Pojok #UNYuUNY Banget

Macam-Macam Penugasan PKKMB Online di UNY

Mengikuti macam-macam penugasan PKKMB menjadi syarat wajib bagi mahasiswa di UNY. Di tengah Pandemi, kegiatan PKKMB dilakukan secara online. Karena PKKMB dilakukan secara online, panitia juga memikirkan bagaimana konsep yang baik. Panitia PKKMB juga melakukan rapat virtual untuk membahas penugasan apa yang tepat untuk mahasiswa baru.

PKKMB online membuat mahasiswa baru tidak bisa bertemu secara tatap muka dengan teman baru, panitia, dosen, dan mengenal kehidupan kampus. Aturan untuk melakukan PKKMB secara daring ini juga sudah ditetapkan oleh Dikti. Kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan PKKMB offline ini membuat mahasiswa baru, panitia, dan dosen harus mempersiapkan beberapa hal.

Penugasan ada dari tingkat jurusan, fakultas, dan universitas. Mahasiswa baru harus mempersiapkan dengan baik apa saja penugasan yang ada di berbagai tingkat tersebut. Biasanya jika dilakukan secara daring, penugasan akan berupa merangkum berbagai hal yang berkaitan dengan PKKMB. Penugasan yang terlalu memberatkan tidak akan diberikan kepada mahasiswa baru selama daring. Inilah macam-macam penugasan PKKMB yang ada di UNY.

Baca Juga  Lika-liku Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia

Pada tahun ajaran baru 2021/2022, macam-macam penugasan PKKMB online tingkat universitas belum dipublikasikan oleh panitia. Namun, menilik kembali pada tahun yang sebelumnya, penugasan dari universitas ini menjadi yang lebih sulit dibanding dari fakultas dan jurusan. Penugasan yang paling diberikan kepada mahasiswa baru adalah merangkum. Mahasiswa baru biasanya diberi penugasan berupa merangkum hal-hal yang berkaitan dengan PKKMB.

Penugasan PKKMB online tingkat fakultas juga ada sendiri. Untuk tingkat fakultas ini biasanya menyesuaikan dengan identitas sebuah fakultas tersebut. Mahasiswa baru mendapat penugasan merangkum pada tingkat fakultas. Pada tahun ajaran 2020/2021, mahasiswa baru mendapat penugasan merangkum dengan ketentuan harus ditulis tangan, hasilnya discan untuk dikumpulkan kepada panitia. Hal tersebut menjadi macam-macam penugasan PKKMB yang bisa dipersiapkan mahasiswa baru tahun ajaran baru 2021/2022.

Pada tingkat jurusan, macam-macam penugasan PKKMB juga menyesuaikan dengan identitas sebuah jurusan. Tentu saja serangkaian penugasan yang diberikan kepada mahasiswa baru di tingkat jurusan juga masih hampir mirip dengan tingkat universitas dan fakultas, yaitu merangkum. Penugasan berupa merangkum ini menjadi hal yang paling sering diberikan kepada mahasiswa baru.

Baca Juga  Ingin Mengenal Kampus UNY Lebih Dekat ? “Tour De Kampus” Bisa Menjadi Pilihanmu !

Jika melihat dari keseruan PKKMB online dibanding dengan offline tentu akan berbeda. Hal ini yang membuat panitia harus memikirkan konsep terbaik agar mahasiswa baru juga bisa merasakan euforia dari PKKMB. Keseruan selama PKKMB online juga akan dirasakan oleh mahasiswa baru, meskipun dilakukan secara virtual.

Adapun keluh kesah yang dirasakan mahasiswa baru dalam melakukan berbagai penugasan PKKMB online sering terjadi. Mulai dari jaringan yang tidak stabil, penugasan yang sering menumpuk, tidak bisa bertemu dengan teman baru secara tatap muka, dan tidak bisa melihat kampus baru dengan langsung. Serba-serbi penugasan online tersebut harus diikuti oleh mahaiswa baru sebagai persyaratan. Dari rangkuman macam-macam penugasan PKKMB online ini, semoga dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 untuk mempersiapkannya.

Related Articles

Back to top button
Close
X