selain menggunakan ati sapi olahan sambal goreng ati ini juga dapat menggunakan ati ayam. Sambal goreng ati biasannya memiliki Paduan cita rasa yang pedas serta memiliki cita rasa sedikit gurih dengan tekstur ati yang lembut namun padat. Pada momen lebaran, sambal goreng ati biasannya dapat dipadukan dengan ketupat ataupun nasi putih.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Dengan Program Studi Pendidikan IPA UNY

Lontong Sayur

Masakan ketiga yang diidentikkan dengan lebaran adalah lontong sayur. Lontong sayur merupakan masakan khas Indonesia yang selalu diidentikan dengan kuah santan. Beberapa bahan dasar dalam pembuatan lontong sayur diantarannya adalah lontong, sayuran serta kuah santan. Lontong sayur biasannya memiliki cita rasa yang gurih dengan perpaduan tekstur yang kenyal. Pada momen hari raya khususnya lebaran, lontong sayur biasannya selalu disajikan sebagai menu utama untuk menyambut tamu/keluarga yang berkunjung untuk bersilaturahmi.

Nahh, itulah kira-kira beberapa masakan khas untuk hari raya lebaran. Di bulan yang suci ini, penulis berharap kita dapat bersama – sama menumbuhkan iman dan Taqwa kita kepada Allah SWT serta di momen lebaran ini kami juga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

Related Articles

Back to top button
X